Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Lebih Praktis, Simak 5 Cara Tambah Daya PLN Lewat Aplikasi Proses Lebih Cepat dan Efisien

423
×

Lebih Praktis, Simak 5 Cara Tambah Daya PLN Lewat Aplikasi Proses Lebih Cepat dan Efisien

Sebarkan artikel ini
tambah daya pln

Cara Tambah Daya PLN Lewat Aplikasi – Aplikasi tambah daya PLN sangatlah membantu. Dengan aplikasi ini, pelanggan PLN yang ingin tambah daya jadi lebih mudah. Hanya dengan aplikasi HP, Anda sudah bisa melakukan semua prosesnya.

Saat ini memang hampir semua sektor pemerintahan sudah mulai melakukan modernisasi. Banyak bermunculan aplikasi baru yang sangat membantu.

PLN juga menghadirkan aplikasi terbaru mereka, yakni PLN Mobile. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan melalui PLN Mobile dengan lebih mudah.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact Termudah dan Lengkap, Bisa Cek Nama Kontak!

Aplikasi Tambah Daya PLN, Syarat dan Caranya

PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah salah satu dari BUMN yang ada di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang energi kelistrikan dan merupakan tulang punggung untuk menyediakan energi nasional untuk seluruh daerah di Indonesia ini.

Mereka memfasilitasi masyarakat dengan listrik sesuai daya yang dipilih. Karena perusahaan negara, maka PLN sendiri bertugas untuk melayani semua masyarakat yang menjadi pelanggannya.

PLN kini sudah mulai modern. Sebab, mereka kini sudah memiliki aplikasi khusus yang memudahkan para pengguna nya.

PT Perusahaan Listrik negara ini memiliki aplikasi yang bernama PLN Mobile. Dengan aplikasi, masyarakat tidak perlu langsung datang ke kantor PLN, tetapi hanya melalui online.

1. Mengenal Aplikasi PLN Mobile Lebih Dekat

Aplikasi PLN Mobile ini pertama kali muncul pada bulan April 2021. Kemunculan aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan layanan listrik dengan lebih mudah hanya dari satu aplikasi saja.

PLN Mobile hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Fitur-fitur yang ada bertujuan untuk memudahkan transaksi para pelanggan.

Baca Juga:  Ini Dia 3 Cara Menggunakan Quick Settings di HP Android, Bisa Custom

Beberapa fitur tersebut adalah pembayaran tagihan, catat meter, pasang baru, dan bahkan pengaduan jika ada gangguan. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai aplikasi tambah daya PLN.

Aplikasi satu ini memiliki 5 sub fitur, yakni monitor pembelian token, notifikasi pemadaman, pemeliharaan, pemakaian pasca bayar, notifikasi tagihan, dan juga informasi progres penyelesaian gangguan.

2. Persyaratan untuk Bisa Tambah Daya

Aplikasi milik PLN ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai kebutuhan terkait pemakaian listrik.

Artinya, Anda juga bisa melakukan tambah daya melalui aplikasi ini. Tentu saja proses tambah daya di aplikasi lebih mudah dan efisien daripada harus pergi ke kantor.

Jika Anda tertarik untuk melakukannya di aplikasi tambah daya PLN, maka berikut ini syarat yang harus Anda penuhi:

  • Memiliki materai.
  • Harus ada lembar denah dari lokasi bangunan.
  • Menyertakan fotokopi KTP pihak pemohon. Anda juga harus menyiapkan surat kuasa, surat perjanjian, dan surat keterangan lainnya apabila terjadi kesalahan.
  • Menyertakan rekening listrik terakhir Anda.

Cara Tambah Daya Listrik PLN

Jika Anda sudah menyiapkan semua persyaratan tersebut, maka bisa langsung melakukan proses tambah daya secara online melalui aplikasi.

Bahkan proses tambah daya juga lebih cepat daripada harus melakukannya secara offline. Berikut caranya di aplikasi tambah daya PLN.

  1. Unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Mobile PLN di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut. Di layar utama nantinya akan ada pilihan “Perubahan Daya”. Anda bisa klik “Mulai”.
  3. Jika sudah, pilih ID Pelanggan yang sudah terdaftar di PLN Mobile. Anda juga bisa memasukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian klik “Lanjutkan”.
  4. Anda harus menentukan koordinat yang sesuai. Setelah itu, lengkapi data lokasi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan klik “Lanjutkan”.
  5. Kemudian, Anda harus memilih jenis permohonan, apakah permohonan untuk diri sendiri atau orang lain. Jika untuk orang lain, maka harus mengisi “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”.
  6. Nantinya akan muncul menu “Ringkasan Data Permohonan”. Anda juga bisa memasukkan kode Voucher Promo jika ada. Klik “Kirim Permohonan”.
  7. Aplikasi akan memunculkan tampilan “Syarat & Ketentuan” dan pelanggan harus membaca dan memahaminya dengan baik.
  8. Jika sudah setuju dengan syara yang ada, Anda akan dibawa ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil” setelah itu klik “OK”.
  9. Akan langsung muncul tampilan “Detail Permohonan” di aplikasi.
  10. Terakhir, pilih Metode Pembayaran. Anda juga bisa menggantinya kapan saja selama masih belum kadaluarsa.
Baca Juga:  Mengenal 8 CapCut Video Editor, Hadirkan Kemudahan dalam Berkarya

Untuk Anda yang ingin melakukan tambah daya, maka harus mengikuti syarat dan cara tersebut. Perihal biaya di aplikasi tambah daya PLN adalah mulai dari Rp 421 ribu hingga sekitar Rp 4 jutaan, sesuai dengan jumlah tambahnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas