Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal 3 Cara Gunakan Gemini AI Gmail Android dengan Mudah, Serta Keunggulan Fiturnya

355
×

Mengenal 3 Cara Gunakan Gemini AI Gmail Android dengan Mudah, Serta Keunggulan Fiturnya

Sebarkan artikel ini
Gemini AI Gmail

Cara gunakan Gemini AI Gmail Android perlu dipahami dengan baik – Gemini AI adalah fitur terbaru dari Gmail. Para pengguna Android bisa memanfaatkan fitur satu ini.

Google terus memberikan fitur menarik. Fitur Artificial Intelligence alias AI pada Google satu ini memang sangat membantu para penggunanya. Kini Google memberikan fitur AI pada Gmail yang sangat bermanfaat.

Baca juga: Begini 5 Cara Sinkronisasi Bookmark Chrome ke HP Android, Mudah dan Cepat!

Cara Gunakan Gemini AI Gmail Android dengan Mudah

Hampir semua orang menggunakan Gmail. Sebenarnya, Gmail adalah sebuah platform bertukar pesan milik Google.

Selain bertukar pesan seperti biasa, Gmail juga membantu dalam pengiriman dokumen berupa foto, video, dan bahkan berbagai jenis file lainnya. Saat ini, Gmail digunakan dalam tahap profesional.

Mengingat banyaknya pengguna, Google tampaknya terus mengembangkan platform mereka ini. Di Android, Gmail memiliki peran yang sangat penting.

Siapa sangka, saat ini terdapat sebuah fitur Artificial Intelligence pada platform. Dengan fitur ini, para penggunanya akan mendapatkan berbagai kemudahan.

Apa Itu Gemisi AI?

Gemini AI merupakan asisten virtual pada aplikasi. Sebagai chatbot bard dari Google, para pengguna Android dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Pengguna bisa mengobrol dengan asisten virtual ini. Bahkan, pengguna juga bisa menjadikannya asisten default di dalam ponsel.

Berbeda dengan AI lainnya, Gemini ini hadir secara khusus membantu para pengguna Gmail. Gemini akan membantu dalam pengolahan file seperti gambar, video, audio, kode dan bahkan teks.

Banyak yang menyebut bahwa fitur ini bisa bekerja lebih halus daripada ChatGPT atau Google Bard.

Asisten virtual ini terbagi menjadi tiga ukuran, yakni Gemini Nano, Pro dan juga Ultra. Untuk Gemini Nano, Google memberikannya khusus pada perangkat smartphone Pixel 8. Jenis ini lebih ringan namun bekerja dengan sangat baik.

Untuk tipe Pro, fitur ini berjalan di pusat data Google. Sementara untuk versi paling tinggi Google Ultra mampu menyelesaikan berbagai tugas yang kompleks.

Cara gunakan Gemini AI Gmail Android tidak sulit. Sehingga bisa pengguna manfaatkan untuk berbagai kebutuhan di dalam aplikasi.

Cara Penggunaan Gemini AI

Dari pengertiannya, fitur ini tampak sangat bermanfaat. Seperti fitur asisten virtual lainnya, Gemini hadir untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Hampir semua fitur Duet AI yang ada di Google Workspace dengan merek Gemini. Berikut ini cara menggunakannya untuk para pengguna Android:

  • Pertama, buka Google Play Store terlebih dahulu di dalam ponsel.
  • Jika sudah, ketik Google Gemini di kolom pencarian. Setelah muncul, klik aplikasi tersebut.
  • Sentuh tombol instal dan tunggu proses pengunduhan. Kecepatan unduhan akan berjalan sesuai dengan sinyal internet.

Tunggu hingga aplikasi benar-benar terpasang. Setelah itu, maka aplikasi bisa pengguna atur agar menjadi asisten virtual pada ponsel.

Para pengguna versi Nano di Pixel 8 dapat memanfaatkan asisten virtual ini di aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Asisten virtual Google ini akan membantu memberikan balasan ke pesan yang masuk.

Untuk cara gunakan Gemini AI Gmail Android Pixel 8, masuk ke menu ‘Pengaturan’ terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke “Opsi Pengembang”.

Buka bagian “Pengaturan AiCore”, setelah itu aktifkan “AiCore Persistent”. Dengan begitu, asisten virtual ini akan membantu membalas pesan secara otomatis.

Fitur Unggulan Fitur Gemini AI

Setelah memahami cara gunakan Gemini AI Gmail di Android, pengguna juga harus tahu berbagai fitur yang ditawarkan. Asisten virtual ini memiliki berbagai fitur menarik.

Gemini bisa membantu dalam berbagai tugas, mulai dari konten, mempelajari keterampilan baru, menyederhanakan penggunaan telepon dan lainnya. Bahkan, pengguna juga bisa memasukkan suara, teks, atau foto untuk meminta bantuan asisten virtual satu ini.

Pengguna hanya perlu memasukan berbagai pertanyaan di kotak yang tersedia. Kotak tersebut akan bertuliskan Ketik, Bagian Foto, Bicara, atau Ketik dan ketik ikon surat. Pengguna juga bisa meminta saran di bagian atas dari aplikasi.

Keberadaan asisten virtual memang sangat bermanfaat. Hampir semua aplikasi ini menghadirkan Artificial Intelligence mereka sendiri.

Google menjadi perusahaan canggih dengan salah satu AI paling mutakhir. Kecerdasan buatan ini menjadi suatu hal yang mustahil beberapa tahun lalu, namun kini semakin lumrah.

Oleh karena itu, jangan sampai pengguna Gmail ketinggalan zaman. Ketahui cara gunakan Gemini AI di Android ini dengan mudah. Sebab, fitur ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas