Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Si Paten, Optimalkan Pemanfaatan Aset Tanah

295
×

Si Paten, Optimalkan Pemanfaatan Aset Tanah

Sebarkan artikel ini
IMG 20230626 WA0014
Foto: Peresmian aplikasi Si Paten. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH– Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah Bangka Tengah (BPKAD Bateng) melauncing aplikasi Strategi Pemanfaatan Aset Tanah Bangka Tengah (Si Paten) tahun 2023 di Gedung Diklat Bangka Tengah, Senin (26/6/2023).

Si paten sendiri adalah aplikasi yang mengoptimalkan strategi pemanfaatan aset daerah secara terintegritas untuk menambah Pendapatan Aset Daerah serta mengintegrasikan data BMD untuk memudahkan investor berinvestasi di Bangka Tengah lewat pengamanan dan pengoptimalan aset tanah daerah.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan, Si Paten akan menjadi aplikasi untuk mencatat aset tanah untuk menyediakan informasi dan juga data yang paten dan terintegrasi untuk para investor tentunya.

“Nanti Si Paten inilah yang akan menampilkan aset yang daerah Bangka Tengah yang menjadi data terintegritas sesuai tata ruang sehingga para investor juga bisa melihat secara langsung data aset kita, ” ucapnya kepada intrik.id.

Algafry juga mengatakan, Si Paten kan memudahkan proses pemanfaatan Barang Milik Daerah dan menarik semua investor karena sudah mengetahui apa saja tanah dan aset berpotensi yang ada di Bangka Tengah ini.

“Era digitalisasi tentunya sangat membantu kita semua, maka dari itu Si Paten akan membantu Bangka Tengah dalam penambahan PAD Bangka Tengah kedepannya, ” ungkap Algafry.

Algafry juga berharap, aplikasi ini bisa menjadi salah satu terobosan yang dapat mengundang para investor untuk berinvestasi di Bangka Tengah.

Di tempat lain, Cherlini selaku Kepala BPKAD Bangka Tengah mengatakan, baru 7,43 persen aset tanah yang kita manfaatkan dan masih banyak aset tanah yang belum dimanfaatkan dengan baik untuk menambah PAD.

Baca Juga:  Jalan Dusun Kerasak Rusak, Kadis PU: Kita Gunakan DAK

“Aset-aset harus segera kita amankan dan juga kita manfaatkan dengan baik untuk menambah PAD kita sebagai penambah belanja negara, ” ucapnya kepada intrik.id.

Cherlini juga menugaskan, untuk semua petugas dan juga OPD agar mengupload dan mendarat semua aset yang dimiliki oleh OPD masing-masing yang masuk dalam aset Bangka Tengah.

“Tolong nanti bapak ibu bisa mendata dan mengupload semua data set kita di Si Paten ini karena ini sangat penting untuk pendataan kita,” himbaunya.

Cherlini juga menegaskan, optimalisasi dari pemanfaatan aset adalah hal penting untuk peningkatan PAD Bangka Tengah serta menambah belanja daerah untuk Bangka Tengah. Bahkan, dengan data aset yang terintegritas, bisa menjadi peluang penambah PAD.

“Optimalisasi pemanfaatan tanah sangat penting dilakukan karena NJOP selalu meningkat karena jumlah penduduk yang selalu bertambah. Artinya, akan jadi masalah jika kita tidak kita manfaatkan, tidak kita kelola dan tidak kita data dengan baik,” ujar Cherlini.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas