Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Fitur Voice Effects di Instagram Reels, Hasil Konten Lebih Kreatif 2024

362
×

Review Fitur Voice Effects di Instagram Reels, Hasil Konten Lebih Kreatif 2024

Sebarkan artikel ini
Fitur Voice Effects

Fitur Voice Effects di Instagram Reels – Fitur Voice Effects di Instagram Reels merupakan terobosan yang cukup canggih. Pasalnya, berkat Voice Effects, pengguna dapat mengubah suara pada video Reels menjadi semakin unik. Menariknya, fitur dalam aplikasi Instagram ini juga tersedia untuk semua perangkat baik HP Android maupun iOS.

Baca juga: Review 4 Fitur Pengukur Suhu Tubuh iPhone, Bantu Cek Kondisi Kesehatan

Fitur Voice Effects di Instagram Reels dan Sejumlah Keunggulannya

Hingga saat ini, Instagram masih menjadi platform unggulan yang banyak digandrungi segala kalangan. Mulai dari remaja, dewasa, bahkan lansia.

Hal tersebut tentu tak lepas dari kemampuannya dalam menghadirkan sarana hiburan serta edukasi. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk memajukan bisnis.

Pasca menjadi bagian dari Meta pada Oktober 2021 lalu, Instagram melakukan pembaruan secara besar-besaran. Fitur yang sebelumnya belum ada menjadi tersedia untuk memenuhi kebutuhan semua pengguna.

Salah satunya yaitu fitur Voice Effects yang rilis tepat sebulan setelah Meta mengambil alih Instagram. Kendati pembaruan di aplikasi populer tersebut semakin luar biasa, nyatanya pengguna Voice Effects masih sangat banyak.

Bagaimana tidak, fitur Voice Effects di Instagram Reels hadir dengan sejumlah keunggulan menarik. Hal yang mungkin tidak bisa pengguna jumpai di aplikasi lain. Adapun beberapa keunggulannya meliputi:

1. Efek Suara yang Unik

Voice Effects memungkinkan pengguna mengubah karakter suara menjadi lebih unik. Fitur ini menyediakan berbagai pilihan efek suara untuk merekam video. Mulai dari suara robot hingga pitch tinggi atau rendah. Semua pengguna dapat mengatur suara sesuai kreativitas maupun keinginan.

2. Menambah Nuansa Kreatif

Tak hanya suara unik, Voice Effects juga dapat menambahkan nuansa lucu, serius, bahkan futuristik saat rekaman. Mereka memberikan dimensi ekstra pada konten Reels untuk membuatnya lebih menarik dan menghibur.

Selain itu, pengguna bebas menciptakan karakter yang lebih menonjol. Caranya cukup dengan menggabungkan efek suara dan visual atau filter lainnya. Ini memungkinkan para konten kreator untuk bereksperimen dalam meningkatkan daya tarik Reels di platform Instagram.

3. Tersedia untuk Berbagai Perangkat

Keunggulan lain dari fitur Voice Effects di Instagram Reels adalah ketersediaannya yang cukup luas. Meta telah meresmikan fitur ini untuk Android maupun iOS. Dengan kata lain, pengguna smartphone bisa memanfaatkannya tanpa terkecuali.

Tentunya tidak perlu mencari dua perangkat berbeda untuk bisa menggunakannya. Terdapat beberapa efek suara yang paling pengguna Instagram gemari hingga saat ini. Sebut saja vocalist, robot, giant, helium, dan announcer.

4. Kemudahan Penggunaan

Alasan terakhir mengapa Voice Effects menjadi sangat unggul adalah berkat kemudahan penggunaannya. Para pengguna tidak perlu teknik khusus untuk mengakses maupun editing. Semua prosesnya tinggal pilih dan langsung klik.

Tentunya tidak perlu repot atau menghabiskan banyak waktu. Supaya semakin memahami, maka dapat mengikuti langkah-langkah menggunakan fitur Voice Effects di Instagram Reels seperti berikut.

  1. Pertama, pastikan aplikasi Instagram di smartphone Anda sudah mendapat pembaruan ke versi terbaru. Jika belum, lakukan update terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.
  2. Tepat di menu utama aplikasi Instagram, pilih ikon Movie Clip yang terletak di sisi tengah bawah layar.
  3. Berikutnya, tekan ikon kamera di pojok kanan atas. Nanti akan muncul dua opsi apakah Anda ingin merekam video langsung atau mengambilnya dari galeri. Di sini, semua kreator juga bebas memasukkan beberapa video dengan tekan ikon Add di pojok kanan atas.
  4. Setelah video terpilih, Anda masih bisa melakukan penyesuaian apakah ingin memotong durasi atau mengaturnya.
  5. Apabila sudah pas, selanjutnya beralih ke halaman lain. Pilih menu Adjust Video di sisi kiri bawah dan akan muncul tiga pilihan setting suara. Sebut saja Camera Audio, Add Music, dan Voice Over.
  6. Pilih ikon titik tiga di menu Voice Over kemudian klik Add Effects. Nah, di sini Anda tinggal pilih efek suara apa yang paling sesuai dengan video. Misalnya Helium, Giant, Robot, Vocalist, atau Announcer.
  7. Apabila semua langkah sudah sesuai harapan, tinggal klik menu Done.
  8. Terakhir tinggal atur volume lagu maupun suara dari video asli. Lanjutkan dengan klik opsi Next dan video berhasil menjadi konten Reels.
  9. Selesai.

Itulah penjelasan tentang fitur Voice Effects di Instagram Reels dan cara menggunakannya. Dengan memanfaatkan fiturnya, Anda dapat menghadirkan pengalaman konten video ke tingkat lebih tinggi. Kesempatan untuk berekspresi dengan suara unik dan kreatif juga mampu mengubah cara berbagi cerita.