Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

5 Buah untuk Asam Lambung Bantu Meredakan Sakit Lebih Cepat!

325
×

5 Buah untuk Asam Lambung Bantu Meredakan Sakit Lebih Cepat!

Sebarkan artikel ini
asam lambung
A cropped shot of a woman chopping a variety of fresh fruit in her kitchen

Buah untuk Asam Lambung Bantu Meredakan Sakit Lebih Cepat – Buah untuk asam lambung cukup beragam. Asam lambung bisa Anda atasi dengan mengonsumsi buah untuk membantu meredakannya. Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung tersebut, tidak ada salahnya tahu buah apa saja yang cocok Anda konsumsi.

Selain memiliki kandungan yang banyak, beberapa buah ini juga mampu meredakan asam lambung yang cukup menyiksa. Asam lambung atau sering dikenal dengan GERD memang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Berikut ini kami akan sampaikan beberapa jenis buah yang baik untuk penderita asam lambung konsumsi.

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Duwet, Mampu Mengatasi Diare Hingga Diabetes

Buah untuk Asam Lambung yang Baik Anda konsumsi

Asam lambung sering membuat penderita sangat merasakan tidak enak pada bagian perut. Ada banyak gejala yang mereka rasakan ketika asam lambung naik. Selain berobat dan konsultasi ke dokter, faktanya ada beberapa jenis buah yang baik untuk penderita konsumsi.

Banyak yang mempercayai buah tersebut mampu meredakan asam lambung yang naik. Agar tidak semakin parah, tidak ada salahnya konsumsi beberapa jenis buah yang kami rekomendasikan berikut ini:

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan sehat yang sering menjadi rekomendasi untuk orang yang memiliki masalah asam lambung atau refluks asam. Namun, perlu Anda ingat bahwa respons tubuh terhadap makanan bisa bervariasi. Jadi tidak semua penderita refluks asam akan merasa terbantu dengan mengonsumsi pisang.

Banyak yang beranggapan pisang umumnya sebagai makanan yang relatif mudah dicerna dan bersifat netral atau sedikit alkalis. Sehingga ini menjadi buah untuk asam lambung yang bisa membantu meredakan sensasi terbakar akibat refluks asam.

Baca Juga:  5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Puasa, Para Pekerja Wajib Tahu Nih!

Pisang mengandung pektin, jenis serat larut yang dapat membantu membentuk lapisan pelindung pada dinding lambung dan mengurangi iritasi. Bahkan kandungan serat dalam pisang dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Selain itu, meredakan gangguan pencernaan yang terkait dengan asam lambung berlebihan.

2. Air Buah Kelapa Muda

Air kelapa muda populer sebagai minuman yang memiliki sifat alkalis dan bisa membantu meredakan gejala refluks asam. Apalagi air kelapa muda memiliki pH yang lebih tinggi, yang berarti lebih alkalis, jika kita bandingkan dengan banyak minuman lain.

Buah untuk refluks asam ini dapat membantu menetralkan kadar asam di dalam lambung. Sehingga bisa meredakan sensasi terbakar akibat refluks asam. Air kelapa muda mengandung air yang cukup.

Artinya dapat membantu melembabkan dan meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Bahkan kandungan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium. Elektrolit ini dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dan mempengaruhi keseimbangan asam-basa.

3. Apel

Apel mengandung serat larut seperti pektin yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala refluks asam. Sehingga banyak yang mempercayai apel sebagai buah untuk asam lambung.

Buah apel memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga proses pencernaannya cenderung lebih mudah  daripada makanan berlemak tinggi yang dapat memicu refluks asam. Selain itu, apel juga mengandung banyak air yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan.

Kandungan pektin pada apel adalah jenis serat larut yang terdapat dalam apel. Pektin memiliki kemampuan untuk membentuk lapisan pelindung di dalam lambung dan usus. Sehingga membantu melindungi dinding lambung dari iritasi akibat asam lambung berlebihan.

Selain itu, penting untuk memperhatikan bagaimana Anda mengonsumsi apel. Menghindari makan apel dengan perut kosong dan mengunyahnya dengan baik dapat membantu mengurangi potensi iritasi pada lambung.

Baca Juga:  Mengetahui 4 Manfaat Buah Jentik, Mengandung Sumber Nutrisi Penting

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain, yang dapat membantu dalam pencernaan protein. Enzim ini dapat membantu mengurangi beban pencernaan pada lambung, sehingga dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Selain itu, pepaya memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Ini bisa membantu meredakan iritasi lambung dan usus. Pepaya mengandung serat yang penting untuk menjaga pencernaan yang sehat.

Serat membantu menjaga gerakan usus yang lancar dan mencegah sembelit yang bisa memperburuk gejala refluks asam. Adanya kandungan tersebut membuat pepaya adalah buah lain yang sering menjadi rekomendasi untuk membantu meredakan masalah asam lambung.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak sehat dan nutrisi yang kaya, seperti serat, vitamin E, dan kalium. Secara umum, alpukat terkenal sebagai makanan yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh orang dengan masalah asam lambung atau refluks asam.

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks.

Sebaiknya konsumsi buah untuk asam lambung dengan porsi tepat. Selain itu, hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu dan mengunyah makanan dengan baik. Hal ini dapat membantu mengurangi beban pada lambung dan membantu mencegah gejala asam lambung.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas