Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya yang Beredar di Play Store!

1716
×

4 Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya yang Beredar di Play Store!

Sebarkan artikel ini
aplikasi android

Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya – Menghindari aplikasi Android berbahaya tentu sangatlah penting. Cara menghindari aplikasi yang berbahaya untuk Android juga cukup beragam. Berikut akan kita bahas tips HP untuk menghindari aplikasi yang berbahaya tersebut dengan mudah dan simpel.

Aplikasi tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna ponsel Android maupun iOS. Apalagi kini sudah tersedia banyak sekali jenis aplikasi yang sering kita gunakan menggunakan ponsel. Baik itu aplikasi chatting, game, aplikasi edit foto atau video dan aplikasi lainnya.

Aplikasi tersebut memungkinkan kita melakukan berbagai hal hanya menggunakan ponsel saja. Karena itu tidak heran jika orang-orang banyak memasang aplikasi pada ponsel mereka. Anda mungkin juga termasuk orang yang memasang banyak aplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Baca juga: Inilah Cara Menambah Multitouch HP Android dan Cara Mengeceknya Terbaru 2023

Menghindari Aplikasi Android Berbahaya, Berikut Caranya yang Bisa Anda Lakukan

Dalam memasang aplikasi baru untuk ponsel, tentunya Anda tidak boleh sembarangan saja. Sebab tidak semua aplikasi tersebut bagus dan tidak berbahaya untuk ponsel Android kita. Karena sekarang sudah beredar banyak aplikasi yang berbahaya jika terpasang pada ponsel.

Aplikasi tersebut tentunya bisa memberikan dampak buruk dan merugikan kita selaku pemilik ponsel. Bahkan aplikasi berbahaya tersebut bisa memberikan dampak yang cukup serius. Misalnya menyebabkan pencurian data privasi, pencurian akun pribadi dan data penting.

Aplikasi berbahaya bahkan juga bisa menjadi sarana pencurian saldo dalam rekening bank. Sehingga saldo kita tiba-tiba terkuras habis padahal kita tidak mengambil atau menggunakannya. Hal tersebut tentunya akan membuat kita mengalami kerugian yang cukup besar.

Karena itu sebisa mungkin Anda harus selalu menghindari aplikasi Android berbahaya tersebut. Cara menghindarinya sebenarnya juga cukup beragam dan bisa kita lakukan dengan mudah. Nah, berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda terapkan pada Android Anda:

Jangan Mengunduh dan Memasang Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Cara pertama yaitu jangan memasang aplikasi melalui sumber yang tidak jelas dan tidak resmi. Sebab tidak ada jaminan bahwa aplikasi tersebut aman jika Anda pasang pada ponsel. Bisa saja aplikasi dari sumber tidak resmi tersebut memang akan membawa bahaya untuk ponsel.

Karena itu Anda harus selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas dan resmi. Sebagai contoh, Anda bisa mengunduh aplikasi dari Play Store atau website resmi dari aplikasi. Dengan begitu maka keamanan dari suatu aplikasi yang akan Anda unduh menjadi lebih terjamin.

Menghindari Aplikasi Android Berbahaya dengan Mengaktifkan Google Play Protect

Berikutnya Anda bisa mengaktifkan fitur Google  Play Protect pada ponsel Android Anda. Fitur ini berguna memeriksa keamanan aplikasi dari Play Store sebelum Anda mengunduhnya. Google Play Protect akan mendeteksi berbagai aplikasi yang berpotensi membahayakan ponsel Anda.

Sehingga Anda bisa mengetahuinya dan tidak mengunduh aplikasi yang berbahaya tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, bukalah Play Store kemudian pilih “Kelola Aplikasi & Perangkat”. Lalu pilih “Buka Play Protect” dan klik pada menu “Pindai aplikasi dengan Play Protect”.

Terkadang mungkin Anda menerima link melalui pesan dari WhatsApp, Telegram maupun aplikasi lain. Ketika link tersebut Anda klik maka biasanya ponsel akan otomatis mengunduh suatu aplikasi. Aplikasi tersebutlah yang kemudian berbahaya karena bisa meretas HP Android.

Untuk menghindari aplikasi Android berbahaya itu, maka Anda harus mengabaikan pesan berisi link yang masuk. Pastikan untuk tidak percaya dengan pesan tersebut dan jangan klik link yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari phising atau penipuan menggunakan pesan.

Waspadai Pop-up yang Muncul pada Aplikasi

Kebanyakan aplikasi yang berbahaya akan memunculkan pop-up pada layar HP. Pop-up merupakan perangkat lunak berbahaya yang sering kali menampilkan suatu iklan. Pop-up tersebut tentunya tidak diinginkan oleh pengguna HP dan bisa menghasilkan uang bagi pembuatnya.

Iklan pop-up tersebut bisa saja membawa bahaya untuk ponsel Android kita. Karena itu jika suatu aplikasi yang Anda instal memunculkan pop-up maka sebaiknya hapus aplikasi tersebut. Tujuannya untuk menghindari dampak berbahaya dari aplikasi yang mencurigakan tersebut.

Itulah beberapa cara menghindari aplikasi Android berbahaya yang bisa Anda terapkan. Dengan cara di atas maka ponsel tetap aman dan terhindar dari berbagai bahaya yang merugikan.