Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Undur-Undur, Mengobati Diabetes Hingga Stroke

2984
×

Inilah 5 Manfaat Undur-Undur, Mengobati Diabetes Hingga Stroke

Sebarkan artikel ini
Manfaat Undur-Undur

Manfaat Undur-Undur Mengobati Diabetes – Manfaat undur-undur baik untuk kesehatan tubuh. Undur-undur memiliki segudang manfaat, terutama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes hingga stroke.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Semangka, Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Detoksifikasi

Manfaat Undur-Undur dengan Segudang Khasiat

Undur-undur memiliki kandungan zat sulfonylurea. Zat tersebut berfungsi untuk membantu pankreas dalam memproduksi insulin.

Sehingga, mampu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Ketika tubuh memproduksi insulin dengan baik, maka gula darah yang terdapat dalam tubuh akan terkontrol.

Karena khasiatnya inilah, undur-undur dipercaya sebagai salah satu bahan obat yang efektif untuk penderita diabetes. Salah satu negara yang sudah menggunakan undur-undur untuk menyembuhkan diabetes adalah Tiongkok.

Selain itu, undur-undur juga dapat mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah. Undur-undur berperan penting untuk mencegah desakan darah yang hebat.

Hal inilah yang kemudian menjadikan undur-undur sebagai obat untuk mengatasi stroke. Penggunaan undur-undur sebagai bahan pengobatan, mampu memberikan perlindungan dan menjaga kesehatan syaraf.

Seperti yang kita tahu, stroke merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Salah satu penyebabnya adalah tingginya tekanan darah yang membuat pecahnya pembuluh darah.

Selain dua manfaat undur-undur tersebut, ada pula manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

1. Mampu Mengobati Asma

Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan gangguan saluran pernapasan. Meskipun asma tergolong sebagai penyakit yang tidak bisa kita sembuhkan, akan tetapi frekuensi kambuhnya bisa diatasi.

Undur-undur dipercaya dapat mengurangi kambuhnya penyakit asma. Hal ini karena bisa memperbaiki pembengkakan yang terjadi pada paru-paru.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat undur-undur lainnya yakni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Kolesterol umumnya berasal dari sumber makanan berlemak.

Selain itu, juga hasil dari produksi hati. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh memiliki jumlah yang tinggi, maka dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Salah satu cara untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yakni dengan memanfaatkan undur-undur. Undur-undur dapat membantu kerja produksi zat lipid yang terdapat dalam hati.

Dengan begitu, mampu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Melalui obat herbal ini, kita semakin mudah dalam mengatasi kolesterol.

3. Manfaat Undur-Undur Mengobati Rematik dan Asam Urat

Satu lagi manfaat yang tak kalah penting, yakni dapat mengobati rematik dan asam urat. Undur-undur, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Berkat kandungannya inilah, undur-undur berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat. Selain itu, undur-undur juga dapat meminimalisir terjadinya serangan penyakit rematik.

Tak hanya menyembuhkan rematik maupun asam urat, tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, rematik dan asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena peradangan dan sistem tubuh yang melemah.

Untuk itulah, menggunakan undur-undur sebagai pengobatan, dapat menjadi salah satu alternatif yang mudah.

4. Dapat Mencegah Degenerasi Makula

Siapa sangka, dengan mengonsumsi undur-undur dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Hal ini semakin membuktikan manfaat undur-undur sebagai salah satu bahan obat alternatif yang efektif.

Undur-undur kaya akan omega-3 yang baik untuk mencegah terjadinya kebutaan. Degenerasi makula sendiri adalah salah satu gangguan pada mata yang dapat menjadi penyebab kebutaan.

Biasanya, jenis penyakit ini rentan dialami oleh lanjut usia. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan usia muda terbebas dari penyakit tersebut.

5. Menyembuhkan Sakit Kuning

Undur-undur dapat mencegah sel darah merah terurai. Sehingga, mampu mengobati penyakit kuning. Penyakit kuning terjadi ketika penumpukan zat kuning dalam tubuh.

Cara Mengonsumsi Undur-Undur

Untuk mendapatkan manfaat undur-undur, ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengonsumsinya. Pertama, kita bisa langsung menelan undur-undur tersebut dua kali dalam sehari.

Jumlah undur-undur yang dianjurkan tiga sampai lima ekor. Cara lainnya, yakni dengan dimasukkan ke dalam kapsul. Minum kapsul undur-undur sehari dua kali setiap pagi dan sore.

Harga Undur-Undur Per Kg

Di balik manfaatnya yang besar, undur-undur memiliki harga yang cukup fantastis. Satu kg undur-undur bisa mencapai Rp14 juta.

Demikianlah manfaat undur-undur yang penting untuk kita ketahui. Bila masih ragu mengonsumsi dan menggunakan undur-undur sebagai obat, bisa mengkonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Sehingga, konsumsi undur-undur semakin aman dan efektif untuk penyembuhan.