Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

‘Pena Ayi’, Memajukan Pemerintahan Desa dan SDM di Bangka Tengah

263
×

‘Pena Ayi’, Memajukan Pemerintahan Desa dan SDM di Bangka Tengah

Sebarkan artikel ini
IMG 20230613 WA0001
Foto: Bupati Bangka Tengah dan Ketua STIH Pertiba Pangkalpinang saat melakukan MoU. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah luncurkan program inovasi baru yakni Pena Ayi atau Pemerintah Desa Naik Kelas Bareng Algafry), Senin (12/6/2023).

Program tersebut dibuat untuk memajukan pemerintahan desa dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bangka Tengah.

Dalam menjalankan program ini, Pemkab Bangka Tengah menggandeng STIH Pertiba Pangkalpinang yang ditandatangani langsung oleh Ketua STIH Pertiba, Dr. H. Yandi, S.H., M.H.

“Ini adalah langkah progresif yang kami ambil untuk memastikan perangkat desa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkap Algafry dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dengan meningkatkan kompetensi perangkat desa di bidang hukum, pihaknya berharap dapat mencegah dan mengurangi pelanggaran hukum yang melibatkan perangkat desa. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk aktualisasi misinya dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM yang berkualitas dan kompetitif.

“Secara khusus saya berharap kades dan perangkat desa dapat mengupgrade diri, dan tentunya peningkatan kualifikasi pendidikan,” harapnya.

Algafry mengatakan memilih STIH Pertiba sebagai mitra karena keunggulan dosen dan tenaga didik yang mahir di bidang praktis. Karena menurutnya, para perangkat desa di Bangka Tengah butuh penguatan praktis yang langsung berhadapan dengan persoalan-perosalan di masyarakat.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada STIH Pertiba Pangkalpinang yang sebentar lagi bertransformasi menjadi fakultas hukum, yang telah bersedia menjadi mitra dalam program tersebut. Termasuk mengapresiasi kesepakatan-kesepakatan khusus yang telah dicapai sebelumnya sebagai dasar kerja sama yang sukses.

Kegiatan yang berlangsung penuh khidmat ini juga dihadiri oleh Kepala OPD Kabupaten Bangka Tengah, camat dan kades se-kabupaten Bangka Tengah, Yayasan Perguruan Tinggi Bangka, dan civitas akademika, serta mahasiswa berasal dari ASN di Bangka Tengah.(*)