Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey, Tempat Wisata Ramah Anak di Bandung

Ranca Upas

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey Bandung  – Selain tempat wisata di area Kota Bandung dan Lembang, Bandung juga punya area wisata terkenal di area selatan kota bernama Ciwidey.

Di Ciwidey inilah kamu bisa menemukan Kampung Cai Ranca Upas Bandung, sebuah tempat wisata alam di Jawa Barat di mana kamu beneran bisa merasa seolah di alam lepas walau lokasinya cuma kurang dari 2 jam dari kota Bandung, lho!

Baca juga: Eksotis Wisata Seganing Waterfall Bali, Wisata Alam Unik yang Menantang

Nah, kalau kamu sering melihat foto orang-orang yang berpose bersama rusa di sebuah dataran hijau yang terlihat alami banget seolah di atas gunung, besar kemungkinan kamu sedang melihat foto orang-orang yang pergi ke Ranca Upas Bandung.

Bandung
Kredit Foto: Zalfa Imani / Unsplash

Ranca Upas memang jadi tempat wisata di Bandung yang naik daun banget dalam beberapa tahun terakhir, karena tiga alasan: panorama alamnya yang bikin kamu merasa di dunia berbeda, penangkaran rusanya yang menyenangkan, dan kabut paginya yang bikin foto-foto kamu di sini Instagramable banget!

Kalau kamu juga pengen punya foto-foto keren dengan panorama alam yang keren atau foto-foto dengan rusa-rusa yang lucu dan ramah, kamu wajib banget mengunjungi Ranca Upas kalau liburan ke Bandung.

Lokasi Ranca Upas Bandung

Lokasi Ranca Upas berada di kawasan wisata Rancabali Ciwidey. Lokasinya dekat sekali dengan Kawah Putih, sekitar 30 menit perjalanan sudah sampai ke Ranca Upas. Untuk alamat Ranca Upas ada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Biar lebih memudahkan kamu, berikut adalah Google Maps dengan destinasi wisata Ranca Upas:

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Untuk menikmati pesona keindahan wisata ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya. Ini dikarenakan harga tiket masuk Ranca Upas tergolong bersahabat, yaitu:

  • Tiket Wisata untuk wisatawan lokal: Rp 25.000/orang
  • Wisatawan mancanegara: Rp 44.000/orang

Sedangkan biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan untuk parkir kendaraan adalah:

  • Retribusi Parkir sepeda motor: Rp 8.000
  • Mobil: Rp 15.000
  • Dan Bus: Rp 35.000

Jam Operasionak Ranca Upas

Objek wisata Ranca Upas buka setiap hari dengan batas waktu kunjungan mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan bagi untuk kegiatan camping dibuka selama 24 jam.

Kalian bisa berkunjung ke Ranca Upas kapan saja. Namun waktu terbaik untuk mampir ke wisata ini yakni saat weekend atau hari libur panjang. Banyak aktivitas dan hal seru serta menarik yang bisa kamu lakukan saat berada ditempat rekreasi tersebut.

Sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga, menjadi sarana untuk berquality time dan menghabiskan waktu bersama. Nikmatilah waktu liburmu dengan hal yang bermanfaat seperti mengunjungi wisata alam Ranca Upas ini.

Daya Tarik Ranca Upas Bandung

Ranca Upas Ciwidey Bandung merupakan salah satu destinasi favorite para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Tempat wisata tersebut yakni sebuah kawasan bumi perkemahan yang dikelola oleh perhutani setempat.

Obyek wisata tersebut juga menjadi tempat penangkaran rusa yang biasanya berinteraksi dengan para wisatawan. Namun sebelum menjadi seperti sekarang, dulunya Ranca Upas ini adalah tempat pelatihan Kopassus.

1. Berkemah

Salah satu aktivitas menarik yang dapat Anda coba saat berkunjung ke sini adalah berkemah. Untuk melakukan kegiatan kemah, Anda tidak perlu repot membawa peralatan sendiri, karena di sini tersedia jasa penyewaan alat-alat berkemah.

2. Bermain di Penangkaran Rusa

Jika Anda cukup menyukai binatang, aktivitas bermain di penangkaran rusa tampaknya perlu dicoba. Lokasi penangkaran rusa ini tidak dibatasi dengan pagar, sehingga pengunjung dapat turun langsung ke habitatnya.

Di lokasi ini, wisatawan dapat memberi makan rusa secara bebas dengan wortel yang dibeli di counter, serta berfoto bersama rusa.

3. Out Bond

Kegiatan lain yang tidak boleh Anda lewatkan, utamanya bagi Anda yang menyukai tantangan ialah out bond. Permainan out bond yang bisa Anda coba di antaranya adalah Elvis Bridge, flying fox, jembatan goyang, dan masih banyak lagi.

4. Berburu Foto Bernuansa Alam

Satu hal yang wajib dilakukan ketika berwisata adalah berburu spot foto menarik. Di kawasan wisata ini, ada banyak spot foto bernuansa alam yang perlu di abadikan.  Seperti penangkaran rusa, hutan, dan padang rumput.

Karena keindahannya itulah, tidak jarang yang menjadikan wisata ini sebagai tempat foto model maupun pre-wedding. Namun kamu harus membaya biaya sewa karena untuk melakukan kegiatan tersebut diperlukan izin terlebih dahulu.

Fasilitas Ranca Upas Bandung

Selain menampilkan beragam spot wisata menarik, tempat ini juga menawarkan banyak fasilitas. Hal ini tidak lain untuk menambah kenyamanan untuk para wisatawan yang berkunjung. Berikut beberapa fasilitas Ranca Upas yang dapat Anda nikmati:

  • Area parkir yang luas
  • Akses wisata yang bagus
  • Kamar mandi
  • Masjid
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh
Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas