Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Eksotis Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Cantik yang Sarat Mitos di Magelang

231
×

Eksotis Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Cantik yang Sarat Mitos di Magelang

Sebarkan artikel ini
air terjun

Air Terjun Kedung Kayang salah satu wisata alam yang memukau di Magelang dengan pemandangan latar gunung Merapi dan keasrian alamnya didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Saat membicarakan tentang Magelang, pasti akan terbayang oleh Candi Borobudur yang popularitasnya sudah sampai mancanegara itu. Tak bisa dipungkiri, Magelang memang merupakan daerah yang telah dikenal akan pemandangannya yang tenang, terlebih karena tempatnya dikelilingi gunung yang indah.

Baca juga: Umbul Cokro Klaten, Destinasi Wisata Air Bermain Rafting dan River Tubing

Namun, tahukah Anda ada destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik saat mengunjungi Magelang? Anda bisa mencoba mendatangi wisata alam Air Terjung Kedung Kayang Magelang, salah satu tempat yang kini perlahan mencapai popularitas di kalangan wisatawan karena tempatnya yang cantik.

Tidak hanya cantik, Air Terjun Kedung Kayang juga menawarkan beragam fasilitas dan nuansa segar yang akan membuat Anda merasa puas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi air terjun yang eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang

air terjun

1. Suasana Alam yang Asri

Air terjun yang satu ini memiliki letak yang bisa dibilang cukup tinggi. Saking tingginya, Anda bisa melihat kegagahan gunung Merapi dan gunung Merbabu dari tempat ini. Tidak hanya memiliki tempat yang tinggi, suasana alam yang berada di sini pun sangat asri karena kelestariannya sangat dijaga oleh penduduk sekitar.

2. Hawa yang Sejuk

Apabila Anda penat dengan udara perkotaan yang kotor, maka mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang Magelang merupakan pilihan yang terbaik. Karena terletak di antara pedesaan dan diapit oleh dua gunung, udara yang berada di tempat ini bisa dibilang sangat bersih dan segar, sehingga akan memanjakan paru-paru Anda apabila menghirup udara yang ada di tempat ini.

3. Pemandangan yang Indah

Di lokasi ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan menakjubkan yang membuat Anda bisa melihat dengan jelas keindahan air terjun yang bisa dinikmati dari berbagai sisi. Karena pemandangannya yang indah, lokasi ini menjadi tempat favorit para pengguna sosial media karena lokasinya yang sangat cocok dan estetis untuk dijadikan latar belakang foto mereka.

4. Air yang Mempersona

Aliran yang deras akan membuat air terjun ini bagaikan tirai putih raksasa yang diapit di antara kedua gunung. Pada saat musim hujan, titik air yang kecil tersebut akan jatuh di antara air terjun yang deras sehingga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Anda bisa mengabadikan suasana ini dengan kamera, namun Anda juga harus berhati-hati dan tidak terlalu mengarahkan kamera ke air terjun terlalu lama. Titik air yang begitu banyak akan membasahi kamera Anda dengan cepat. Apabila terkena air terlalu banyak, hal itu akan membuat kamera Anda cepat rusak dan tidak berfungsi dengan terlalu baik.

5. Kental Akan Suasana Mistis

Konon, nama air terjun ini diambil dari dari nama tiga tokoh sakti pada masa lalu yaitu Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini memiliki penunggu yang setia menjaga kelestariannya. Selain itu, air yang mengalir di tempat ini dipercaya memberikan khasiat tertentu bagi para pengunjung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

air terjun

Tempat wisata ini memiliki lokasi yang cukup strategis karena terletak di antara kabupaten Magelang & kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Karena tidak jauh dari pusat kota Magelang, Anda bisa mencapai air terjun ini hanya dalam waktu kurang lebih sepuluh saja.

Apabila Anda merupakan pengunjung yang berangkat dari Jogja, maka Anda tinggal mengikuti rute menuju air terjun ini melalui Ketep Pass yang berada di puncak Bukit Sawangan. Jarak dari Ketep Pass menuju Air Terjun Kedung Kayang ini bisa dibilang cukup dekat yakni hanya sekitar tiga kilometer saja.

Terdapat beberapa jalur yang dapat Anda gunakan apabila Anda ingin menggunakan kendaraan umum untuk tiba di sana. Pertama, Anda bisa naik bis AKAP yang nantinya akan turun di sisi sebelah timur daerah Pabrik Kertas Blabag Magelang. Kemudian, Anda tinggal menaiki angkutan desa menuju Tlatak Sawangan lalu berganti jurusan menuju ke Jrakah.

Setelahnya, Anda tinggal berjalan kaki untuk mengunjungi Air Terjung Kedung Kadang Magelang ini. Untuk mencapai lokasi air terjun yang indah ini memang membutuhkan lebih banyak usaha dan waktu yang ditempuh pun bisa dibilang tidak cepat. Namun, Anda akan tetap dimanjakan oleh banyaknya pemandangan alam yang sangat asri selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Berbeda dengan destinasi wisata yang lain, Kedung Kayang di Magelang menerapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Meskipun memiliki harga yang bersahabat, namun pengunjung akan tetap merasa aman apabila mengunjunginya.

Saat memasuki lokasi air terjun ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 4.000 sampai dengan Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkirnya dipatok sekitar Rp 2.000 bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor.

Setelah membayar tiket, pengunjung diperbolehkan menikmati segala fasilitas yang ada di air terjun. Ada satu wahana yang paling dinikmati oleh pengunjung yakni Gardu Pandang. Tarif yang dikenakan untuk menikmati wahana ini adalah Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.