Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Ketika Digunakan, Begini Solusinya

6186
×

5 Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Ketika Digunakan, Begini Solusinya

Sebarkan artikel ini
hp tiba-tiba mati

Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Sendiri – Tidak sedikit orang yang bertanya mengenai kenapa HP tiba-tiba mati sendiri saat digunakan. Hal tersebut tentu mengganggu pengguna. Terlebih lagi ketika digunakan untuk aktivitas penting.

Seperti melakukan panggilan, meeting online, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja penyebab HP mati sendiri ini dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya kali ini!

Baca juga: Rekomendasi 3 HP Xiaomi Tahan Air, Fitur Canggih dengan Spesifikasi Unggil Harga Terjangkau

Penyebab HP Mati Sendiri

HP mati sendiri bisa disebabkan berbagai faktor. Baik karena faktor internal pada sistem hingga kelalaian pengguna. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. HP Mengalami Kerusakan

Penyebab yang paling sering adalah karena terdapat kerusakan pada HP. Misalnya saja HP yang memiliki kerusakan layar bergaris, retak, dan lainnya. Ini akan menyebabkan menurunnya performa. Mulai dari baterai cepat habis, aplikasi yang crash. Dampaknya, HP pun akan mati tiba-tiba karena sistemnya bermasalah apabila dibiarkan dalam waktu lama.

2. Kerusakan pada Baterai

Selanjutnya yakni terjadi kerusakan atau masalah baterai. Biasanya, baterai yang rusak performanya akan menurun dan membuatnya cepat habis. Bahkan saat diisi sampai di kisaran 90% baterai habis dalam waktu kurang dari satu hari. Di samping itu, membuat pengisian daya lebih lambat. Tak jarang terkadang membuat HP bisa mati dengan sendirinya.

3. Kenapa HP Tiba Tiba Mati Cache Menumpuk

Aplikasi yang terdapat di HP memiliki sampah-sampah dari penggunaan. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, maka cache juga akan meningkat. Apalagi jika cache ini jarang dibersihkan, maka semakin hari pun akan semakin menumpuk. Sehingga, ini berdampak pada pengoperasian di HP. Seperti HP mati mendadak dan menjadi lebih lambat dari biasanya.

4. Terdapat Bug di Firmware

Selain cache, masalah yang bisa membuat HP menjadi lambat hingga mati sendiri adalah adanya bug pada firmware. Ini dikarenakan sistem operasi tidak pernah diperbarui. Jadi, ketika HP terlalu banyak aplikasi performa tidak optimal dan terjadi crash aplikasi. Inilah yang membuat baterai HP juga cepat habis dan menurun. Akhirnya, smartphone Anda dapat mati dengan sendirinya.

5. HP Terlalu Panas

Terakhir, penyebab HP mati sendiri karena mengalami overheat atau CPU di perangkat terlalu panas. Perlu diketahui, CPU merupakan ‘otak’ dari HP dan apabila dipaksa terlalu bekerja dengan berat akan membuatnya cepat panas. Kemudian, dampaknya adalah HP bisa mati sendiri.  Ini dikarenakan aplikasi di latar belakang layar berjalan secara terus menerus.

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati

Untuk mengatasi kenapa HP tiba-tiba mati Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa langkah dan cara mudah yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya yang perlu diketahui:

1. Lakukan Restart di HP

Sebagai langkah awal, cobalah untuk melakukan restart atau menghidupkan kembali HP. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan performa lebih optimal. Sebab, semua sampah di dalam sistem operasi akan terhapus. Anda dapat menekan tombol restart atau mematikannya selama beberapa saat, kemudian nyalakan kembali HP tersebut. Lakukan tes apakah HP sudah tidak mati sendiri atau belum.

2. Reset HP

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab HP mati sendiri dikarenakan permasalahan internal. Cara kedua di sini Anda dapat melakukan reset HP. Beda dengan restart, untuk reset ini bisa menghapus semua data di HP. Mulai dari kontak, vide, foto, aplikasi, file dan lainnya. Sehingga, HP akan kembali ke kondisi pabrikan atau ‘kosongan’. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan backup penyimpanan agar data penting tidak hilang.

3. Perbarui Sistem Operasi

Cara ketiga cobalah untuk memperbarui sistem operasi. Biasanya, pihak pabrikan selalu mengeluarkan sistem terbaru. Walaupun berbeda-beda, cara untuk memperbarui sistem ini hampir sama di setiap HP yakni dengan masuk ke menu “Pengaturan/Settings” >> klik “Tentang Telepon” lalu pilih update atau pembaruan. Tunggulah beberapa saat sampai HP Anda melakukan setting pembaruan.

4. Hapus Aplikasi yang Tak Penting

Cache yang menumpuk dan bug disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang ada di HP. Sehingga, sistem kesulitan membacanya karena kapasitas memori semakin meningkat. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menghapus aplikasi yang tidak penting pada HP. Dengan begitu akan memberikan sedikit ruang pada smartphone. Ini juga  akan membuat performa smartphone menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Bawa ke Service Center

Langkah terakhir apabila cara-cara di atas tidak bisa dilakukan adalah dengan membawa HP ke service center. Sampaikan apa yang menjadi masalah dan kendala pada HP Anda ke customer service. Nantinya, CS akan menyarankan langkah selanjutnya untuk mengatasi HP tersebut. Keunggulan melakukan servis resmi ini adalah lebih aman dan lengkap. Apalagi jika garansi masih aktif.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas