Scroll untuk baca artikel
Politik

Rekruitmen Pengawas TPS Ditutup, 718 Berkas Masuk di Bawaslu Bateng

142
×

Rekruitmen Pengawas TPS Ditutup, 718 Berkas Masuk di Bawaslu Bateng

Sebarkan artikel ini
IMG 20240110 WA00041
Foto: Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Marhendra (kanan).

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) resmi menutup rekrutmen pengawas TPS, Rabu (10/1/2024).

Saat ini pendaftar sudah melebihi kuota yakni 718 dari kebutuhan yang diperlukan sebanyak 548 pengawas sejak dibukanya pendaftaran dari 2 hingga 6 Januari 2024 lalu.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah mengatakan kecamatan Pangkalan Baru yang paling banyak pendaftar yakni sebanyak 167 orang.

“Untuk kecamatan Namang ada 58 orang, Lubuk Besar sebanyak 117 orang, Sungaiselan ada 134 orang, dan kecamatan Koba ada 154 orang,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi banyaknya warga yang ingin bergabung menjadi pengawas TPS di Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam hal ini, pihaknya mencari masyarakat yang profesional, berintegritas dan tidak terlibat dengan partai politik untuk Pengawas TPS nanti.

“Akan menjadi nilai tambah, apabila pendaftar memiliki pengalaman dalam kepemiluan dan memiliki keinginan yang kuat menjadi pengawas,” tutur Marhendra.

Pihaknya selalu melakukan pengecekan di Sipol untuk memastikan para pelamar tersebut tidak terlibat dengan partai politik.

“Ada dua kemungkinan, dimana kami juga tidak akan menutup hak mereka, karena Parpol ini ada yang baru, jadi merekrut yang bersangkutan tanpa diketahui orangnya, jadi kita lakukan verifikasi langsung ke Parpol yang bersangkutan dan mereka ini harus membuat pernyataan tidak terlibat dengan Parpol dalam kurun waktu 5 tahun,” terangnya.

“Untuk info lebih lanjut terkait tahapan seleksi selanjutnya, silahkan pantau media sosial Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah,” pungkas Marhendra.