Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Agar URL Blog Cepat Terindex Google,

447
×

5 Cara Agar URL Blog Cepat Terindex Google,

Sebarkan artikel ini
url blog

Cara Agar URL Blog Cepat Terindex – Blog merupakan sebuah media yang tepat untuk mengekspresikan hasil pemikiran melalui tulisan. Namun, untuk membangun sebuah blog dengan visibilitas tinggi di mesin pencari, tidaklah semudah yang dibayangkan. Itu membutuhkan segenap usaha, perjuangan, waktu, dan konsisten dalam menulis.

Nah, langkah pertama dalam mengembangkan sebuah blog yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa semua URL blog di indeks di mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya. Untuk itulah, saya di sini akan mencoba untuk menuliskan langkah agar URL blog dapat dapat diindeks di mesin pencari Google.

Baca juga: Inilah 5 Tips Jual Beli Blog Adsense yang Bertrafik Tinggi, Dijamin Aman!

Manfaat URL Blog Diindeks Google

Jika kamu bertanya mengapa URL blog harus di indeks Google? Maka tentu saja karena Google adalah mesin pencari terbesar dan terbanyak yang digunakan para pengguna internet untuk menemukan dan mengakses halaman-halaman URL blog.

Google memiliki database yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi dan halaman URL blog yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Proses pengumpulan informasi dan halaman URL blog ini dilakukan dengan cara crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) dalam algoritmanya.

Tujuan dan manfaatnya adalah agar setiap halaman URL blog dapat tampil di hasil pencarian Google. Apabila halaman URL blog dapat tampil, maka pengunjung dapat menemukan halaman itu dengan mudah. Alhasil, trafik blog akan meningkat karena memperoleh banyak kunjungan dari sumber organik terpercaya.

Cara Agar Halaman URL Blog Cepat Diindeks Google

Agar halaman URL blog dapat cepat di indeks Google, pengguna perlu melakukan langkah SEO (Search Engine Optimization). Sebagai permulaan, pengguna perlu melakukan beberapa langkah SEO lebih detail yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Mendaftarkan URL Blog di Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah alat webmaster Google yang diperuntukkan oleh pengguna blog agar mereka dapat mengurusi segala keperluan optimasinya di mesin pencari Google. Alat webmaster dapat digunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur di dalamnya. Yang jelas, fitur-fitur Google Search Console sangat memberi peran dalam meningkatkan visibilitas URL blog di mesin pencari Google.

Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan agar URL blog cepat di indeks Google adalah daftar di Google Search Console dan submit URL blog. Apabila ini sudah dilakukan, Google dapat lebih mudah untuk merayapi dan mengindeks URL blog tersebut. Ini artinya, URL blog memperoleh visibilitas di mesin pencari Google dengan lebih cepat.

Selain Google, sangat disarankan pula untuk mendaftarkan URL blog di mesin pencari Bing. Bing merupakan mesin pencari yang juga banyak digunakan pengguna internet selain Google. Untuk mendapatkan visibilitas blog di Bing, pengguna perlu daftar di Bing Webmaster Tools.

2. Submit Sitemap di Google Search Console

Sitemap merupakan peta situs yang berfungsi untuk menunjukkan jalan bagi mesin pencari agar ia dapat merayapi dan mengindeks setiap URL yang termuat di dalam sitemap itu. Jadi, langkah kedua yang perlu dilakukan agar URL blog cepat diindeks Google adalah menambahkan sitemap di Google Search Console (GSC).

Biasanya, sitemap yang perlu ditambahkan di Google Search Console (GSC) adalah sitemap XML. Ini sangatlah disarankan, meskipun ada sitemap lain yang juga kompetibel dengan Google Search Console (GSC), seperti sitemap HTML. Tanpa submit sitemap, Google akan kesulitan untuk merayapi dan mengindeks setiap halaman URL blog.

Sebagai tambahan lagi, pengguna juga dapat submit sitemap di Bing Webmaster Tools. Ini juga berfungsi agar mesin pencari Bing dapat lebih cepat merayapi dan mengindeks setiap halaman URL blog.

3. Pastikan Blog Visible di Mesin Pencari Google

Pengguna blog juga perlu memastikan bahwa pengaturan di dalam blog sudah diatur agar dapat terlihat di mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya. Secara default, memang pengaturannya sudah disetel visibile.

  • Masuk dashboar Blogger.
  • Klik “Settings”.
  • Pada opsi “Privacy”, centang “Visible to search engines”.

4. Mengirim Request Pengindeksan

Pengguna blog juga perlu untuk mengirimkan request pengindeksan pada setiap artikel yang baru diterbitkan, tujuannya adalah agar URL itu dapat diindeks Google lebih cepat. Memang Google akan mengindeks semua URL blog yang telah dirayapi, namun terkadang membutuhkan waktu lama (atau bahkan tidak diindeks) apabila penggunanya tidak mengirimkan Request Pengindeksan.

  • Buka akun Google Search Console
  • Pilih menu “URL Inspection”
  • Masukkan URL blog ke dalam kolom inspesi URL
  • Klik “Request Indexing”.

Ingat, mengirimkan request pengindeksan berkali-kali tidak akan merubah urutan permintaan yang dikirimkan.

5. Setel Pengaturan Robot.txt

Selanjutnya, pengguna perlu melakukan setelah robot.tx untuk memastikan bahwa URL blog dapat diindeks Google. Robot.txt sendiri berfungsi untuk memberi perintah pada mesin pencari mana saja URL dan halaman yang diizinkan untuk dirayapi dan diindeks, dan sebaliknya.

Dengan melakukan penyetelan robot.txt, pengguna dapat menentukan mana saja URL blog yang diizinkan untuk diindeks dan mana saja URL blog yang tidak diizinkan untuk diindeks.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas