Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet, Jangan Sembarangan

3453
×

5 Tips Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet, Jangan Sembarangan

Sebarkan artikel ini
Baterai HP

Tips Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Rusak – HP tentunya menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Bahkan, fungsi HP saat ini sudah sangat beragam, mulai untuk pekerjaan, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Tidak heran jika sulit sekali rasanya apabila memisahkan antara penggunaan HP dengan keseharian yang dilakukan setiap orangnya.

Baca juga: Begini 3 Cara Kompres Foto di Laptop dan HP, Dengan Gampang dan Gratis

Tips Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Rusak

Untuk menunjang fungsi maksimal yang dimiliki HP, kamu perlu memperhatikan baterai agar terus berada dalam kondisi prima untuk digunakan. Sayangnya, mungkin tidak semua orang memahami bagaimana caranya merawat baterai HP dengan baik. Oleh sebab itu, perhatikanlah beberapa tips berikut untuk menjaga baterai HP agar tidak cepat rusak, yuk!

1. Mengisi ulang HP sebelum 20 persen

Hampir semua orang mungkin akan mulai melakukan pengisian daya pada saat HP sudah benar-benar hampir habis. Namun, ternyata ada pula yang justru tidak menunggu baterai HP habis terlebih dahulu sehingga langsung diisi dayanya begitu saja.

Sebetulnya, hal ini kembali lagi pada kebiasaan masing-masing. Yang tidak disarankan adalah menunggu HP milikmu sampai benar-benar baterai habis baru mengisi daya.

Jangan coba-coba mengisi daya di bawah 20 persen, apalagi sampai membiarkannya mati karena hal ini ternyata bisa menyebabkan kerusakan. Jika HP dibiarkan mati karena kehabisan baterai, nantinya HP mengeluarkan tenaga yang lebih ekstra lagi dalam mengisinya sehingga berpotensi overheating.

Panas yang dihasilkan sudah tentu menjadi masalah untuk baterai Lithium-ion yang kini umum digunakan di berbagai merek smartphone.

2. Menggunakan charger asli

Pada saat mengisi daya HP, disarankan kamu menggunakan charger asli, khususnya charger yang menjadi bawaan HP saat baru dibeli. Meski sudah dianjurkan untuk menggunakan charger original, tetap saja ada banyak orang yang nekat menggunakan charger palsu.

Tanpa disadari, sebetulnya kerusakan pada HP akibat penggunaan charger palsu ini juga bisa menyebabkan dampak yang sangat serius.

Nekat menggunakan charger KW untuk HP bisa membuat baterai HP menjadi rentan sekali mengalami masalah. Hal tersebut disebabkan charger palsu menyebabkan kondisi overheating, khususnya pada bagian kepala charger.

Selain itu, charger palsu juga tak dilengkapi dengan adanya fitur anti kelebihan beban voltase sehingga berpotensi menyebabkan ledakan jika kamu mengisi daya HP melebihi durasi.

3. Jangan memainkan HP saat diisi daya

Salah satu kebiasaan yang sering kali dilakukan oleh banyak orang pada saat mengisi daya adalah dengan memainkan HP. Padahal, sebetulnya imbauan untuk tidak memainkan HP ketika sedang isi daya sudah banyak tersebar.

Namun, masih banyak orang yang tidak bisa sabar untuk menunggu hingga baterai HP miliknya benar-benar penuh. Kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah pada baterai HP sehingga kamu perlu berhati-hati dengan hal tersebut.

Kerusakan yang diakibatkan saat memainkan HP ketika isi daya ternyata bukan hanya terjadi pada kondisi baterainya saja. Jika kamu memainkan HP maka kabel charge akan mengalami banyak putaran sehingga membuat kabel dan port USB menjadi lebih mudah rusak. Bukan hanya akan menghambat pengisian daya, kebiasaan tersebut juga bisa membuat kondisi charger jadi mudah rusak.

4. Hindari berada di suhu ekstrem

Untuk kamu yang mungkin aktif beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya perhatikanlah di mana kamu menyimpan HP. Hal ini karena temperatur dari cuaca ternyata bisa menyebabkan masalah pada HP jika kamu menyimpannya sembarangan, apalagi jika langsung terkena sinar Matahari secara langsung.

Bukan tidak mungkin jika sinar Matahari ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada HP milikmu. Kamu perlu tahu bahwa terik Matahari mengandung komponen ultraviolet yang bisa menyebabkan kerusakan layar pada HP yang bisa merusak bagian lapisan pelindung layar.

Selain itu, panas dari Matahari juga bisa menyebabkan risiko overheating pada HP jika terkena sinarnya secara langsung dalam kurun waktu lama. Risiko yang paling parah ternyata bisa sampai menyebabkan ledakan apabila kondisinya memang sudah benar-benar panas.

5. Jangan mengisi daya hingga 100 persen

Pada saat kamu mengisi daya HP, mungkin kamu akan membiarkannya hingga mencapai 100 persen baru kamu cabut. Umumnya kebiasaan ini sering orang lakukan pada malam hari ketika membiarkan pengisian daya HP untuk dicabut keesokan harinya.

Padahal, tanpa disadari kebiasaan ini bisa merusak baterai HP secara perlahan hingga rentan mengalami masalah. Tegangan listrik yang terdapat pada baterai ternyata bisa secara bertahap meningkat hingga dayanya pun penuh menjadi 100 persen.

Namun, tegangan listrik yang terlalu tinggi bisa membebani kinerja dari baterai sehingga mempercepat penurunan kondisi baterai dalam menyimpan daya. Inilah yang membuat baterai HP jadi mudah bocor apabila kamu kebiasaan mengisi daya hingga 100 persen.

Mengisi daya HP ternyata perlu dilakukan dengan cermat. Hal ini penting agar nantinya daya HP milikmu tidak sampai mudah rusak dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Perhatikan dengan seksama pada saat mengisi daya HP, ya!