Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau, Begini 5 Cara Mengatasinya

332
×

Inilah Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau, Begini 5 Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Asap Knalpot Mobil

Penyebab Asap Knalpot Mobil Bau – Asap knalpot mobil bau menyengat jangan Anda sepelekan begitu saja. Bisa jadi hal tersebut termasuk indikasi permasalahan pada kendaraan Anda. Jika Anda mengabaikan komponen mobil tersebut, maka bisa membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Spesifikasi dan Dokumennya

Asap Knalpot Mobil Bau dan Bahayanya

Knalpot yang mengeluarkan asap sangatlah berbahaya. Hal ini karena asap berisi gas pencemaran. Gas tersebut berupa sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, karbon dioksida, dan senyawa organik yang mudah.

Gas pencemaran ini bisa menyebabkan pemanasan global. Selain itu, efeknya juga bisa beracun bagi manusia. Tak hanya itu, gas ini juga bisa memicu iritasi di mata dan hidung. Saluran pernapasan juga bisa terkena imbas negatifnya.

Dampak buruknya akan semakin mengerikan apabila asap tersebut mengeluarkan bau menyengat. Bahayanya pun tidak hanya merugikan dan mengancam keselamatan Anda saja, tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Penyebab Asap Knalpot Bau

Setelah mengetahui bahayanya, pastikan Anda juga memahami sebenarnya apa penyebab asap knalpot mobil bau. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Oli Terbakar

Salah satu penyebabnya bisa karena oli yang terbakar di ruang pembakaran. Kondisi ini terjadi karena ada kebocoran di bagian mesin.

Karena hal itu, oli jadi merembes ke dalam saluran pembakaran. Oleh karena itu, Anda harus cek kondisi mesin sesegera mungkin untuk menghindari dampak buruk yang semakin parah.

2. Bensin Berlebih

Knalpot juga bisa mengeluarkan bau menyengat apabila asupan bensinnya berlebih. Hal ini bisa membuat bensin tak terbakar secara sempurna di ruang pembakaran.

Selain mengeluarkan bau menyengat, mobil juga akan lebih boros bahan bakar. Mengetahui hal itu, sudah semestinya Anda mengisi kendaraan dengan jumlah takaran bensin yang tepat.

3. Kopling Selip

Kopling yang selip bisa menyebabkan asap knalpot mobil bau. Masalah ini juga bisa terjadi saat komponen tersebut aus. Untuk itu, segera cek dan ganti saja komponennya dengan yang baru.

4. Catalytic Converter Tak Berfungsi

Pada dasarnya, komponen ini berperan penting dalam menyaring hidrogen sulfida di knalpot. Jika komponennya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan mengeluarkan asap yang baunya menyengat.

Cara Mengatasi Asap Knalpot Bau

Demi keamanan dan keselamatan selama berkendara, Anda perlu hindari berbagai penyebab di atas sebisa mungkin. Selain itu, Anda juga harus pahami berbagai cara mengatasi asap knalpot mobil bau.

1. Mengganti Tangki Bensin

Bisa jadi knalpot yang berbau karena memang tangki bensinnya mengalami kebocoran. Untuk masalah ini, solusinya tidak lain adalah dengan mengganti tangki bensin tersebut.

Apabila Anda mengeluarkannya, maka bisa menambah masalah pada kendaraan. Anda pun perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk menangani masalah demi masalah tersebut.

2. Mengganti Busi

Cara lainnya yaitu dengan mengganti busi. Sebagaimana yang kita tahu bahwa busi adalah komponen penting yang berperan dalam mengatur proses pembakaran pada mobil.

Apabila busi mengalami masalah atau sudah aus, maka proses pembakaran tidak akan maksimal sehingga asap knalpot mobil jadi bau. Untuk itu, Anda harus ganti busi tersebut supaya fungsinya kembali optimal.

3. Membersihkan Filter Udara

Supaya knalpot tidak mengeluarkan bau lagi, Anda perlu membersihkan filter udara. Apabila sudah tidak memungkinkan untuk Anda bersihkan, sebaiknya ganti filter udara tersebut.

4. Bijak dalam Menggunakan Aksesoris

Apabila Anda suka menambahkan aksesoris tertentu di bagian knalpot, pastikan bijak dalam melakukannya. Dalam artian, Anda jangan sembarangan dalam memilih aksesoris.

Pastikan Anda memilih aksesoris yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika tidak sesuai, maka bisa memicu kontaminasi di sistem pembuangan sehingga asap knalpot mobil bau.

5. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar bisa mempengaruhi knalpot pada kendaraan. Supaya tidak berbau, Anda perlu menggunakan bahan bakar yang berbahaya.

Dalam hal ini, Anda bisa gunakan bahan bakar yang pabrikan rekomendasikan. Hal ini bisa membuat sistem pembakaran internal di kendaraan jadi terhindar dari segala bentuk permasalahan.

Dari uraian di atas, Anda bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasi asap knalpot mobil bau. Masalah ini sangatlah berbahaya sehingga perlu Anda atasi sesegera mungkin saat mengalaminya. Selain itu, Anda juga harus imbangi dengan memberikan perawatan mobil secara rutin.