Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

2 Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

477
×

2 Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Sebarkan artikel ini
manfaat daun gedi

Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan Tubuh – Manfaat sehat daun gedi sangatlah populer di kalangan wanita. Hal tersebut karena daun gedi yang kaya manfaat ini membuat wanita semakin sehat. Untuk mengetahui khasiat tanaman herbal ini, maka Anda jangan sampai lewatkan pembahasan berikut.

Manfaat Sehat Daun Gedi Bagi Wanita

Pernahkah Anda melihat daun gedi? Pada umumnya, daun gedi ini banyak tumbuh di wilayah Sulawesi. Apabila melihatnya secara sekilas, daun gedi memang mirip daun pepaya. Hanya saja, daun gedi memiliki bentuk yang lebih panjang.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Bisa Menambah Stamina Tubuh

Sama halnya daun pepaya, tanaman herbal ini juga memiliki banyak khasiat. Sebagian besar manfaatnya sangat dirasakan oleh wanita. Adapun khasiat daun gedi bagi wanita diantaranya yaitu:

1. Melancarkan Haid

Bukan hanya mencegah keguguran, daun gedi juga berkhasiat dalam melancarkan haid. Untuk memanfaatkannya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu merebus daun gedi dan meminum airnya secara rutin.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa air rebusan daun gedi tersebut memiliki sifat emenagogue. Sifat tersebut memungkinkan air rebusan daun gedi bisa melancarkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, jangan heran apabila haid bisa lancar saat mengonsumsinya.

Bukan hanya bisa melancarkan haid, daun gedi ini juga kaya manfaat sehat dalam membantu masa nifas. Dengan demikian, darah kotor yang ada di dalam tubuh bisa cepat keluar.

2. Mencegah Keguguran

Salah satu manfaat sehat daun gedi yakni bisa mencegah keguguran. Ibu hamil yang mengalami pendarahan bisa dicegah dengan memanfaatkan daun gedi sehingga janinnya menjadi lebih kuat.

Biasanya pendarahan bisa terjadi karena ibu hamil kelelahan dan kekurangan nutrisi. Kondisi tersebut biasanya juga diikuti dengan menurunnya berat badan dan mengalami diare. Karena telah memanfaatkan daun gedi, maka bisa meminimalisir keguguran.

Khasiat Daun Gedi

Daun gedi tak hanya bermanfaat bagi wanita saja. Adapun khasiat lain dari daun gedi ialah sebagai berikut.

Menyembuhkan Maag

Salah satu manfaatnya yaitu bisa menyembuhkan maag. Bagi Anda yang memiliki kadar asam lambung tinggi, bisa sembuh dengan mengonsumsi daun gedi.

Hal ini karena di daun gedi terdapat sifat alkali yang bisa menjaga tingkat basa di dalam tubuh. Berkat sifatnya tersebut, penderita maag sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun gedi tak hanya memiliki manfaat sehat dalam menyembuhkan maag saja, melainkan juga menurunkan kadar kolesterol. Penting untuk Anda ketahui bahwa kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan peradangan dan memicu berbagai jenis penyakit berbahaya.

Anda tentu tidak ingin mengalaminya bukan? Maka dari itu, konsumsi daun gedi secara rutin. Hal ini karena di dalam daun gedi terdapat kandungan fenolik, tanin terkondensasi, dan flavonoid.

Cara Mengonsumsi Daun Gedi

Manfaat sehat di atas baru bisa Anda dapatkan apabila tepat dalam mengonsumsi daun gedi. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa siapkan beberapa lembar daun gedi terlebih dahulu. Pastikan daun gedi tersebut masih segar dan bisa Anda cuci sampai bersih.

Setelah itu, Anda bisa memasukkan 4 gelas air mineral yang sudah matang ke panci. Tambahkan daun gedi yang telah Anda siapkan tadi. Lalu rebuslah hingga mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja.

Sebelum mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan gula batu atau madu pada air rebusan daun gedi. Dengan demikian, rasanya akan lebih enak ketika Anda konsumsi.

Selain merebusnya, daun gedi juga kaya manfaat sehat apabila Anda mengonsumsinya dengan menjadikannya jus. Untuk membuatnya, tak kalah mudah. Dengan bahan yang sama, Anda bisa memasukkan daun gedi dan air secukupnya ke blender.

Kemudian Anda bisa menambahkan madu ataupun gula batu. Blenderlah sampai lembut dan tuang ke gelas. Minumlah jus ataupun air rebusan daun gedi tersebut secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih cepat terlihat, Anda bisa imbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya saja dengan berolahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat, dan cukup istirahat.

Dari review di atas, Anda bisa tahu beragam manfaat sehat daun gedi bagi wanita. Nyatanya manfaatnya tak hanya bisa dirasakan oleh wanita saja, melainkan lebih beragam. Dengan tahu apa saja manfaatnya, tentu Anda tertarik untuk mengonsumsi daun gedi bukan?

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas