Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic, Mirip Akun Instagram Influencer

366
×

3 Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic, Mirip Akun Instagram Influencer

Sebarkan artikel ini
cara membuat feed instagram aesthetic

Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic – Mengetahui cara membuat feed Instagram dapat membantu tampilan Instagram kamu terlihat semakin menarik. Dengan begitu, jumlah likes dan followers kamu akan bertambah, sehingga serta otomatis membuat engagement rate pun meningkat.

Pengetahuan membuat feed Instagram yang menarik ini penting untuk dikuasai oleh para pebisnis yang menjual produknya di Instagram, tujuannya agar pelaku bisnis dapat menilai user experience melalui interaksi antar audiens, memantau efektivitas produk serta campaign yang dijalani, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Tips dan Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram, Tidak Perlu Punya Banyak Followers!

Tidak perlu khawatir, Intrik.id sudah merangkum informasi lengkap tentang bagaimana cara membuat feed Instagram aesthetic yang bisa menarik perhatian banyak orang dan tips-tips yang bisa diikuti. Yuk, simak informasinya sampai akhir, ya!

Ukuran Terbaik untuk Feed Instagram

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat feed Instagram, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ukuran feed yang digunakan. Perlu diketahui, ada berbagai jenis konten di Instagram, mulai dari post, story, hingga reels. Setiap konten Instagram memiliki ukuran feed yang berbeda-bea.

Supaya kamu bisa membuat feed Instagram yang benar dan menarik, berikut ukuran terbaik untuk feed Instagram, mulai dari post, story, hingga reels.

1. Ukuran feed Instagram Post

Ada tiga jenis aspect ratio untuk feed Instagram Post, yaitu square, horizontal (landscape), dan vertical (potrait). Berikut penjelasannya:

a. Square

Untuk menghindari gambar dengan kualitas yang buruk atau pecah, sebaiknya kamu mengupload gambar dengan resolusi square 1080 x 1080 px, atau memiliki aspect ratio 1:1. Konten dengan aspect ratio 1:1 dianggap sebagai ukuran yang optimal / proporsional untuk feed Instagram.

b. Horizontal (landscape)

Kalau kamu ingin mengunggah foto dengan orientasi horizontal, maka aspect ratio yang disarankan adalah 16:9 dengan resolusi 1920 x 1080 px. Menurut InVideo, postingan dengan dimensi horizontal kurang direkomendasikan. Hal ini karena aplikasi Instagram tidak bisa melakukan rotate pada smartphone.

c. Vertical (portrait)

Ukuran untuk postingan orientasi vertical/portrait adalah dengan aspect ratio 4:5. Agar gambar tetap memiliki kualitas yang bagus, disarankan untuk memastikan resolusinya 1080 x 1350 px. Postingan dengan dimensi potrait paling direkomendasikan dari segi user experience. Ukuran ini membuat konten akan terlihat lebih nyaman dipandang oleh user.

2. Ukuran feed Instagram Story

Kalau kamu ingin mengunggah konten dengan kualitas terbaik di IG Story, disarankan untuk memastikan konten memiliki aspect ratio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 px.

Jika ingin mengupload konten berbentuk video, durasi maksimal dalam 1 slide story adalah 1 menit. Kalau video berdurasi lebih dari 1 menit, maka Instagram akan otomatis membaginya menjadi beberapa klip.

3. Ukuran video Instagram Reels

Ukuran selanjutnya yang perlu diketahui adalah Instagram Reels. Di Reels, kamu bisa memposting video pendek berdurasi 60 detik dengan berbagai tambahan fitur menarik lainnya, layaknya TikTok. Rasio video Instagram Reels sama seperti IG Story yaitu 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 px.

Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic Paling Praktis dan Menarik

Setelah memahami pembagian ukuran feed Instagram, mulai dari post, story, hingga reels, kamu dapat langsung membuat feed Instagram. Perlu diketahui, feed Instagram adalah halaman profil yang menampilkan foto dan video yang kamu unggah. Feed akan langsung terlihat bila seseorang mengunjungi halaman profil sebuah akun.

Supaya kamu bisa membuat feed Instagram yang aesthetic dan menarik, berikut cara-cara yang dapat dilakukan. Yuk, simak cara membuat feed Instagramnya berikut ini.

1. Tentukan grid layout

Grid layout adalah tata letak postingan kamu pada feed. Ini akan membantumu menentukan foto apa yang akan kamu letakkan di sebelah foto lainnya. Layout akan memudahkan kamu untuk membuat feed IG yang aesthetic dan konsisten. Adapun beberapa grid layout yang dapat digunakan untuk membuat feed Instagram, di antaranya:

  • Puzzle feed
  • Checkerboard/tiles feed
  • Horizontal lines
  • Border

2. Pilih tema yang akan digunakan

Selain menentukan grid layout, buat feed IG yang menarik juga tergantung dari pemilihan tema yang digunakan. Sebab, pemilihan tema khusus bisa membantu membangun personal branding lewat Instagram lho! Kebanyakan orang hanya menggunakan Instagram untuk update foto keseharian saja.

Itu sebabnya, terkadang tampilan feed terlihat kurang menarik. Sebagai referensi untuk kamu, berikut beberapa pilihan tema yang dapat digunakan:

  • Minimalis
  • Black & white
  • Vintage
  • Natural

3. Gunakan filter yang sama

Cara membuat feed Instagram yang selanjutnya adalah memanfaatkan filter yang digunakan. Menggunakan filter yang sama di setiap postingan akan memberi efek yang bagus pada feed. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu filter yang ingin digunakan secara konsisten untuk membuat tampilan feed IG yang aesthetic

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas