Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 3 Cara Cek HP Waterproof, Tidak Perlu Dimasukkan ke dalam Air

482
×

Begini 3 Cara Cek HP Waterproof, Tidak Perlu Dimasukkan ke dalam Air

Sebarkan artikel ini
HP Waterproof

Cara Cek HP Waterproof – Cara cek HP waterproof bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan tidak harus memasukkan HP ke dalam air untuk mengetahui apakah ponsel tersebut tahan air atau tidak. Tutorial HP berikut ini bisa Anda coba.

Pasalnya, cara yang mudah bisa Anda lakukan untuk mengetahui ponsel Anda waterproof atau tidak. Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk mengecek daya tahan ponsel terhadap air.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet, Jangan Sembarangan

Cara Cek HP Waterproof Tanpa Memasukkannya ke dalam Air  

Saat ini sudah banyak ponsel yang hadir dengan fitur tahan air atau waterproof. Fitur tahan air tersebut sudah tersemat pada HP kelas mid range ke atas.

Bahkan fitur waterproof telah menjadi trend dan pilihan banyak orang. Umumnya pada ponsel tahan air ini sudah tersemat sertifikasi IP67 atau IP68. Sertifikasi IP67 menandakan bahwa HP bisa bertahan dalam air bahkan mampu menyelam pada kedalaman 1 meter.

HP tersebut bisa tahan menyelam air selama 30 menit. Sedangkan sertifikasi IP68 menandakan bahwa HP bisa bertahan ketika menyelam pada kedalaman 1,5 sampai 2 meter selama 30 menit.

Hal ini tentu akan membuat HP tetap Anda aman apabila tercebur ke dalam air. Ingress Protection atau IP menjadi kekuatan sebuah produk atau alat elektronik dari intervensi partikel lainnya.

Apabila HP memiliki sertifikasi IP68 angka 6 melambangkan tingkat dalam memproteksi debu. Sedangkan angka 8 merupakan lambang tingkat untuk proteksi dari air. Dengan sertifikasi ini, pengguna dapat merasa lebih percaya diri menggunakan ponsel di lingkungan yang lebih berisiko terhadap air atau debu tanpa khawatir merusak perangkatnya.

Apabila Anda ingin mengetahui HP tahan air atau tidak, maka bisa melakukan pengujian. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengujian HP waterproof:

Menggunakan Aplikasi Water Resistance Tester

Cara cek HP waterproof yang pertama yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Water Resistance Tester. Aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengujian terhadap ponsel tentang ketahanan air.

Berikut merupakan cara cek HP tahan air tanpa harus memasukkannya ke dalam air:

  1. Langkah pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Water Resistance Tester dari Google Play Store.
  2. Supaya aplikasi berfungsi dengan baik maka harus tersedia barometer di HP. Umumnya HP model kelas atas memiliki barometer untuk pemeriksaan HP terhadap ketahanan air.
  3. Setelah aplikasi berhasil terinstal, maka Anda bisa membukanya dan tekan dua titik tekanan yang tampil.
  4. Aplikasi Water Resistance Tester nantinya akan membandingkan tekanan standar deviasi. Apabila segel perangkat Anda masih utuh maka akan mendapatkan hasil positif.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda pernah membongkar ponsel maka kemungkinan akan mendapatkan hasil negatif.

Cek HP Tahan Air Melalui Nomor Model

Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap ketahanan air pada ponsel melalui nomor model. Pada nomor model tersebut nantinya Anda bisa mengetahui jenis dan juga peringkat IP yang terdapat pada ponsel.

Berikut ini merupakan cara cek HP waterproof melalui nomor model:

  1. Langkah pertama Anda download dan instal aplikasi CPU-Z terlebih dahulu.
  2. Apabila aplikasi CPU-Z berhasil terinstall Anda bisa langsung membukanya.
  3. Selanjutnya pilih tab perangkat lalu temukan nomor model perangkat Anda di samping judul model.
  4. Apabila nama dan nomor model sudah Anda temukan maka Anda juga bisa mengetahui sertifikasi waterproof pada HP. Selain itu, Anda juga bisa cek nomor model tersebut pada mesin pencari untuk menemukan nama model.

Menggunakan Aplikasi Waterproof Test

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Waterproof Test untuk melakukan pengecekan terhadap ketahanan air pada HP. Tetapi, Anda harus memastikan bahwa HP memiliki fitur pressure sensor terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan dengan tekan mendial *#*#7378423#*#*. Selanjutnya pilih menu servis tes dan cari menu pressure sensor apabila ponsel Anda memilikinya. Setelah itu Anda bisa melakukan langkah seperti berikut ini:

  1. Download dan install aplikasi Waterproof Test terlebih dahulu.
  2. Setelah aplikasi Waterproof Test berhasil terinstal maka Anda bisa membukanya lalu tekan dan tahan lingkaran “Press here”. Apabila menunjukkan warna hijau, berarti HP Anda masih memiliki fitur tahan air. Tetapi, apabila menghasilkan warna merah maka HP Anda tidak memiliki fitur tahan air lagi.

Nah, itu tadi beberapa cara cek HP waterproof yang bisa Anda lakukan. Ketika melakukan pengecekan waterproof terhadap ponsel maka tidak harus memasukkannya ke air. Anda bisa memanfaatkan aplikasi dan juga menu pengaturan untuk melakukan pengecekan tersebut. Hal ini akan membuat ponsel tetap aman dan Anda tetap bisa mengetahui informasi yang dibutuhkan.