Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Jangan Panik Saat AC Mobil Berbunyi Mendesis, Berikut 3 Cara Mengatasinya dan Cek Penyebabnya

288
×

Jangan Panik Saat AC Mobil Berbunyi Mendesis, Berikut 3 Cara Mengatasinya dan Cek Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
ac mobil

AC Mobil Berbunyi Mendesis – AC mobil berbunyi mendesis termasuk salah satu permasalahan yang jangan sampai Anda abaikan begitu saja. Saat AC berbunyi mendesis, maka kenyamanan di mobil jadi terganggu. Maka dari itu, atasi masalah pada AC mobil sesegera mungkin.

AC Mobil Berbunyi Mendesis dan Penyebabnya

AC mobil bisa saja mengalami masalah yang mempengaruhi fungsi atau kinerjanya. Adapun salah satu masalahnya yakni terdengar bunyi mendesis.

Berkaitan dengan masalah komponen mobil tersebut, sebenarnya ada beberapa hal yang jadi penyebabnya. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, Anda bisa cermati uraian di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mengatur Kaca Spion Mobil agar Nyetir Jadi Aman

Pemasangan AC Salah

Salah satu penyebabnya yaitu kesalahan saat memasang komponen AC. Dalam pemasangan AC mobil, sudah seharusnya Anda percayakan pada ahli di bidangnya.

Jangan coba-coba memasang AC mobil sendiri tanpa ada keahlian atau wawasan terkait hal tersebut. Tak perlu bingung mencarinya karena saat ini sudah ada banyak bantuan teknisi AC yang memiliki kompetensi mumpuni.

Freon Bocor

Freon juga jadi salah satu komponen mobil yang harus Anda perhatikan ketika AC berbunyi mendesis. Bisa jadi masalah tersebut muncul karena freon mengalami kebocoran.

Saat freon bocor, maka kapasitas yang ada di dalamnya jadi berkurang atau bahkan habis. Padahal freon jadi sumber energi utama yang mendukung kinerja AC dalam mendinginkan suhu.

Selain bisa memicu bunyi mendesis pada AC, freon yang bocor juga mampu mempercepat keausan komponen lainnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda rutin mengecek kapasitas freon agar tetap prima.

Tak hanya itu, penting juga untuk memahami apa saja ciri freon AC mobil bocor. Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi masalahnya dari awal.

Baca Juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WA Dijamin Gercep

Motor Blower Bermasalah

Penyebab lainnya yang membuat AC mobil berbunyi mendesis ialah masalah pada komponen motor blower. Saat motor blower aus, maka bisa membuat anginnya mati hidup sendiri.

Lama-kelamaan kondisi itu bisa membuat motor blower mati total. Akibat masalah ini, AC bisa berbunyi mendesis, baik itu ketika nyala ataupun tidak.

Cara Mengatasi AC Mobil Bunyi

AC mobil yang berbunyi mendesis, jangkrik, tek tek, ataupun nging, bisa Anda atasi dengan cara di bawah ini. Pastikan Anda tidak melewatkan tips otomotif dalam perawatan mobil ini.

Service Kompresor AC

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi AC mobil yang berbunyi ialah mengganti komponen kompresornya. Pada umumnya, ada beberapa bagian yang bisa Anda ganti.

Mulai dari komponen kompresor yang berpusat di piston, bearing, sampai dengan klep. Dengan mengganti komponen kompresor AC, maka fungsinya bisa kembali optimal.

Akan tetapi, penggantian hanya berlaku jika komponennya memang tak bisa lagi Anda pakai. Jika komponen kompresor masih ada kemungkinan fungsional, maka Anda bisa service saja.

Service kompresor AC mobil tak akan menguras isi kantong Anda. Hal ini karena biaya service kompresor AC jauh lebih hemat daripada mengganti dengan komponen baru.

Akan semakin irit pengeluaran apabila Anda memang mampu melakukannya sendiri. Namun Anda jangan memaksa untuk service kompresor AC sendiri jika tak berbekal keahlian.

Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah, lebih baik bawa ke bengkel terpercaya. Masalah tersebut akan langsung ditangani oleh spesialis yang mahir di bidangnya. Prosesnya pun berlangsung lebih cepat dengan langkah yang tepat.

Rutin Membersihkan AC

AC mobil bisa berbunyi mendesis sehingga mengganggu apabila kotor dan tak terawat. Maka dari itu, jangan ragu untuk membersihkan AC secara rutin.

Baca Juga:  Yuk, Intip Cara Mengganti Desktop Laptop dengan Mudah dan Cepat

Pembersihan AC tak hanya perlu Anda lakukan di bagian luarnya saja, melainkan juga di dalamnya. AC yang dibersihkan secara menyeluruh dan detail sampai celah-celah terkecil, maka bisa lebih awet untuk Anda pakai dalam jangka panjang.

Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan berbagai alat dan bahan. Salah satunya ialah cairan pembersih AC mobil yang sudah banyak beredar di pasaran. Harga terbilang bersahabat sehingga tak akan mengganggu kondisi finansial Anda.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu apa saja penyebab AC mobil berbunyi mendesis. Selain itu, Anda juga bisa memahami bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian, AC mobil bisa kembali berfungsi secara normal sebagaimana mestinya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas