Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 7 Tips Menggunakan VPN untuk Mendapatkan Manfaat Secara Maksimal, Terapkan Sekarang Juga!

345
×

Inilah 7 Tips Menggunakan VPN untuk Mendapatkan Manfaat Secara Maksimal, Terapkan Sekarang Juga!

Sebarkan artikel ini
menggunakan vpn

Tips Menggunakan VPN untuk Mendapatkan ManfaatVirtual Private Networks (VPN) adalah alat yang efektif untuk melindungi privasi saat kamu sedang berseluncur di dunia maya. Namun, sebenarnya bukan hanya itu kemampuannya.

Baca juga: Jarang Diketahui! Inilah 7 Daftar VPN Gratis Terbaik untuk iPhone

Tips dalam Menggunakan VPN untuk Memaksimalkan Manfaat

Dari streaming konten yang tidak tersedia di suatu negara, mendapatkan pekerjaan online di luar negeri, dan masih banyak lagi. Kali ini, kamu akan diberi tips dalam menggunakan VPN untuk memaksimalkan manfaatnya.

1. Gunakan VPN saat sedang terhubung ke Wi-Fi publik

Siapa yang tidak suka menggunakan Wi-Fi publik yang memiliki koneksi cepat dan gratis? Sayangnya, Wi-Fi publik biasanya tidak memberikan perlindungan apa pun, sehingga menjadikannya target yang menarik bagi penjahat dunia maya.

Misalnya, mereka dapat menggunakan alat khusus untuk menangkap lalu lintas dan mencuri informasi pribadi. Dengan VPN yang melindungi lalu lintas, kamu dapat terhubung dengan aman ke jaringan Wi-Fi publik mana pun.

Karena seluruh koneksi dienkripsi, penjahat tidak akan bisa mendapatkan datamu dan menyalahgunakannya untuk keuntungan pribadi.

2. Ganti server sebelum kamu mematikan VPN

Terkadang, VPN tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seperti, tidak mau memuat laman web, unduhan tiba-tiba terhenti, atau setiap situs yang kamu kunjungi terblokir. Hal ini cukup umum terjadi dan sangat membuat frustrasi. Dalam keadaan seperti ini, kamu mungkin akan mematikan VPN. Boleh saja, tapi alangkah baiknya coba pindah server dulu.

Mematikan dan menghidupkan kembali VPN akan memaksa klien untuk menyambung kembali dan mungkin memilih server lain. Namun, beberapa aplikasi VPN memungkinkanmu memilih server tertentu secara manual untuk digunakan. Jadi, sebelum kamu mematikannya, coba server lain dan lihat apakah itu membantu.

3. VPN dapat mengakali sensor

Terkadang, sensor yang ada pada film atau konten membuatnya kurang menarik atau sulit dipahami. Nah, VPN dapat membantu dalam situasi ini. Dengan melakukan tunneling dari negara yang membatasi ke server VPN di negara yang tidak terlalu membatasi, kamu dapat menghilangkan sensor lokal. Ditambah, kamu masih mendapatkan sedikit perlindungan dari pengawasan domestik.

4. Atur VPN pada router

Ini adalah strategi menghemat biaya jika kamu menggunakan VPN berbayar. Daripada memasang VPN di setiap perangkat, pasanglah di router.

Dengan cara ini, setiap perangkat lain yang terhubung ke router akan turut diamankan. Pendekatan ini lebih penting untuk penggunaan kantor, memastikan semua file dan komunikasi bisnis dilindungi dan dienkripsi dari peretas dan penipu internet.

5. Gunakan VPN ekstensi browser

Ekstensi VPN adalah alternatif untuk memasang VPN di perangkat. Misalnya, ekstensi Chrome VPN bekerja secara efektif untuk melindungi data dan menawarkan aktivitas privasi keseluruhan saat kamu menggunakan browser Chrome.

Misalkan, sebagian besar aktivitas internet berkisar pada penggunaan browser. Dalam hal ini, pertimbangkan ekstensi VPN browser yang biasa kamu gunakan untuk mengakses internet.

6. Pasangkan dengan antivirus

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang VPN adalah mampu melindungi perangkat dari program jahat. Meskipun VPN akan mengenkripsi lalu lintas jaringan, mencegah orang lain melihat datamu, sebagian besar VPN tidak memperingatkan saat kamu mengunjungi situs berbahaya.

Jika VPN tidak menyediakan pemfilteran web tingkat lanjut untuk situs-situs berisiko, artinya kamu tidak mendapatkan pertahanan terhadap ancaman dunia maya, seperti malware dan phishing.

Di sisi lain, meskipun antivirus secara aktif memantau virus dan malware dalam file dan aplikasi, perangkat lunak tersebut tidak mengenkripsi data atau mencegahnya untuk dipantau.

Alternatifnya, kamu perlu menggabungkan layanan VPN dan antivirus untuk memberikan keamanan tambahan, baik dalam hal privasi maupun malware.

7. Unduh dan unggah file dengan aman

Berbagi file P2P memiliki banyak manfaat, tetapi banyak ISP tidak menyukai praktik ini. Hal ini mengakibatkan kecepatan koneksi lebih lambat, pembatasan bandwidth, atau akses terbatas situs web berbagi file lainnya. Berbagi file P2P juga membuat alamat IP kamu dapat dilihat oleh orang lain, sehingga menimbulkan risiko keamanan yang serius.

Jika kamu ingin menikmati aktivitas P2P dengan aman dan tanpa ISP, VPN adalah alternatif terbaik yang layak dicoba. Ini akan menyembunyikan alamat IP dan mengenkripsi lalu lintas internet sehingga tidak ada yang bisa mencegat atau melihatnya.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memaksimalkan pengalaman VPN dan tetap aman di perangkat apa pun.