Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ini Dia 4 Keunggulan Aki Mobil Hybrid dan Tips Perawatannya

444
×

Ini Dia 4 Keunggulan Aki Mobil Hybrid dan Tips Perawatannya

Sebarkan artikel ini
aki mobil hybrid

Keunggulan Aki Mobil Hybrid – Aki mobil hybrid hadir sebagai solusi mutakhir untuk kendaraan Anda. Meski memiliki sebutan hybrid, aki ini sejatinya bisa terpasang pada jenis mobil apapun. Sehingga, tidak terpaku pada produk otomotif bermesin hybrid saja.

Aki adalah salah satu komponen krusial dalam sistem kelistrikan kendaraan roda 4. Tanpa adanya aki, mobil tidak akan mampu menghasilkan tenaga untuk berjalan. Di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis aki yang sering produsen rekomendasikan.

Baca juga: 6 Penyebab Rem Motor Nyetrum Pada Motor, Inilah Cara Mengatasinya

Sebut saja aki basah, kering, dan varian yang paling baru adalah aki hybrid. Melansir dari berbagai sumber, aki hybrid digadang-gadang memiliki potensi serta pengembangan paling optimal. Sehingga tak sedikit pemilik kendaraan mulai beralih untuk menggunakannya.

Aki Mobil Hybrid, Berikut Keunggulannya

Pada dasarnya, produksi aki hybrid menggabungkan sejumlah komponen. Mereka terdiri atas sifat aki basah serta Maintenance Free (MF) atau aki kering.

Aki hybrid juga masih memakai cairan elektrolit layaknya aki konvensional. Meski demikian, kadar penguapannya sangat sedikit. Berikut adalah beberapa keunggulan dari aki hybrid.

1. Efisiensi Bahan Bakar yang Optimal

Keunggulan utama aki mobil hybrid adalah kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dalam hal ini, aki bertindak sebagai sumber tenaga ketika mobil bergerak dengan kecepatan rendah atau berhenti sepenuhnya.

Hal tersebut tentunya mengurangi ketergantungan pada mesin pembakaran internal, yang cenderung kurang efisien pada kecepatan rendah. Alhasil konsumsi bahan bakar lebih minim bahkan emisi gas buangnya ikut berkurang. Sehingga baik untuk kualitas udara di lingkungan sekitar.

2. Kemampuan Memulihkan Energi

Aki hybrid memainkan peran penting dalam sistem pemulihan energi. Terlebih ketika kendaraan melambat atau mengerem. Pasalnya, energi kinetik yang biasa terbuang dalam kendaraan konvensional justru bermanfaat untuk mengisi ulang aki.

Dalam istilah sederhana, aki ini berperan sebagai “bank energy”. Fungsinya adalah menampung sekaligus mengalirkan energi kinetik yang terjadi selama pengereman.

Proses tersebut turut membantu meningkatkan efisiensi total kendaraan juga mengurangi pemborosan energi.

3. Akselerasi Kendaraan yang Semakin Responsif

Kombinasi antara mesin pembakaran internal dan aki mobil hybrid menghasilkan akselerasi yang lebih responsif.

Aki mampu memberikan tenaga tambahan sewaktu-waktu, seperti saat akselerasi cepat atau mendaki tanjakan. Kondisi ini menciptakan pengalaman berkendara yang lebih baik dan lancar.

4. Meminimalisir Pemakaian Bahan Bakar di Lalu Lintas Padat

Aki hybrid mampu memberikan keunggulan tersendiri ketika berada di kondisi lalu lintas padat. Dalam kondisi semacam ini, aki dapat memberikan tenaga saat mobil bergerak dengan kecepatan rendah. Sehingga pemakaian bahan bakar juga lebih sedikit.

5. Lebih Tahan Lama dan Hemat

Seperti telah tertera sebelumnya, aki hybrid menggunakan teknologi hybrid yang relative canggih. Teknologi ini memungkinkan proses penguapan air aki lebih rendah.

Hal yang membuat isi ulangnya juga semakin minim, sekitar 4 sampai 5 kali saja. Tentunya jauh lebih hemat daripada menggunakan aki basah.

Perawatan Tepat untuk Aki Hybrid

Mengingat aki mobil hybrid memainkan peran krusial dalam menjaga performa dan efisiensi kendaraan. Maka perawatan aki sangat penting untuk Anda perhatikan.

Dengan beberapa langkah perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan umur panjang dan kinerja optimal pada aki. Adapun tips perawatan untuk aki hybrid antara lain:

1. Pemantauan Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin pada kondisi aki hybrid Anda. Beberapa kendaraan memiliki sistem pemantauan aki yang terintegrasi dalam panel instrumen. Pastikan Anda memeriksa indikator tersebut secara berkala untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan aki.

2. Pastikan Level Elektrolit Terjaga

Apabila aki hybrid memerlukan pengisian ulang cairan elektrolit, pastikan untuk menjaga levelnya secara tepat. Hindari pengisian yang berlebihan atau kekurangan, karena ini dapat mempengaruhi kinerja aki.

3. Hindari Menyimpan Aki dalam Kondisi Kosong

Jika tidak menggunakan aki di mobil dan ingin menyimpannya sementara waktu, upayakan bahwa aki mobil hybrid Anda tidak kosong atau dalam keadaan terlalu rendah.

Pengosongan aki secara berlebihan dapat merusak sel-sel baterai serta mengurangi umur pakainya.

4. Pertimbangkan Pemanasan Sebelum Memakai Mobil

Di daerah yang memiliki suhu rendah, biasakan untuk memanaskan mobil sebentar sebelum mengemudi. Suhu dingin dapat mempengaruhi kinerja aki. Sementara pemanasan ringan terhadap mesin akan membantu meningkatkan efisiensi.

Jangan lupa tetap patuhi panduan perawatan yang produsen mobil berikan. Jika Anda memiliki masalah atau kekhawatiran tentang kesehatan aki mobil hybrid. Maka segera konsultasikan dengan mekanik atau teknisi berpengalaman untuk penanganan lebih lanjut.

 

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas