Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Message Level Reporting WhatsApp, Optimalkan Keamanan Akun dan 3 Cara Kerjanya

262
×

Review Message Level Reporting WhatsApp, Optimalkan Keamanan Akun dan 3 Cara Kerjanya

Sebarkan artikel ini
Reporting WhatsApp

Review Message Level Reporting WhatsApp – Message Level Reporting WhatsApp bisa meningkatkan keamanan sehingga menguntungkan penggunanya. Cara pemanfaatan fitur ini juga relatif mudah. Karena hal itu, Anda perlu mengenal secara lebih dekat fitur WhatsApp yang satu ini.

Message Level Reporting WhatsApp dan Cara Kerjanya

Fitur ini bisa meningkatkan keamanan privacy. Dalam pemanfaatan fitur ini, Anda hanya perlu menandai pesan asing.

Saat Anda menerima pesan asing, maka bisa langsung melaporkannya ke WhatsApp. Dalam hal ini, Anda juga perlu memahami bagaimana cara kerjanya.

Baca juga: Mengetahui 3 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dan Android, Bisa untuk WhatsApp

Untuk cara kerjanya, Anda bisa tandai pesan yang mengganggu dengan menekan lama pesannya. Nantinya akan ada sejumlah opsi yang muncul.

Anda bisa memblokir atau melaporkan pengguna akun yang mengirim pesan tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan bisa mendapatkan pesan asing dari akun itu lagi.

Pentingnya Message Level Reporting

Dengan cara kerja tadi, Anda bisa merasakan banyak keuntungan dan manfaat dari penerapan fitur Message Level Reporting WhatsApp ini. Hal ini memperlihatkan bahwa penggunaannya memang sangat penting.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa pemanfaatan fitur ini bisa mengatasi pesan spam, pelecehan, ujaran kebencian, maupun segala bentuk tindakan kriminal lainnya. Dengan demikian, Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman selama mengoperasikan WhatsApp.

Tak kalah penting untuk Anda pahami bahwa fitur ini rilis karena dampak dari adanya kebocoran data pada bulan Juni 2021 silam. Ada grup WhatsApp yang muncul di Google Search lengkap dengan data nomor telepon penggunanya.

Hal ini membuat pengguna WhatsApp yang tergabung ke dalam grup tersebut jadi khawatir. Apalagi ada banyak orang tak dikenal yang memasuki grup padahal seharusnya sifatnya pribadi.

Baca Juga:  Review Fitur Komunitas WhatsApp, Ini 3 Keunggulan dan Cara Buatnya

Bahkan masalah kebocoran data ini sudah sering terjadi. Karena hal itu, pihak WhatsApp kembali memastikan keamanan pengguna dengan menghadirkan fitur Message Level Reporting ini.

Dengan adanya fitur ini, WhatsApp juga kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak asal-asalan dalam menjaga sekaligus menjamin keamanan pengguna. Semakin meningkatkan sistem keamanan privacy karena WhatsApp juga menghadirkan Flash Call.

Fitur untuk Jaga Keamanan Akun

Sebagai bentuk totalitas WhatsApp dalam menjaga akun penggunanya, rupanya juga sudah menyediakan berbagai fitur. Bahkan di tahun 2023 ini juga memperkenalkan deretan fitur dengan teknologi terbaru sehingga lebih canggih dan fungsional. Berikut beberapa fiturnya.

1. Pemeriksa Fakta

Salah satu fitur alternatif Message Level Reporting WhatsApp yaitu pemeriksa fakta. Apabila Anda menerima pesan yang kurang akurat atau terdengar mencurigakan, maka bisa memanfaatkan fitur ini.

Anda hanya perlu memverifikasi informasi menggunakan akun IFCN yang ada di WhatsApp. Anda tidak perlu meragukan lagi hasilnya karena WhatsApp sudah menjalin kerjasama dengan 50 organisasi pemeriksa fakta yang ada di seluruh dunia.

Dengan cara ini, Anda sama saja bisa mencegah penyebaran informasi palsu atau hoax. Selain itu, Anda juga bisa melaporkan adanya kesalahan informasi pada organisasi terpercaya tersebut.

2. Kode Keamanan Otomatis

Fitur selain Message Level Reporting WhatsApp yang juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan akun ialah kode keamanan otomatis. Melalui fitur ini, Anda bisa memastikan bahwa pesannya benar-benar sampai ke tangan penerima.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa cek secara manual dengan cara buka tab enkripsi yang ada di Info Kontak. Pada dasarnya, proses ini relatif efisien.

3. Verifikasi Perangkat

Selain Message Level Reporting WhatsApp, Anda juga bisa memanfaatkan fitur verifikasi perangkat agar keamanan akun terjaga dengan optimal. Perangkat pun jadi terhindar dari segala bentuk penyadapan.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Aplikasi Font untuk WhatsApp Supaya Terlihat Lebih Aesthetic

Tips Meningkatkan Keamanan Akun

Keamanan akun bisa Anda tingkatkan dengan baik melalui berbagai cara. Salah satu caranya ialah mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dalam membagikan nomor telepon. Saat ada nomor asing yang Anda rasa mengganggu karena terus menghubungi atau mengirim pesan tertentu, langsung gunakan fitur Message Level Reporting.

Tips lainnya, Anda juga perlu mengunci aplikasi. Hal ini sebagai jaga-jaga agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses aplikasinya di ponsel Anda. Meski Anda sudah mengunci ponsel pun, tak ada salahnya untuk menambahkan keamanan ekstra.

Kini Anda sudah mengenal secara lebih dekat apa itu Message Level Reporting WhatsApp. Pastikan Anda juga memahami cara kerja fitur tersebut sebaik mungkin.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas