Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Jangan Panik Sistem Navigasi Mobil Rusak, Cek Penyebabnya Berikut Ini

309
×

Jangan Panik Sistem Navigasi Mobil Rusak, Cek Penyebabnya Berikut Ini

Sebarkan artikel ini
navigasi mobil

Jangan Panik Sistem Navigasi Mobil Rusak – Sistem navigasi mobil rusak memang menjadi salah satu masalah yang umum terjadi. Rusaknya sistem navigasi pada mobil tentu membuat para pengemudi mengalami kekurangan informasi. Salah satu komponen mobil tersebut tentu akan memudahkan para pengguna ketika sedang mengemudi mobil.

Maka dari itu apabila terjadi kerusakan, perjalanan saat menggunakan mobil bisa menjadi terhambat. Sehingga fungsi pentingnya dari navigasi mobil tersebut tidak akan berjalan baik.

Baca juga: 5 Fitur Sistem Keamanan Kabin Mobil, Membuat Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Sistem Navigasi Mobil Rusak, Berikut Berbagai Penyebab yang Umum Terjadi

Sistem navigasi mobil merupakan salah satu alat yang bisa membantu memberikan perlindungan pada mobil. Adanya sistem navigasi tersebut bisa memberikan para pengguna untuk mendapatkan informasi akurat tentang lokasi kendaraan.

Selain itu, dengan adanya komponen mobil ini bisa membantu para pengguna mudah dalam melakukan perjalanan kemanapun saat ingin pergi. Pentingnya sistem navigasi untuk memberikan petunjuk dalam perjalanan tentu akan memudahkan para pengemudi.

Dengan adanya navigasi mobil tersebut bisa memungkinkan para pengemudi lancar sebelum melakukan perjalanan dan mendapatkan petunjuk jalan yang tepat.

Namun, sistem navigasi mobil juga bisa mengalami kerusakan yang membuat fungsinya tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini merupakan berbagai penyebab rusaknya navigasi pada mobil:

1. Putusnya Arus Listrik

Penyebab sistem navigasi mobil rusak yang pertama yaitu putusnya arus listrik. Sistem navigasi pada mobil akan bekerja dan berfungsi baik dengan bantuan dari arus listrik.

Jika arus listrik tidak mengalir pada komponen sistem aplikasi, tentu bisa membuat fungsinya tidak lancar. Sebaiknya anda melakukan cek terlebih dahulu pada bagian kabel dalam sistem navigasi.

Baca Juga:  Review Vivo V29e Resmi Rilis, Hadir di Indonesia dengan Photo yang Lebih Luas dan Jernih

Anda bisa melakukan cek karena terkadang akan terdapat kabel yang longgar sehingga mudah untuk lepas. Tidak hanya itu, pada jalur kabel tersebut bisa saja terjadi arus pendek atau korsleting yang bisa menyebabkan arus listrik putus.

Maka dari itu, apabila mendapati navigasi mobil rusak Anda bisa melakukan cek pada kondisi arus listrik dan kabel. Apabila menemukan kerusakan pada bagian jalur kabel Anda bisa langsung memperbaikinya.

2. Terjadi Masalah pada Komponen

Rusaknya sistem aplikasi bisa terjadi karena terdapat salah satu komponen mengalami masalah. Umumnya akan terdapat masalah pada komponen atau sistem software navigasi.

Mungkin terdapat salah satu komponen navigasi yang mengalami masalah sehingga bisa menyebabkan navigasi tersebut rusak.

Selain itu, sistem software pada navigasi yang kurang update juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak berfungsi dengan baik. Anda bisa melakukan pengecekan sendiri apabila memang memahami tentang navigasi mobil.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan ke service center supaya kerusakan bisa ditangani dengan baik.

3. Satelit Tidak Mencukupi, Sebab Sistem Navigasi Mobil Rusak

Sistem navigasi mobil rusak bisa saja terjadi karena satelit tidak mencukupi. Semua navigasi pasti akan membutuhkan satelit agar bisa memberikan petunjuk jalan yang akurat. Umumnya navigasi akan menerima sinyal dari 7 atau 8 satelit ketika menghitung tempat dengan jarak 10 m.

Apabila jumlah satelit dalam navigasi tersebut sedikit, maka bisa menyebabkan petunjuk yang tidak tepat atau bahkan terjadi error. Maka dari itu, untuk menggunakan navigasi dengan lancar dan baik memerlukan sinyal dari satelit yang mencukupi. Jika satelit tidak mencukupi tentu navigasi tidak akan berfungsi dengan baik.

4. Baterai Lemah atau Rusak

Baterai yang lemah atau rusak akan mempengaruhi fungsi dari navigasi mobil. Sistem navigasi akan berfungsi dengan baik jika memiliki berbagai komponen yang bekerja dengan baik pula, seperti baterai. Baterai yang lemah atau bahkan rusak untuk akan mempengaruhi fungsi navigasi untuk berjalan dengan baik.

Baca Juga:  5 Fitur Sistem Keamanan Kabin Mobil, Membuat Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Maka dari itu, Anda bisa melakukan cek pada baterai dalam sistem navigasi mobil. Apabila baterai tersebut lemah atau rusak, segera lakukan penggantian. Dengan begitu sistem navigasi Anda bisa berfungsi dengan baik lagi untuk memberikan petunjuk.

5. Hilangnya Sinyal pada Navigasi

Jika sinyal pada sistem navigasi hilang bisa menyebabkan fungsinya tidak berjalan dengan lancar. Ketika sedang dalam perjalanan menggunakan aplikasi lalu tiba-tiba sinyal hilang, maka petunjuk jalan bisa mengalami error.

Awalnya Anda sudah memperoleh titik yang sesuai, lalu pada waktu sinyal hilang titik tersebut akan berpindah.

Tidak hanya itu, sinyal yang hilang juga bisa menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan navigasi mobil dengan lancar. Apabila sinyal hilang secara terus-terusan maka bisa menyebabkan sistem navigasi mudah mengalami kerusakan.

Nah, itu tadi ulasan tentang berbagai penyebab sistem navigasi mobil rusak. Berbagai penyebab tersebut memang umum pemilik mobil alami saat sedang menggunakan aplikasi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas