Scroll untuk baca artikel
Bangka Selatan

Buka Musda MUI, Ini Harapan Wabup Bangka Selatan

108
×

Buka Musda MUI, Ini Harapan Wabup Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240121 WA0004

INTRIK.ID, BANGKA SELATAN – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) IV tahun 2024, Sabtu (20/1/2024).

Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan dihadiri Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi sekaligus membuka Musda.

Dalam sambutanya, Debby menyampaikan bahwa MUI adalah rumah besar umat Islam yang di harapkan dapat menyelesaikan permasalah umat sekaligus berperan sebagai penyejuk umat sehingga kehidupan umat beragama kondusif, aman dan damai.

“Semoga pemerintah beserta para ulama dapat maju seiring sejalan dalam menciptakan rasa nyaman, serta keamanan, ketertiban dan kondusifitas di masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatan Musda IV MUI Kabupaten Bangka Selatan tahun 2024 ini Debby menyampaikan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berharap dapat terpilih ketua dan pengurus MUI yang terbaik dari yang paling baik.

“Kami berharap pemilihan ini bisa dilaksanakan dengan demokrasi, musyawarah dan mufakat. Kami percaya para sesepuh ini dapat memberikan contoh bagi kami dalam memilih, sehingga dapat memilih yang terbaik dari yang paling baik,” imbuhnya.

Ia juga meminta pengurus yang terpilih nantinya untuk dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“Tentu kami berharap pengurus yang baru nanti dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” sambungnya.

Dengan terselenggaranya Musda IV MUI Kabupaten Bangka Selatan Wabup Debby menyampaikan 4 poin kepada MUI. Pertama, sebagai wadah musyawarah para cendekiawan muslim untuk membahas dan memutuskan berbagai agenda MUI untuk umat dan bangsa dengan inti umat rukun Indonesia maju.

Kedua, wadah ini bisa digunakan sebagai forum konsolidasi dalam memperkuat peran dan sumbangsih MUI dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan serta kebangsaan. Ketiga, menjadi forum penyerapan aspirasi umat Islam dan respon ulama mengenai masalah-masalah yang ada.

Keempat, menjadi forum silaturahmi antara komponen umat dalam rangka meningkatkan partisipasi umat.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Musda IV MUI Kabupaten Bangka Selatan, unsur Forkompinda Bangka Selatan dan seluruh Ketua organisasi keagamaan di Bangka Selatan.( Abi )