Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Fitur Sistem Keamanan Kabin Mobil, Membuat Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

281
×

5 Fitur Sistem Keamanan Kabin Mobil, Membuat Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Sebarkan artikel ini
kabin mobil

Fitur Sistem Keamana Kabin Mobil РSistem keamanan kabin mobil harus Anda perhatikan dengan baik. Kabin yang ada di mobil memang memiliki sistem keamanan tersendiri. Dengan adanya sektor tersebut, maka kabin mobil bisa terasa lebih aman dan nyaman.

Sistem Keamanan Kabin Mobil yang Menguntungkan

Untuk membantu pengendara dalam mengemudikan mobil, vendor telah menyematkan berbagai teknologi canggih dalam menunjang kualitas spesifikasinya. Adapun salah satu teknologi mutakhir tersebut ialah keberadaan sistem keamanan.

Di dalam kabin mobil ada berbagai sektor keamanan sehingga berkendara jadi terasa lebih aman dan tenang. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Inilah 2 Cara Mudah Membuka Bagasi Mobil, Tempat Simpan Barang Bawaan Jadi Aman

Airbag

Salah satu sistem keamanan yang bisa Anda temukan pada kabin mobil yaitu Airbag. Sistem yang satu ini sengaja hadir untuk mencegah sekaligus mengurangi cedera ketika terjadi benturan ataupun getaran keras sampai ke kabin.

Misalnya saja benturan keras karena kecelakaan atau tabrakan. Pada umumnya, Airbag ini bisa mengembang.

Dengan begitu, pengemudi maupun penumpang tak akan mengalami cedera serius. Kepala, dada, maupun lehernya aman.

Saat kepala pengemudi maupun pengendara sudah mengenai Airbag pun, kantung udaranya bisa mengempis secara perlahan. Setelah itu, pengemudi maupun penumpang bisa keluar dari mobil dengan selamat.

3 Points Seat Belt

Sistem keamanan lainnya yang ada di kabin mobil yaitu 3 Points Seat Belt. Pada dasarnya, 3 Points Seat Belt termasuk fitur keamanan terbaru.

Sistem ini bisa melindungi semua penumpang secara optimal. Dengan memanfaatkan 3 Points Seat Belt, maka penumpang bisa terhindar dari cedera serius saat kecelakaan.

Bukan hanya itu saja, 3 Points Seat Belt juga mampu mencegah penumpang maupun pengemudi agar tak terjatuh ke bagian dalam mobil. Sistem ini bisa terlihat secara jelas di kursi tengah penumpang.

Anti-Lock Braking System

Kabin mobil juga telah berbekal Anti-Lock Braking System. Pada umumnya, fitur ini berguna untuk melakukan pengereman secara mendadak saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Sebelum memanfaatkan sistem keamanan yang satu ini, maka roda mobil bisa terkunci. Dengan demikian, mobil jadi kesulitan untuk pengemudi kendalikan.

Berbeda saat sudah menggunakan Anti-Lock Braking System, pipa hidrolik akan langsung mengendur maupun mengurangi pengereman saat rodanya terkunci. Hal ini memungkinkan roda mobil tak tergelincir.

Hill Assist Control

Sistem keamanan ini sangat penting di kabin mobil. Pada umumnya, Hill Assist Control berfungsi sebagai penahan mobil saat berada di tanjakan.

Ketika mobil tengah melaju di jalan yang menanjak, maka Anda bisa memanfaatkan Hill Assist Control agar tidak mundur. Mengenai kinerjanya, sistem keamanan ini bisa mendeteksi bagaimana arah putaran roda saat mobil tak kuat menanjak.

Biasanya Hill Assist Control juga membantu pengemudi yang belum memahami arah atau navigasinya. Berkat pemanfaatan Hill Assist Control, maka pengemudi tak lagi bingung kapan harus melakukan pengereman dan gas saat berada di tanjakan.

ISOFIX

Bagi Anda yang ingin menempuh perjalanan dengan mengajak bayi, maka bisa gunakan sistem keamanan ISOFIX. Fitur ini jadi pengait khusus yang tersedia untuk kursi bayi.

Dengan adanya ISOFIX, maka bayi bisa tetap aman di kursi mobil meski ada guncangan keras karena kecelakaan ataupun tabrakan. Hal inilah yang membuat ISOFIX jadi andalan keluarga.

Tips Meningkatkan Keamanan Kabin Mobil

Selain memanfaatkan sistem keamanan yang ada di kabin mobil, Anda juga bisa meningkatkan sisi keselamatan dengan tips di bawah ini.

Cek Air di Kabin Mobil

Jangan sampai kabin mobil Anda kemasukan air karena bisa mengganggu keamanan dan kenyamanannya. Bahkan sopir mobil kemasukan air juga bisa memicu konsleting sehingga sangat berbahaya.

Deteksi Bau Bensin di Kabin Mobil

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan kabin mobil ialah mendeteksi bau bensin di dalamnya. Ketika Anda mencium ada bau bensin di kabin mobil, maka harus segera mengatasinya.

Bisa jadi hal tersebut muncul karena ada kebocoran di bagian bahan bakarnya. Jangan sampai karena Anda menyepelekan masalah ini, justru membuat mobil terbakar.

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu apa saja sistem keamanan kabin mobil. Pastikan Anda memanfaatkan sistem keamanan tersebut sehingga berkendara jadi terasa nyaman dan tenang.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas