Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Spesifikasi dan Dokumennya

489
×

5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Spesifikasi dan Dokumennya

Sebarkan artikel ini
membeli mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas – Tips membeli mobil bekas gampang-gampang susah. Membeli mobil bekas perlu kecermatan dan ketelitian, itulah mengapa Anda perlu tips jitunya. Dengan memperhatikan beberapa aspek penting, Anda dapat memperoleh mobil bekas yang bagus.

Baca juga: Inilah 4 Pembersihan Interior Mobil, Mulai dari Dashboard Hingga Jok, Meningkatkan Kenyamanan

Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Tertipu

Ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Membeli Mobil Bekas Sesuai Budget

Tips pertama, pastikan mobil bekas yang akan Anda beli sesuai budget. Mobil bekas yang diperjual belikan di pasaran, memiliki harga bervariasi.

Harga yang mahal, tidak menjadi jaminan mobil tersebut memiliki spesifikasi berkelas. Begitu pula sebaliknya, harga yang murah, tidak dapat menilai baik buruknya kualitas kendaraan tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, langsung saja membeli dari pemiliknya. Umumnya, terdapat tiga metode pembayaran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kesanggupan.

Mulai dari tunai, kredit, hingga over kredit. Apabila Anda ingin membeli dengan cara kredit, perhatikan kembali suku bunganya.

Bunga yang terlalu besar, dapat memberatkan Anda saat melunasinya. Kemudian, untuk mengurangi beban cicilan, Anda dapat memilih jangka waktu pelunasan yang panjang atau memberi uang muka dalam jumlah cukup besar sesuai kesepakatan.

2. Pilih Dealer yang Terpercaya

Tips membeli mobil bekas selanjutnya, yakni memilih dealer yang terpercaya. Hanya dealer dengan reputasi tinggi, yang dapat memberikan mobil bekas berkualitas.

Untuk memastikannya, Anda tidak harus datang ke dealer langsung. Caranya, dapat dengan mengunjungi situs website resminya hingga media sosialnya.

Selain mengetahui kredibilitas dealer yang ingin didatangi, Anda juga dapat memperoleh informasi penting lainnya. Seperti jenis mobil, merek mobil, harga, promo, hingga cara pembelian.

Memilih dealer yang berpengalaman, dapat mencegah terjadinya penipuan. Sehingga, Anda tidak akan kehilangan uang dengan percuma atau mengalami kerugian lainnya.

3. Cek Semua Bagian Mobil

Setelah Anda sudah menentukan pilihan, tips membeli mobil bekas selanjutnya, yakni melakukan pengecekan pada semua bagian mobil. Pertama, pastikan kondisi eksteriornya.

Perhatikan apakah ada cat yang terkelupas, terdapat goresan, atau baret pada kaca mobilnya. Kemudian, semua lampu masih menyala dengan normal.

Cek pula pada bagian interiornya. Kursi tidak robek atau mengalami kerusakan. Semua fitur dapat berfungsi dengan baik. Mulai dari fitur keselamatan, fitur keamanan, hingga fitur hiburan dan kenyamanan.

Tak kalah penting, perhatikan kondisi mesinnya. Sebab, mesin mobil menjadi salah satu komponen yang krusial. Mesin adalah sumber tenaga bagi setiap kendaraan. Jika performanya menurun, tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya, terutama saat melakukan perjalanan jauh.

Untuk memastikannya, sebelum membelinya Anda dapat melakukan test drive terlebih dahulu. Tak ada salahnya mencoba mengendarai mobil tersebut di berbagai medan.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual atau pihak dealer terkait kondisi fisik mobil yang akan Anda beli.

4. Periksa Riwayat Service Kendaraan

Tips membeli mobil bekas yang tak kalah penting, yakni memeriksa riwayat service kendaraan. Jika kondisi mobil masih terbilang baru atau bukan keluaran lama, Anda dapat mengecek jadwal servicenya.

Meskipun hanya kendaraan bekas, tetapi jika memiliki riwayat service secara rutin, performanya akan tetap terjaga dengan baik. Perhatikan pula tempat servicenya, apakah menggunakan layanan bengkel resmi atau tidak.

Dengan mengecek riwayat service kendaraan, Anda juga dapat mengetahui komponen apa saja yang pernah diganti. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk memastikan kondisi mobil secara keseluruhan.

5. Cek Kelengkapan Dokumen

Hati-hati, jangan sampai mobil bekas yang ingin Anda beli merupakan barang curian. Untuk menghindarinya, cek semua kelengkapan dokumennya.

Mulai dari pembayaran pajak, BPKB mobil, dan surat berharga lainnya. Tidak hanya lengkap, semua dokumen harus asli.

Dengan kata lain, tidak ada dokumen yang dipalsukan. Untuk memastikannya, Anda dapat melakukan pengecekan ke Polda ataupun kantor Samsat terdekat.

Apabila Anda tidak memiliki pengalaman membeli mobil bekas, dapat mengajak teman, saudara, atau orang yang sudah profesional dalam bidang tersebut. Selain memudahkan pengambilan keputusan dan kesepakatan, dapat terhindar dari penipuan maupun kerugian lainnya.

Itulah tadi beberapa tips membeli mobil bekas yang dapat Anda terapkan. Meskipun tidak mudah, Anda dapat mempelajarinya dengan seksama sebelum mencobanya.