Scroll untuk baca artikel
Politik

Libatkan Ratusan Orang, KPU Bangka Gelar Simulasi Pemungutan Suara

626
×

Libatkan Ratusan Orang, KPU Bangka Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Sebarkan artikel ini
IMG 20231224 080930 977 transcpr

INTRIK.ID, BANGKA — KPU Kabupaten Bangka gelar simulasi pemungutan hingga penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Minggu (24/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Wanita, Sungailiat itu melibatkan 245 orang mulai dari PPS, PPK, awak media, perwakilan partai politik, KPPS dan PAM TPS serta dari KPU Bangka sendiri.

Anggota KPU Bangka, Eko Iswantoro mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai gambaran dan persiapan dalam menghadapi pelaksanaan pemilu serentak nanti.

“Nanti yang menjalankan teman-teman KPPS, jadi mereka bisa mengantisipasi segala permasalahan yang bakal ditemui di lapangan saat hari pelaksanaan nanti,” ungkapnya.

Komisioner divisi hukum dan pengawasan itu juga mengatakan simulasi ini dibuat semirip mungkin dengan yang akan dijalankan saat pelaksanaan nanti.

“Ini sebagai permulaan, jadi mereka bisa mencerna apa yang akan dihadapi nanti,” tegas Eko.

Dalam simulasi itu, terlihat beberapa pemilih bersitegang dengan petugas dikarena tidak membawa identitas resmi sehingga tidak bisa memilih.

Bahkan ada juga yang ngotot ingin tetap memilih dengan membawa tas saat berada di bilik pemilihan meskipun petugas sudah menyarankan untuk tidak membawa tas.