Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Pantai Surumanis Kebumen, Solusi Wisata Pantai Dijamin Affordable

376
×

Pantai Surumanis Kebumen, Solusi Wisata Pantai Dijamin Affordable

Sebarkan artikel ini
kebumen

Kebumen merupakan destinasi wisata yang ideal bagi traveler pecinta pantai di Jawa Tengah. Sisi selatan kabupaten berjuluk Kota Burung Walet ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga banyak pantai indah di sana. Pantai Surumanis adalah salah satunya, yang terkenal eksotis mempesona.

Memilih menjelajahi pesisir pantai di Kabupaten Kebumen bisa menjadi ide yang sempurna dalam rencana liburan Anda ke depan. Dan, Pantai Surumanis adalah salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi. Anda bisa mengunjungi pantai ini di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga: Destinasi Wisata Curug Bengkawah di Pemalang yang Instagramable

Daya Tarik Pantai Surumanis Kebumen

Pantai Surumanis di Kebumen merupakan pantai dengan lanskap yang eksotis. Pasirnya yang berwarna kecoklatan terhampar cukup luas, landai, dan panjang, sepanjang benteng tebing yang membatasi wilayahnya. Sementara itu, bentang birunya perairan laut Samudra Hindia senantiasa sedap dipandang mata.

Lokasinya yang terletak di bawah tebing perbukitan memungkinkan wisatawan menyaksikan keindahan dari berbagai sudut pandang. Sangat ideal bagi traveler penyuka landscape photography, cocok juga bagi traveler kekinian yang gemar berswafoto atau selfie. Banyak spot foto yang instagramable di pantai ini.

Pantai ini semakin menjadi objek wisata hits di Kebumen, salah satunya lantaran pihak pengelola menyediakan sejumlah spot selfie. Selain terlihat kekinian, spot foto tersebut juga menawarkan latar spektakuler yang memadukan perbukitan yang hijau dan Samudra Hindia yang membentang luas memanjakan mata.

Di sini, wisatawan bisa sekedar bersantai menikmati suasana dan pemandangan bahari yang mengagumkan. Bisa juga dengan melebar, menjelajahi pantai untuk mendapatkan sudut keindahan yang berbeda. Tidak hanya dari atas perbukitan, namun juga perlu turun, melakukan banyak aktivitas menarik di pantainya.

Bermain air atau berenang juga dimungkinkan asalkan tetap berhati-hati karena ombak cukup besar. Pastikan memperhatikan peringatan batas aman yang ada. Susuri juga pesisir pantainya yang eksotis berhias sebaran batu karang. Jangan lupa mengunjungi goa di antara bebatuan tebing yang cukup ikonik di sini.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Karena lokasinya yang cukup terpencil dengan akses yang tak mudah, naik turun bukit, Pantai Surumanis di Kebumen tergolong objek wisata yang belum banyak diketahui. Meskipun demikian, pantai ini termasuk objek wisata yang senantiasa berkembang. Fasilitas wisatanya pun kini semakin lengkap dan memadai.

Seperti yang tersebut di atas, di Pantai Surumanis tersedia berbagai spot untuk selfie yang sekaligus menjadi gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan. Beberapa spot populer di antaranya ada jembatan kayu melingkar, jaring-jaring, ayunan, replika burung elang, dan banyak lainnya. Juga, ada rumah pohon.

Selebihnya, ada sejumlah fasilitas umum yang mecakup gazebo untuk istirahat, mushola, area parkir yang cukup memadai, warung makanan, dan kamar mandi. Adapun untuk harga tiket masuk Pantai Surumanis, wisatawan perlu membayar IDR 10.000. Juga, biaya parkir motor sebesar IDR 3.000 dan mobil IDR 5.000.

Rute Lokasi Pantai Surumanis Kebumen

Secara administratif Pantai Surumanis Kebumen berlokasi di Dusun Dilem, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berada di sisi timur Pantai Pecaron atau di sisi barat Pantai Gebyuran. Jaraknya sekitar 38 kilometer atau sekira 1 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Kebumen.

Lokasi Pantai Surumanis cukup mudah ditemukan dan banyak petunjuk arahnya. Namun, perjalanan akan melalui jalur perbukitan yang terjal. Dari Kebumen, bisa gunakan rute Pantai Petanahan, lalu ke arah Pantai Suwuk. Lanjut ke arah barat melalui Jalan Ayah-Karangbolong hingga tiba di pantai ini. Lihat Peta Lokasi.