Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Fitur Komunitas WhatsApp, Ini 3 Keunggulan dan Cara Buatnya

354
×

Review Fitur Komunitas WhatsApp, Ini 3 Keunggulan dan Cara Buatnya

Sebarkan artikel ini
Fitur Komunitas WhatsApp

Review Fitur Komunitas WhatsApp – Fitur Komunitas WhatsApp merupakan terobosan yang cukup unik. Bagaimana tidak, fitur Komunitas atau Communities ini membantu pengguna untuk saling terhubung dalam sebuah ruang khusus. Caranya yaitu dengan menggabungkan grup-grup kecil di aplikasi WhatsApp menjadi satu wadah.

Baca juga: Review Message Level Reporting WhatsApp, Optimalkan Keamanan Akun dan 3 Cara Kerjanya

Fitur Komunitas WhatsApp untuk Bikin Grup di dalam Grup

Seperti kita ketahui, saat ini WhatsApp berhasil menjadi aplikasi perpesanan nomor satu di dunia. Total pengguna aktif bulanan aplikasi berlogo hijau tersebut bahkan menyentuh angka fantastis hingga 2.78 miliar.

Perangkat lunak yang sudah ada sejak tahun 2009 itu awalnya hanya sebagai alternatif pengganti SMS. Namun kini, mereka terus mengalami perkembangan pesat. Apalagi ketika Facebook mengakuisisinya pada tahun 2014. Karena sejak saat itu, WhatsApp menjelma menjadi “Super Apps”.

Puluhan fitur unik dan canggih bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah fitur Komunitas atau Communities. Pada dasarnya, Komunitas bukanlah fitur baru. Inovasinya sudah ada sejak awal November tahun 2022 lalu.

Kendati demikian, tak sedikit pengguna WA yang ternyata belum mampu memahami fitur ini. Bahkan sampai sekarang ada juga yang tidak menyadari kehadirannya di aplikasi perpesanan tersebut. Secara sederhana, fitur Komunitas WhatsApp memungkinkan pengguna untuk masuk grup yang memiliki minat serupa.

Kegunaannya memang sekilas mirip dengan Komunitas di platform Twitter (sekarang X). Bedanya, WhatsApp Communities menjadi grup utama yang membawahi grup-grup kecil sesama anggota. Dengan kata lain, admin komunitas menciptakan grup di dalam grup.

Sebagai contoh, di dalam sebuah perusahaan ada grup WA divisi pemasaran, keuangan, dan administrasi. Masing-masing grup tersebut berkumpul dalam satu wadah atau komunitas dengan bantuan WhatsApp Communities. Fiturnya semakin menarik berkat sejumlah keunggulan seperti berikut ini.

Baca Juga:  4 Cara Lacak iPhone Hilang Dalam Keadaan Mati, Dijamin Praktis Anti Ribet

1. Dukung Komunikasi Efektif Antar Anggota

Dalam hal komunikasi, WhatsApp Communities menyediakan platform yang memudahkan interaksi antar anggota grup. Setiap anggota dari masing-masing grup dapat saling bertukar informasi tanpa perlu membuat forum baru.

Menunya juga lebih khusus, sehingga lebih mudah pengguna bedakan dari grup biasa. Adanya fitur pemberitahuan yang dapat mereka sesuaikan juga menjadi keunggulan tersendiri. Pasalnya, anggota dapat mengikuti percakapan penting secara praktis tanpa khawatir ketinggalan informasi relevan.

2. Mampu Menampung Ribuan Anggota

Sebagai informasi tambahan, fitur Komunitas WhatsApp dapat menampung sebanyak 50 grup. Sementara jumlah anggota yang bisa masuk kedalamnya mencapai 5000 pengguna.

Kemampuan menampung ribuan anggota ini memungkinkan admin untuk menyatukan komunitas besar tanpa khawatir terkena batasan. Sangat cocok untuk komunitas sekolah hingga organisasi umum.

3. Keamanan yang Terjamin

Aspek keamanan tentunya menjadi fokus utama bagi WhatsApp Komunitas. Dengan menggunakan sistem canggih, pesan atau data di dalam grup terjamin kerahasiaannya. Hal ini memastikan bahwa hanya anggota yang berwenang mengakses dan membaca konten pesan. Sehingga mencegah potensi ancaman keamanan dari pihak luar.

Selain itu, fitur pengaturan grup memberikan kontrol lebih kepada pemilik untuk mengelola maupun mengatur partisipasi anggota. Admin dapat mengonfirmasi izin posting, mengundang anggota baru, hingga mengelola opsi keanggotaan dengan efektif. Ini membantu menjaga kualitas serta tujuan dari komunitas.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda tentu tahu jika fitur Komunitas WhatsApp sangatlah berguna. Saat ini, fiturnya telah tersedia untuk berbagai perangkat termasuk Android dan iOS. Jika ingin membuat komunitas dengan WhatsApp Communities, bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  • Setelah itu, ketuk opsi “Obrolan Baru” dan pilih “Komunitas Baru”. Bisa juga langsung klik pada ikon di sebelah menu Chat.
  • Lanjutkan dengan klik opsi “Memulai”
  • Masukkan nama untuk komunitas Anda maksimal 24 karakter. Jangan lupa berikan deskripsi singkat untuk menjelaskan mengenai komunitas tersebut. Selain itu, pasang foto profil dari galeri atau memotret langsung.
  • Setelah setelannya berhasil, ikon baru akan langsung muncul di sebelah tab Chat.
  • Klik opsi “Berikutnya” untuk menambahkan grup atau membuat baru. Sesuaikan dengan pilih perintah yang ada.
  • Terakhir tinggal menambahkan grup tersebut ke dalam komunitas Anda dan klik “Buat”.
  • Selesai.
Baca Juga:  Beginilah 2 Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Blur Foto Sebelum Dikirim, Privasi Lebih Terjaga

Secara keseluruhan fitur Komunitas WhatsApp memberikan pengalaman yang lebih baik untuk mendukung komunikasi efektif. Dengan kemampuan menampung ribuan anggota dan keamanan handal, menjadikannya pilihan untuk berbagai lapisan komunitas.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas