Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun Secara Otodidak, Terbukti Ampuh!

1634
×

5 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun Secara Otodidak, Terbukti Ampuh!

Sebarkan artikel ini
kamera hp berembun

Cara Mengatasi Kamera HP Berembun – Kamera HP berembun seringkali menjadi masalah. Setiap pengguna mungkin pernah mengalami kamera HP yang berembun. Namun dengan adanya tutorial HP, pengguna bisa segera mengatasi masalah komponen ponsel tersebut dengan mudah.

Kondisi kamera berembun menjadi masalah yang mengganggu. Sebab, saat pengambilan foto akan terganggu. Hasil potret yang tidak bisa fokus atau justru buram.

Namun tak perlu khawatir, embun pada kamera bersifat tidak permanen. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan banyak cara.

Baca juga: Inilah 3 Cara Memperbaiki Kamera Video Call di Hp, Dijamin Ampuh

Kamera HP Berembun, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Lensa kamera berembun memang biasa terjadi pada setiap smartphone. Namun, masalah pada kamera ini bisa berakibat dengan kurang maksimalnya hasil jepretan foto. Hal tersebut tentu akan terasa menjengkelkan, jika ingin memotret momen penting.

Sementara kamera berembun membuat gambar blur atau tidak jelas. Masalah tersebut bisa terjadi akibat perangkat mungkin terkena air hujan atau kehujanan.

Bahkan jika meletakkannya pada saku celana saat hujan. Kemungkinan lain HP terciprat air atau jatuh dalam bak mandi. Kini, Anda tidak perlu panik jika mengalaminya.

Sebab, terdapat banyak cara menghilangkan embun tersebut. Adapun beberapa langkahnya sebagai berikut.

Gunakan Beras

Untuk mengatasi masalah kamera berembun bisa Anda lakukan menggunakan beras. Silahkan, siapkan wadah yang berisikan beras. Kemudian masukkan HP dalam wadah beras tersebut.

Jika sudah, tutup wadah beras beserta perangkat. Anda bisa menunggunya hingga masalah kamera HP berembun tersebut menghilang.

Langkah ini bisa Anda lakukan selama beberapa jam. Biasanya tergantung dari tingkatan ketebalan embun pada kamera.

Anda juga bisa memasukkan HP dalam tumpukan beras saat ingin tidur. Setelah Anda bangun, lalu bisa segera menggunakan kamera HP kembali.

Gunakan Hair Dryer

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk atasi embun kamera yakni menggunakan hair dryer. Namun perlu berjaga-jaga jika menggunakan hair dryer.

Jika salah memanfaatkannya, justru embun bisa masuk dalam kamera, bahkan sulit dihilangkan.  Berikut ini adalah cara mengatasi kamera berembun yang bisa Anda coba dengan mudah.

Sebelumnya Anda perlu matikan perangkat dan lepas baterai terlebih dahulu. Kemudian aktifkan hair dryer dan pilih temperatur yang sangat rendah agar HP tidak panas.

Perlu Anda ingat, khusus bagian kamera perlu Anda hindari. Sebaiknya mencoba arahkan dari pinggir HP.

Pastikan temperatur HP tidak dalam kondisi panas saat Anda keringkan dengan hair dryer.

Atasi Kamera HP Berembun dengan Silica Gel

Ternyata silica gel juga bisa membantu melenyapkan embun pada perangkat dengan cepat. Langkah yang bisa Anda lakukan hampir sama saat menggunakan beras. Adapun langkah mudah yang bisa Anda ikuti, sebagai berikut.

Siapkan suatu wadah dan taburkan silica gel pada sekitar handphone. Jangan lupa tutup rapat wadah tersebut.

Setelah itu, diamkan silica gel beserta HP tersebut dalam waktu semalaman. Sebelumnya Anda juga perlu melepas baterai jika perangkat menggunakan model battery removable.

Kemudian hanya perlu menunggu hingga embun tersebut menghilang akibat terserap oleh silica gel.

Gunakan Lampu

Untuk menghilangkan embun pada kamera juga bisa Anda lakukan dengan lampu. Anda hanya perlu menguapkan dan melenyapkan embun dengan memanfaatkan udara hangat.

Biasanya udara hangat tersebut juga keluar dari lampu. Langkah mudah untuk Anda lakukan sebagai berikut.

Silahkan matikan HP terlebih dulu sebelum melakukan cara ini. Jika sudah, letakkan smartphone di atas alas yang terlihat datar.

Selanjutnya, arahkan kamera HP ke atas dan bisa posisikan kamera menjadi tengkurap. Setelah itu, sorotkan lampu ke arah kamera HP yang berembun.

Langkah berikutnya hanya perlu tunggu hingga embun menguap serta hilang.

Jemur pada Sinar Matahari

Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu lebih berhati-hati. Sebab, jika terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama perangkat Anda justru akan rusak.

Bahkan kamera Anda menjadi tidak bening. Jika ingin lebih aman, maka bisa menempatkan ponsel pada wadah yang memungkinkan panas matahari tetap masuk, namun bisa melindungi permukaan HP.

Setelah itu, jemur pada bawah terik matahari selama beberapa saat. Pastikan embun tersebut menguap secara sempurna serta kamera jadi bening lagi.

Terdapat banyak cara mengatasi kamera HP berembun untuk Anda coba. Jika masih belum berhasil, maka bisa langsung membawa perangkat Anda ke tempat reparasi.