Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Penyebab Alarm Mobil Konslet, Ini 2 Cara Efektif Mengatasinya

680
×

Penyebab Alarm Mobil Konslet, Ini 2 Cara Efektif Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
alarm mobil konslet

Penyebab Alarm Mobil Konslet – Alarm mobil konslet akan membingungkan. Ketika konslet, alarm mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Alarm mobil justru bisa mengganggu pengguna kendaraan. Penggunaan alarm mobil sebenarnya memiliki banyak manfaat. Manfaat utama dari alarm adalah menjaga keamanan mobil.

Ketika mobil menggunakan alarm, maka akan menurunkan risiko kemalingan dan kebobolan. Selain itu, alarm ternyata juga bisa meningkatkan nilai jual mobil ketika Anda ingin menjualnya. Meski demikian, alarm bisa saja bermasalah. Kerja alarm bisa menurun ketika konslet dan akhirnya tidak berfungsi dengan benar.

Baca juga: Ini Dia 4 Keunggulan Aki Mobil Hybrid dan Tips Perawatannya

Alarm Mobil Konslet, Berikut Cara Mengatasinya

Di zaman sekarang, alarm pada mobil sudah menjadi prioritas. Alarm mobil ini berfungsi untuk memberikan keamanan ekstra pada kendaraan. Pemasangan alarm akan membuat mobil jadi lebih aman dari incaran maling. Meski demikian, itu berlaku jika alarm mobil bekerja dengan baik.

Sayangnya, bisa saja alarm mobil bermasalah dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ini tentu akan membuat bingung para penggunanya. Apabila Anda menemukan alarm pada mobil tidak bisa berfungsi dengan baik, maka bisa jadi itu mengalami konslet.

Seperti barang elektronik lainnya, alarm yang konslet sama dengan rusak. Alarm mobil tidak akan bisa bekerja dengan baik seperti sebelumnya.

Penyebab Alarm Konslet

Ketika alarm mobil konslet, sudah pasti ada penyebabnya. Alarm mobil tentu tidak akan konslet begitu saja. Umumnya, komponen alarm mobil berupa control unit, sensor, sirine, dan bahkan lampu kedip. Apabila salah satunya bermasalah, maka alarm bisa mengalami konslet.

Ketika salah satu kabel pada komponen alarm tidak mengalirkan arus listrik dengan benar, maka bisa membuat alarm konslet dan terus berbunyi.

Dampak Alarm Konslet

Ketika alarm mengalami konslet, maka akan menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah suara alarm yang tidak mau berhenti. Umumnya, alarm akan mati otomatis setelah tidak ada gerakan atau sentuhan pada mobil selama 15 detik. Namun, konslet bisa membuatnya menyala lebih lama.

Namun, alarm yang konslet juga bisa mati begitu saja. Ketika ini terjadi, maka akan lebih sulit untuk menentukan apakah alarm ini konslet atau hanya habis baterai.

Dampak lainnya dari alarm mobil konslet yang berbahaya adalah pintu terkunci sendiri. Ini terjadi jika error atau konslet pada alarm sudah sangat parah.

Itulah kenapa, Anda sebaiknya tidak meninggalkan kunci mobil di dalam kabin. Karena apabila alarm terkoneksi dengan central lock, maka pintu akan terkunci dengan sendirinya.

Apabila hal tersebut terjadi, cara satu-satunya yang dapat Anda lakukan adalah membawa mobil ke bengkel agar masalah dapat segera teratasi.

Cara Mengatasi Alarm Konslet

Ketika mengalami masalah alarm yang konslet, Anda sebaiknya jangan langsung panik. Anda harus tenang untuk dapat mengatasi masalah yang ada.

Apabila alarm pada mobil mengalami masalah satu ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengatasinya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki alarm mobil konslet adalah membaca buku modul yang berasal dari produsen.

Di sana ada berbagai informasi lengkap dan tepat yang harus dipelajari terlebih dahulu. Pelajari informasi tersebut dengan baik sehingga Anda tidak panik ketika alarm konslet.

Setelah itu, Anda bisa mengambil kabel toa yang ada di bagian kap mobil. Cabutlah kabel toa tersebut dari kap depan. Posisikan kabel toa di bagian kiri atas. Ini berfungsi untuk menghilangkan bunyi yang keluar dari alarm mobill dan sangat mengganggu.

Apabila sudah, langkah selanjutnya adalah membuka bagian kap mesin dan tekanlah tombol buka tutup yang ada pada bagian alarm sebanyak 3 kali.

Jika Anda masih tidak bisa melakukan cara tersebut, sebaiknya nyalakan kunci kontak tetapi hanya sampai setengah saja. Ketika menyalakan kunci kontak, Anda sebaiknya berhati-hati. Jangan sampai mesin menyala, kemudian baru matikan kunci.

Anda bisa melakukan hal tersebut selama tiga kali. Namun, Anda juga perlu mencari tahu masalah utamanya. Jika baterai alarm pernah terkena air, segera keringkan bagian tersebut.

Itulah berbagai penyebab alarm mobil konslet. Anda bisa coba memperbaikinya di rumah, tetapi jika tidak bisa juga, maka bisa membawa mobil ke bengkel terdekat agar bisa segera diperbaiki.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas