Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Buah Semangka, Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Detoksifikasi

504
×

7 Manfaat Buah Semangka, Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Detoksifikasi

Sebarkan artikel ini
semangka

Manfaat Buah Semangka – Buah semangka memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semangka memiliki kandungan nutrisi seperti air, karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Manfaat Buah Semangka yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Semangka memiliki beberapa jenis, seperti semangka dengan daging berwarna merah, kuning, tanpa biji, hingga berbiji. Buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini, bisa kita konsumsi secara langsung atau dibuat jus. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat semangka yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Naga untuk Diet, Bantu Jaga Usus dan Lawan Penyakit Kronis

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu manfaat buah semangka, yakni dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Semangka memiliki kandungan air dalam jumlah yang tinggi, yakni 92 persen.

Dengan mengonsumsi semangka, dapat mencegah dehidrasi hingga menurunkan suhu tubuh. Selain itu, juga membantu merangsang pelepasan cairan yang berlebihan dalam bentuk keringat.

Masyarakat yang tinggal di daerah tropis umumnya gemar mengonsumsi semangka. Hal ini karena rasa buah semangka yang manis dan juga menyegarkan.

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Semangka memiliki kandungan senyawa yang kita kenal dengan sebutan citrulline. Senyawa ini memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

Oksida nitrat sendiri berfungsi untuk membantu meregangkan pembuluh darah. Sehingga, aliran darah menjadi meningkatkan. Itu artinya, tekanan darah tinggi menjadi menurun.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah semangka lainnya, yakni menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena berbagai macam kandungan semangka yang sangat penting, seperti magnesium, zat besi, dan kalsium.

Selain meningkatkan kesehatan tulang, kandungan-kandungannya tersebut, juga bisa mencegah pengeroposan tulang.

Mengonsumsi semangka secara rutin, menjadi salah satu upaya untuk memperkuat tulang. Pasalnya, buah dengan kulit berwarna hijau ini, tinggi mineral.

Semangka tidak hanya menjadi makanan yang baik untuk para atlet. Para orang lanjut usia pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan luteinnya, semangka dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya itu, semangka juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas penyebab degenerasi makula.

Berkat kandungan airnya, buah ini dapat menghidrasi mata, sehingga kelembapannya selalu terjaga. Untuk memaksimalkan manfaatnya ini, kita juga bisa mengonsumsi jenis buah lainnya.

5. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Semangka dipercaya dapat membersihkan organ seperti ginjal dari racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Hal ini karena kandungan kaliumnya yang tinggi, sehingga mampu melepaskan endapan racun dari dalam ginjal.

Dengan manfaatnya inilah, semangka dapat mengurangi risiko batu ginjal. Selain kalsium, ada pula kandungan lainnya seperti senyawa antioksidan yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Meskipun memiliki kandungan kalium yang tinggi, tetap harus hati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab, jika terlalu banyak tidak baik untuk penderita sakit ginjal.

6. Sangat Baik untuk Detoksifikasi

Manfaat buah semangka yang tak kalah penting, yakni baik untuk detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan kemampuan untuk membersihkan sekaligus menangkal racun pada tubuh.

Manfaat ini bisa kita rasakan karena kandungan sitrulin dalam semangka. Selain itu, semangka adalah jenis buah yang rendah lemak.

Memiliki kandungan zat likopen yang bersifat antioksidan. Dimana, terbukti sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Zat likopen juga mudah diserap oleh tubuh, sehingga membantu menangkal berbagai macam penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan rutin mengonsumsi buah semangka, kulit menjadi lebih sehat. Khasiatnya yang luar biasa ini karena kandungan vitamin A dan vitamin C dalam semangka.

Selain itu, semangka juga dapat melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari. Semangka dapat menghidrasi kulit karena mengandung air dalam kadar yang tinggi.

Kandungan nutrisi lainnya seperti asam amino yang berfungsi untuk memproduksi kolagen pada kulit. Bahkan, buah ini memiliki kandungan senyawa antiinflamasi yang berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit.

Peradangan merupakan salah satu masalah kulit yang tidak boleh kita pandang sebelah mata. Pasalnya, peradangan dapat membuat kulit terlihat kemerahan dan bengkak. Dengan mengonsumsi semangka, kulit menjadi lebih tenang dan tampak semakin sehat.

Manfaat buah semangka akan semakin maksimal jika kita combo dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Sembari mengonsumsi buah semangka, jangan lupa makan aneka sayuran, rajin berolahraga, hingga memiliki waktu tidur yang cukup.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas