Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah Cara Menambah Multitouch HP Android dan Cara Mengeceknya Terbaru 2023

3447
×

Inilah Cara Menambah Multitouch HP Android dan Cara Mengeceknya Terbaru 2023

Sebarkan artikel ini
multitouch hp

Cara Menambah Multitouch HP Android – Cara menambah multitouch HP mungkin membuat Anda penasaran. Karenanya berikut kita bahas cara untuk menambah multitouch HP Android. Bagi Anda yang merasa sangat penasaran, pastikan untuk menyimak pembahasan tips HP satu ini hingga tuntas.

Multitouch sendiri merupakan salah satu fitur pada HP yang memiliki peran sangat penting. Fitur ini memiliki fungsi untuk memberikan pengalaman yang lebih maksimal untuk pengguna HP. Teknologi multitouch sendiri pertama kali terdapat pada sistem operasi Android Froyo.

Sebelumnya, ponsel Android yang menggunakan OS Eclair belum mendukung fungsi ini. Namun setelah mendapat update ke Froyo maka ponsel Android sudah memiliki fungsi multitouch. Lalu apa itu multitouch dan bagaimana cara menambahnya? Berikut akan kita bahas.

Baca juga: Rekomendasi 4 Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik untuk Android dan PC, Berkualitas dan Termudah!

Cara Menambah Multitouch HP Android

Dalam layar smartphone zaman sekarang terdapat banyak fungsi selain luas layar dan lapisan pelindungnya. Misalnya yaitu terdapat resolusi yang mempengaruhi ketajaman tampilan gambar dalam layar. Lalu jenis layar ponsel hingga multitouch yang mungkin jarang disebutkan.

Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui dengan pasti apa itu multitouch. Multitouch merupakan teknologi yang mampu mengenali sentuhan pada layar lebih dari satu jari sekaligus. Sekarang, hampir semua smartphone Android yang terjual sudah memiliki layar multitouch.

Kemampuan multitouch bisa dipengaruhi oleh sistem operasi, jenis layar dan sensor pada ponsel. Sebab sensor layar ada yang bisa mendeteksi dua hingga sepuluh titik sentuhan jari bersamaan. Adanya multitouch tentunya akan sangat memudahkan kita selama menggunakan ponsel.

Adakah Cara Menambah Multitouch HP Android?

Jumlah multitouch pada Android sangatlah beragam dan juga berbeda-beda setiap ponselnya. Misalnya ponsel hanya mampu mendukung 2, 5 hingga 10 sentuhan jari pengguna. Pada ponsel keluaran terbaru biasanya sudah menyediakan lebih dari 5 sentuhan multitouch.

Selama menggunakan ponsel untuk berbagai keperluan, Anda mungkin merasa bahwa multitouch terasa kurang. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan ponsel dengan nyaman dan secara optimal. Karena itu Anda mungkin berpikir untuk menambah multitouch pada ponsel tersebut.

Lalu apakah kita benar-benar bisa menambah multitouch pada ponsel? Adakah caranya yang efektif? Jawabannya adalah kita tidak bisa menambah multitouch pada smartphone yang kita gunakan. Artinya tidak ada cara atau tips yang bisa kita lakukan untuk menambah multitouch.

Tidak adanya cara menambah multitouch HP mungkin membuat Anda merasa kecewa. Sebab Anda tidak bisa menambahnya demi meningkatkan pengalaman selama menggunakan ponsel. Anda pun harus membeli ponsel baru yang mendukung multitouch lebih banyak lagi.

Cara Mengecek Multitouch pada HP

Meskipun tidak bisa menambah multitouch pada HP, Anda masih bisa mengecek nilainya. Dengan begitu maka Anda bisa mengetahui berapa jumlah multitouch pada suatu ponsel. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengecek multitouch ponsel Android yang bisa Anda lakukan:

  • Unduh dan pasang aplikasi Multitouch Tester terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi tersebut terpasang, maka bukalah aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya Anda tinggal menyentuh layar ponsel dengan beberapa jari secara sekaligus.
  • Anda bisa menyentuh layar dengan 5 bahkan 10 jari sekaligus.
  • Nantinya akan muncul lingkaran berbagai warna pada sentuhan jari yang terdeteksi.
  • Kemudian aplikasi akan menunjukkan berapa jumlah multitouch pada layar ponsel Anda.

Sayangnya tidak ada cara menambah multitouch HP tersebut.

Fungsi Multitouch HP

Setelah membahas cara mengecek multitouch, Anda mungkin masih belum paham mengenai fungsinya. Multitouch sangat penting untuk berbagai kebutuhan selama mengoperasikan ponsel. Misalnya ketika memainkan game online seperti Mobile Legends, Free Fire dan lainnya.

Dengan multitouch maka kita bisa memainkan game tersebut dengan dua jari sekaligus. Sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam bermain game dan akhirnya bisa memenangkan permainan. Selain itu multitouch juga berperan untuk memperbesar atau memperkecil suatu gambar.

Kita hanya perlu menempelkan dua jari di layar dan melakukan gerakan mencubit layar ponsel. Dengan begitu maka kita bisa memperbesar suatu gambar atau foto di galeri. Selain itu kita juga bisa memanfaatkannya untuk memperbesar maps selama menempuh perjalanan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menambah multitouch HP beserta cara mengecek dan fungsinya. Ternyata kita memang tidak bisa menambah multitouch pada HP dengan metode apapun.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas