Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ketahui 3 Penyebab HP Tidak Bisa Menerima SMS, Gunakan Solusi Ini Dijamin Berhasil

625
×

Ketahui 3 Penyebab HP Tidak Bisa Menerima SMS, Gunakan Solusi Ini Dijamin Berhasil

Sebarkan artikel ini
hp tidak bisa menerima sms

Penyebab HP Tidak Bisa Menerima SMS – HP tidak bisa menerima SMS jangan Anda biarkan begitu saja. Karena tidak bisa menerima SMS di HP, maka Anda jadi ketinggalan informasi atau pemberitahuan penting. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami penyebab dan tutorial HP untuk mengatasi masalahnya.

HP Tidak Bisa Menerima SMS dan Penyebabnya

Seiring berjalannya waktu atau semakin bertambahnya usia pakai HP, bisa jadi bermunculan banyak masalah. Apalagi jika HP tersebut Anda gunakan secara berlebihan dan jarang merawatnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan 3D Touch Android dengan Mudah Tanpa Root 2023

Adapun salah satu masalahnya yaitu HP tak bisa menerima SMS seperti biasanya. Dalam hal ini, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkannya. Berikut beberapa hal tersebut.

1. Terlalu Banyak Pesan

Salah satu penyebabnya bisa jadi penyimpanan di HP penuh karena terlalu banyak pesan. Dengan demikian, saat ada SMS baru, tidak bisa masuk ke HP.

Untuk penyebab yang satu ini, Anda hanya perlu membuat ruang penyimpanannya jadi lega. Caranya, Anda tinggal hapus pesan yang sudah tak penting.

2. Tidak Ada Jaringan

HP tidak bisa menerima pesan SMS apabila jaringannya tak lancar. Penyebab ini semakin jelas jika memang HP tidak ada jaringan sama sekali.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda berpindah tempat agar HP mendapatkan jaringan yang baik. Biasanya jaringan bisa dengan mudah Anda temukan di tempat yang tinggi atau di ruang terbuka.

Selain itu, Anda juga bisa berganti provider seluler. Tak sedikit operator seluler yang memiliki sinyal buruk di sejumlah daerah.

Apabila Anda baru berpindah ke daerah tertentu, jangan lupa untuk memperhatikan operator seluler. Apabila provider yang Anda gunakan tidak cocok dengan daerahnya, lebih baik ganti ke operator seluler lain.

3. Gangguan Operator

HP tidak bisa menerima SMS juga bisa karena gangguan pada operatornya. Biasanya operator mengalami gangguan selang beberapa saat sehingga menyebabkan layanannya down.

Jika memang demikian, Anda membutuhkan waktu untuk bisa memanfaatkan layanan atau jaringannya kembali. Tak perlu khawatir karena biasanya bukan hanya Anda saja yang mengalaminya, melainkan juga sesama pengguna operator tersebut.

Berkaitan dengan gangguan operator ini, tak sedikit SMS yang tertunda terkirim ke HP karena traffic jaringannya terlalu padat. Untuk penyebab yang satu ini, biasanya proses pengiriman SMS akan berlangsung sesuai urutan.

Cara Mengatasi HP Tidak Menerima SMS

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, pastikan Anda juga tidak melewatkan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Solusinya sendiri berkaitan erat dengan apa penyebabnya.

Selain itu, Anda juga bisa atasi dengan menghapus cache. Cache sendiri merupakan tumpukan data yang sudah tak Anda butuhkan.

Alih-alih hanya memenuhi ruang penyimpanan di HP, lebih baik Anda menghapusnya. Dengan menghapus cache, Anda tak hanya bisa melancarkan pengiriman pesan saja, namun juga meningkatkan kualitas layanan lainnya di HP.

Mengenai bagaimana cara melakukannya pun relatif mudah. Bahkan pemula juga bisa melakukannya. Berikut langkah-langkahnya hapus cache untuk mengatasi HP tidak bisa menerima SMS.

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuka menu Pengaturan di ponsel terlebih dahulu. Biasanya menu tersebut hadir dengan logo roda bergerigi.

2. Pilih Aplikasi

Setelah membuka menu Pengaturan, Anda bisa klik Aplikasi atau Apps. Di menu tersebut, Anda bisa pilih SMS atau Message. Dari sini Anda tinggal memilih menu Penyimpanan.

3. Klik Hapus Cache

Langkah selanjutnya, Anda bisa pilih Clear Cache atau Hapus Cache. Tunggulah sampai proses penghapusan data selesai. Biasanya hal ini tidak membutuhkan waktu lama.

Setelah mengikuti tutorial di atas, Anda bisa menerima SMS sebagaimana mestinya. Untuk membuktikan hal tersebut, Anda bisa meminta bantuan orang lain atau menggunakan HP kedua guna mengirimkan SMS.

Cek pada HP yang Anda gunakan. Apabila ada SMS yang masuk, menandakan bahwa Anda berhasil melakukannya. Akan tetapi jika SMS belum masuk, bisa coba ulangi langkahnya tanpa ada poin yang terlewat.

Dengan menyimak pembahasan di atas, Anda tidak perlu bingung ataupun khawatir ketika HP tak bisa menerima SMS. Anda tinggal pahami apa saja penyebabnya. Setelah itu, Anda bisa coba atasi sesuai dengan penyebab tersebut. Jika belum membuahkan hasil, Anda bisa mengatasinya dengan menghapus cache.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas