Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Pembersihan Interior Mobil, Mulai dari Dashboard Hingga Jok, Meningkatkan Kenyamanan

605
×

Inilah 4 Pembersihan Interior Mobil, Mulai dari Dashboard Hingga Jok, Meningkatkan Kenyamanan

Sebarkan artikel ini
interior mobil

Pembersihan Interior Mobil – Pembersihan interior mobil, penting untuk Anda lakukan. Pembersihan pada bagian interior mobil, harus dilakukan secara rutin. Perawatan mobil ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kerapiannya.

Pembersihan Interior Mobil untuk Meningkatkan Kenyamanannya

Membersihkan interior mobil, tidak boleh Anda lakukan asal-asalan. Ada bagian-bagian tertentu yang harus mendapatkan banyak perhatian. Berikut ini diantaranya.

Baca juga: 5 Cara Merawat Transmisi Mobil Matic, Mudah dan Hemat Biaya

1. Dashboard

Dashboard merupakan salah satu bagian interior yang membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kebersihannya. Karena letaknya paling depan, dashboard mudah terkena debu dan kotoran.

Membersihkan bagian dashboard tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan lap basah dan lap kering, vacuum cleaner, hingga kemoceng.

Dashboard berhubungan dengan berbagai komponen mobil lainnya. Seperti pusat kontrol fitur, lampu indikator, head unit, elektronik, dan lainnya. Sebab itulah, Anda perlu berhati-hati agar cairan pembersih tidak masuk ke dalam komponen tersebut.

2. Plafon Mobil

Salah satu aspek penting dalam pembersihan interior mobil adalah membersihkan plafon dengan cermat. Plafon merupakan area yang perlu perawatan berkala agar tetap dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan seperti kendur atau sobek.

Untuk membersihkan plafon mobil, hindari penggunaan air berlebihan. Setelah itu, gunakan lap yang telah Anda basahi sebagian.

Plafon terdiri dari beberapa lapisan material yang berbeda, sehingga perlu perlakuan khusus sesuai dengan jenis materialnya. Bagian plafon yang terbuat dari wol, sebaiknya tidak terlalu basah.

Kelebihan air dapat menyebabkan bau dan pertumbuhan jamur. Jika Anda ingin menggunakan cairan pembersih, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis material plafon.

Selain itu, Anda juga dapat membersihkan plafon dengan menggunakan vacuum cleaner dengan daya hisap sedang. Menggunakan daya hisap yang terlalu kuat dapat merusak plafon dan membuatnya kendur.

3. Karpet

Penting untuk diketahui, bahwa karpet mobil seringkali menangkap berbagai jenis kotoran. Seperti tanah dan pasir yang terbawa oleh alas kaki dari luar.

Umumnya, karpet mobil memiliki alas kaki berbahan karet yang dapat dengan mudah dilepas atau dikeluarkan saat membersihkannya. Membersihkan karpet mobil juga relatif mudah.

Cukup cuci karpet dengan sabun, lalu sikat dan keringkan. Untuk karpet yang tidak dapat dilepas, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu-debu yang menumpuk.

Cara membersihkan karpet mobil harus disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan pada karpet tersebut. Berikut panduan pembersihan karpet sebagai salah satu interior mobil yang penting.

Karpet Mobil Berbahan Karet

  1. Keluarkan karpet mobil dari dalam kendaraan untuk memudahkan proses pembersihan.
  2. Bersihkan karpet dari debu maupun kotoran yang menempel.
  3. Sikat dan cuci karpet dengan air atau cairan khusus pembersih mobil.
  4. Bilas karpet hingga bersih, lalu jemur hingga benar-benar kering. Karpet berbahan karet cepat mengering karena sifat bahan tersebut.

Karpet Berbahan Kain

  1. Keluarkan karpet mobil.
  2. Gunakan vacuum cleaner guna menyingkirkan debu maupun kotoran dari karpet.
  3. Basahi karpet dengan air atau pembersih khusus karpet mobil.
  4. Sikat perlahan dengan sikat halus untuk mengangkat debu dan kotoran.
  5. Bilas karpet hingga bersih, lalu jemur hingga benar-benar kering.

4. Jok

Pembersihan interior mobil yang tak kalah penting yakni menjaga kebersihan jok atau kursi mobil. Jok mobil berperan penting sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang, sehingga kebersihannya berdampak pada kenyamanan kesehatan.

Jika jok mobil kotor, berbau, atau terinfeksi jamur, akan sangat mengganggu pengalaman berkendara. Cara membersihkan jok mobil sebaiknya disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan pada jok mobil tersebut. Berikut beberapa panduan untuk membersihkan jok mobil sesuai dengan jenis bahan.

Jok Berbahan Kulit

Jika jok mobil Anda berbahan kulit, membersihkannya relatif lebih mudah daripada jok berbahan kain, karena tidak memerlukan proses pengeringan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan dengan lap kain yang dibasahi menggunakan air atau pembersih khusus jok mobil berbahan kulit.
  2. Kemudian, keringkan dengan lap kering.
  3. Untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau, gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Jok Berbahan Kain

  1. Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu-debu dari jok mobil berbahan kain.
  2. Selanjutnya, bersihkan jok dengan cairan pembersih khusus jok mobil atau deterjen.
  3. Saat membersihkan jok, gosok dengan lembut dan searah untuk mengangkat kotoran tanpa merusak struktur kain jok.
  4. Bilas jok kain dan lap bersih untuk mengeringkannya.

Dengan merawat jok mobil sesuai jenis bahannya, dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan interior mobil Anda. Pada dasarnya, pembersihan interior mobil harus Anda lakukan secara menyeluruh.