Indahnya Ketep Pass, Menikmati Pesona Keindahan Wisata Alam di Magelang

ketep pass

Ketep Pass salah satu objek wisata yang menawarkan pesona alam menakjubkan di Magelang. Pengunjung bisa menyaksikan pesona 5 puncak gunung sebagai daya tariknya.

Ketep Pass, sebuah nama dari destinasi wisata yang terdapat di Puncak Bukit Sawangan, Magelang. Dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, dari tempat ini Anda dapat melihat pemandangan yang memesona dari puluhan gunung dan bukit yang memiliki keindahan memukau. Tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan bahkan di hari biasa.

Baca juga: Umbul Cokro Klaten, Destinasi Wisata Air Bermain Rafting dan River Tubing

Keberadaan destinasi wisata yang indah ini diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, hal ini menjadikannya sangat cocok untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Selain kedua gunung itu, terdapat juga Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Kelimanya merupakan gunung tertinggi dan terdekat yang bisa dilihat dari tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Ketep Pass

ketep pass

Sebuah tempat yang menuntun Anda mengetahui bagaimana pemandangan dari gunung dan bukit yang berjejer-jejer indah. Ketep Pass adalah satu dari sekian destinasi wisata di Magelang yang memiliki keindahan dari pegunungan yang menjulang yang melukiskan kenangan tidak mudah terlupakan.

1. Pemandangan Gunung dan Bukit yang Memukau

Berada di antara dua gunung, yaitu Merbabu dan Merapi membuat Ketep Pass memiliki pemandangan yang luar biasa. Pada ketinggian 1200 mdpl dan luas 8000 meter persegi ini, Anda dapat merasakan kesejukan dan kealamian dari pemandangan yang ditawarkan. Puncak di kedua tempat tersebut dapat terlihat jelas, bahkan terlihat juga bekas erupsi Gunung Merapi.

Tempat ini berada di ketinggian yang ideal untuk mengamati keindahan yang diperlihatkan alam kepada Anda. Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, mungkin tempat ini bisa menjadi referensi untuk berlibur dan melihat pemandangan gunung-gunung dari sudut pandang berbeda.

Di tempat ini juga terdapat sebuah spot bernama Pelataran Panca Agra. Tempat yang akan menunjukkan kepada Anda pemandangan terindah dari lima gunung yang memancarkan keindahannya. Panca Agra sendiri berarti lima gunung. Sesuai namanya, pemandangan di sini sangat indah dan asri.

2. Adanya Bioskop Mini dan Museum

Museum Vulcanologi. Dari namanya tentu Anda dapat membayangkan wisata museum bertema pegunungan. Ternyata tidak hanya wisata alam yang ditawarkan, tempat ini juga menyediakan wisata edukasi yang unik dan menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Edukasi di tempat ini bertema geografi dan pegunungan.

Museum tersebut dibangun untuk mengajarkan kepada para pengunjung segala pengetahuan tentang Gunung Merapi. Mulai dari sejarah terbentuk, peta jalur pendakian, serta semua hal yang berkaitan dengan gunung yang terakhir erupsi pada 21 Juni 2020 ini.

3. Suasananya yang Sejuk dan Nyaman

Destinasi wisata Ketep Pass yang ada di Puncak Sawangan sendiri memiliki ketinggian 1200 mdpl. Hal ini membuat area wisata menjadi sejuk dan dingin, serta luasnya adalah 8000 meter persegi. Dengan suasana ini, menikmati pemandangan yang ditawarkan tempat ini akan menambah kenyamanan dalam berlibur.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Ketep Pass

ketep pass

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan dari lima gunung ini dapat Anda temukan di Magelang. Alamat lebih tepatnya berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Tengah ini diapit oleh dua gunung besar terdekat yakni Merapi dan Merbabu.

Tempat yang diresmikan pada tahun 2002 oleh Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri ini bisa diakses dari beberapa rute perjalanan, salah satunya adalah Kota Yogyakarta.

Dari pusat kota ini, Anda dapat mengambil jalan menuju Jalan Mataram, setelahnya lalu Jalan Abu Bakar Ali. Anda dapat melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram sebelum akhirnya harus melewati Jalan Besar Magelang – Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Ketep Pass Magelang

ketep pass

Seperti halnya sebuah tempat destinasi wisata, tempat ini juga mematok harga bagi siapapun yang ingin memasukinya. Dengan harga tiket Rp 10.500 pada hari biasa dan Rp 12.500 pada hari libur atau weekend, Anda sudah bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari bukit ini.

Untuk wisatawan dari luar negeri dipatok harga US 3 $ atau sekitar Rp 50.000 untuk biaya tiket pada hari biasa. Selain itu, di hari libur atau weekend berlaku harga yang berbeda, yakni Rp 60.000. Dengan harga tiket sejumlah itu dan dibayarkan pada awal masuk, wisatawan luar negeri tersebut sudah dapat menikmati semua fasilitas yang tersedia di Ketep Pass.

Harga yang tertera untuk wisatawan domestik belum termasuk biaya penggunaan fasilitas seperti teropong, bioskop, dan museum. Masing-masing dikenai harga yang bisa dibilang cukup ramah di kantong, seperti Rp 5.000 untuk sewa teropong dan Rp 7.000 untuk bioskop mini.

Adapula biaya parkir yang ditanggung oleh wisatawan, yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan beroda dua, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 7.000 untuk kendaraan mini bus, dan Rp 12.000 untuk bus pariwisata besar.

Jam buka untuk tempat ini adalah dari jam 6 pagi hingga 5 petang, dari sini Anda dapat mengamati pemandangan pagi dan sore hati di pegunungan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Harga yang tertera di atas merupakan update terbaru, bisa saja terjadi perubahan sewaktu-waktu mengenai harga-harga tersebut.