Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengetahui 3 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dan Android, Bisa untuk WhatsApp

466
×

Mengetahui 3 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dan Android, Bisa untuk WhatsApp

Sebarkan artikel ini
Mengunci Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dan Android – Cara mengunci aplikasi di iPhone bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanannya. Bahkan pilihan mengunci pada perangkat iPhone ini bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mengamankan aplikasi yang berisikan data penting, misalnya saja WhatsApp. Melihat betapa pentingnya hal tersebut, pastikan Anda mengetahui bagaimana tutorial HP ini.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin mengamankan data atau informasi bersifat pribadi di aplikasi HP tertentu, lebih baik menguncinya saja. Mengenai bagaimana caranya pun relatif mudah dan panduannya beragam. Langsung saja, berikut beberapa caranya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Cleaner Android Terbaik Tanpa Iklan, Agar Kinerja Makin Ciamik

Memanfaatkan Fitur Restrictions

Fitur ini bisa Anda manfaatkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah. Pastikan Anda mencermatinya baik-baik.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah memilih menu Setting yang ada di perangkat iPhone.
  2. Berikutnya, Anda bisa klik General yang ada di halaman Setting.
  3. Setelah itu, Anda bisa mencari sekaligus memilih Restrictions.
  4. Jika sudah, Anda bisa aktifkan fitur kunci aplikasi dengan memilih Enable Restrictions.
  5. Dari sini Anda bisa memasukkan passcode.
  6. Anda pun tinggal memilih aplikasi mana yang ingin dikunci.

Menggunakan Face ID

Face ID iPhone juga bisa Anda gunakan untuk mengamankan aplikasi agar tidak sembarang orang membuka. Cara mengunci aplikasi di iPhone dengan Face ID ialah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama Anda bisa membuka menu Pengaturan yang ada di iPhone.
  2. Lanjutkan dengan memilih Akun dan klik Privasi.
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa scroll ke bawah sampai menemukan Kunci Layar dan pilihlah Face ID.
  4. Anda tinggal pilih aplikasinya. Kemudian bisa Anda kunci dengan Face ID.

Menggunakan Touch ID

Panduan ini tak kalah mudah. Mengapa demikian? Hal ini karena sudah ada banyak aplikasi yang mendukung Touch ID iPhone untuk mengamankannya.

Untuk memanfaatkan Touch ID tersebut pun, Anda hanya perlu masuk ke dalam pengaturan aplikasinya. Kemudian Anda bisa tambahkan password sesuai keinginan.

Lewat Pengaturan

Cara mengunci aplikasi di iPhone juga terasa mudah lewat pengaturan perangkat. Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan dan memilih aplikasi yang ingin diamankan. Misalnya, aplikasi WhatsApp.

Saat sudah menemukan opsi WhatsApp tersebut, Anda tinggal klik Kunci Layar dengan menggeser tombolnya ke posisi Aktif. Lanjutkan dengan memilih durasi waktu sesuai keinginan.

Langkah berikutnya, Anda bisa aktifkan Tampilkan Pratinjau. Akan tetapi, cara ini bersifat opsional karena menyesuaikan dengan keperluan Anda.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android

Panduan di atas bisa Anda gunakan untuk mengunci berbagai aplikasi di iPhone. Sementara untuk panduan di bawah ini ialah panduan mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone maupun smartphone Android.

Buka Aplikasi WhatsApp 

Jika Anda menggunakan smartphone Android, langkah pertama tentu perlu membuka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel. Jika sudah, klik ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Lanjutkan dengan buka menu Setelan.

Pilih Privasi

Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih opsi Privasi.

Kunci Chat

Dari menu Privasi, Anda bisa scroll sampai ke bawah hingga menemukan Kunci Chat. Anda bisa mengaktifkan opsi tersebut.

Menerapkan Metode Bawaan

Selain cara mengamankan aplikasi di iPhone tadi, sebenarnya Anda juga bisa mengunci WhatsApp melalui metode bawaan. Anda hanya perlu pilih Biometrik & Keamanan atau Keamanan di Pengaturan ponsel.

Lanjutkan dengan klik Pemindaian Sidik Jari atau Penguncian Aplikasi. Setelah itu, aktifkan opsinya dan pilihlah aplikasi WhatsApp untuk Anda amankan.

Anda pun tinggal mengikuti petunjuk yang muncul di layar. Ikuti setiap langkahnya supaya proses penguncian WhatsApp berjalan lancar. Bisa dengan PIN, pola, maupun sidik jari.

Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan sebagai panduan mengunci aplikasi di smartphone Android maupun iPhone dengan mudah. Untuk mendapatkan aplikasinya, cukup download dari Google Play Store ataupun App Store.

Adapun salah satu rekomendasi aplikasinya yaitu Smart Applock. Setelah mendownloadnya, Anda bisa langsung pasang di ponsel dan manfaatkan saat itu juga.

Cara mengunci aplikasi di iPhone maupun Android tak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan Anda juga bisa mengamankan aplikasi WhatsApp sehingga data penting di dalamnya bisa terjaga dengan baik.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas