Ponsel Anda Cepat Panas? Yuk Simak Cara Agar Ponsel Tidak Panas

ponsel

Cara Agar Ponsel Tidak Panas – Saat ini handphone diperlukan untuk berkomunikasi dengan banyak orang dan melakukan aktivitas online sehari-hari. Oleh karena itu, handphone harus dirawat dengan baik agar awet saat digunakan dan nggak cepat rusak. Namun, handphone bisa saja mengalami masalah seperti HP yang cepat panas. Nah, kamu harus tahu cara agar HP tidak panas agar awet saat digunakan.

Baca juga: Inilah Tips Menghapus Akun Instagram Tidak Terpakai Secara Permanen di HP

Cara Mengatasi HP Panas

Handphone yang cepat panas tentu membuat pemiliknya menjadi khawatir. Hal ini karena handphone yang panas bisa jadi indikasi kalau ada masalah di handphone itu. Ada banyak penyebab yang membuat handphone jadi gampang panas yaitu karena durasi pemakaian handphone yang lama, sinyal lemah, baterai bermasalah, bug aplikasi, suhu sekitar panas, dan penyebab lainnya.

Meskipun demikian, ada acara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi HP yang cepat panas. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil yang cukup efektif. Kira-kira cara  mengatasi HP panas apa saja yang bisa dilakukan?

Gunakan Handphone dengan Pemakaian Wajar

Tanpa disadari seringkali pengguna handphone menggunakan perangkat itu dalam waktu yang lama. Jika dilakukan secara terus menerus, maka hal itu akan membuat handphone jadi lebih gampang panas lho. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa batasi jam penggunaan handphone agar pemakaiannya dilakukan dengan wajar dan nggak terlalu lama.

Anda bisa mengatur jadwal atau durasi yang tepat untuk beraktivitas dengan handphone punyamu. Misalnya, kamu membatasi untuk bermain game cukup satu jam selama satu hari.

Non Aktifkan Bluetooth dan GPS

Seringkali Bluetooth dan GPS dibiarkan dalam kondisi menyala meskipun nggak dipakai. Ternyata, Bluetooth dan GPS yang masih menyala bisa membuat baterai cepat panas dan cepat habis lho. Kalau ponsel Anda tiba-tiba menjadi lebih panas, coba kamu cek apakah Bluetooth dan GPS di handphone masih menyala atau sudah mati.

Segera non aktifkan Bluetooth dan GPS jika Anda menemukan kedua fitur tersebut masih dalam kondisi yang menyala. Gunakan kedua aplikasi itu hanya kalau lagi dibutuhkan saja. Selebihnya, Anda bisa menghemat daya baterai dan mencegahnya cepat panas dengan mematikan kedua fitur handphone itu.

Cara Agar HP Tidak Panas Saat Digunakan

Selain cara mengatasi handphone panas, kamu juga perlu tahu cara agar HP tidak panas saat digunakan. Cara mengatasi HP panas Samsung dan merk handphone lainnya bisa kamu simak di bawah ini.

Jangan Gunakan HP Saat Di-Charge

Menggunakan handphone saat sedang di-charge bisa berdampak kepada kerusakan pada kabel charge dan baterai. Jika baterai handphone mengalami kerusakan, maka handphone akan mudah panas saat sedang dipakai. Untuk mencegah agar jangan sampai hal itu terjadi, jangan gunakan handphone saat sedang di-charge.

Atur Penyimpanan pada Handphone

Untuk mencegah agar handphone  tidak panas saat digunakan, kamu bisa mengelola penyimpanan pada handphone. Pasalnya, handphone yang memiliki banyak aplikasi yang bersifat boros baterai akan membuat handphone mudah panas. Hapus aplikasi-aplikasi yang kurang penting dan boros baterai agar handphone nggak mudah panas.

Jangan Meletakkan Handphone di Tempat yang Panas

Suhu lingkungan yang ada di sekitar handphone bisa menjadi penyebab ponsel panas saat sedang digunakan. Pastikan untuk meletakkan dan menyimpan handphone di tempat yang nggak terkena sinar matahari secara langsung dan memiliki suhu yang tinggi.

Cara Mengatasi HP yang Boros Baterai

Menggunakan handphone yang boros baterai pasti membuat nggak nyaman karena harus sering melakukan isi daya baterai. Oleh karena itu penting merawat handphone agar baterai jadi nggak gampang boros. Nah, kira-kira apa saja cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai handphone yang boros? Yuk, kita simak info yang sudah dirangkum khusus untuk kalian.

Hapus Aplikasi yang Kurang Penting

Aplikasi yang terlalu banyak di handphone akan membuat baterai handphone jadi lebih boros. Apalagi beberapa aplikasi bisa menguras baterai handphone karena memiliki masalah bug atau masalah lainnya. Untuk mencegah agar baterai nggak gampang boros, kamu bisa menghapus aplikasi yang memiliki masalah bug.

Untuk tahu aplikasi apa yang menguras daya baterai, kamu bisa melihat di menu pengaturan. Selanjutnya, Blibli Friends bisa menghapus aplikasi yang menguras baterai di handphone milikmu.

Menggunakan Mode “Power Saving”

Untuk lebih menghemat baterai, kamu bisa mengaktifkan mode “power saving”. Fitur ini memungkinkan handphone agar lebih hemat daya baterai dengan beberapa cara seperti mematikan location service, background synk yang dinon-aktifkan, dan masih banyak cara-cara lainnya. Dengan menggunakan power saving ini, baterai handphone milikmu lebih hemat dan nggak boros baterai.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas