Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 3 Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Quick Share di HP Mudah

3855
×

Begini 3 Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Quick Share di HP Mudah

Sebarkan artikel ini
Quick Share

Quick Share di HP termasuk fitur penting – Sesuai dengan namanya, fitur tersebut mampu membantu pengguna untuk berbagi file secara cepat. Karena hal itu, banyak pengguna yang memanfaatkannya.

Untuk bisa merasakan sendiri seperti apa kegunaan fitur ini, pahami bagaimana cara mengaktifkannya. Saat sudah aktif dan selesai menggunakan fitur ini, bisa nonaktifkan lagi.

Baca juga: Ketahui 3 Penyebab dan Solusi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP

Quick Share di HP serta Penjelasan Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Samsung dan Google berhasil memperkenalkan inovasi terbaru untuk berbagi langsung. Inovasi ini bernama Quick Share atau Berbagi Cepat.

Fitur ini bisa membantu penggunanya untuk berbagi file dengan perangkat lain yang ada di sekitarnya. Bahkan bukan hanya file saja, melainkan juga foto, link, sandi, audio, dan masih banyak lainnya.

File atau data penting tersebut bisa terkirim ke perangkat seperti halnya PC Windows, Chromebook, dan lainnya. Lebih dari itu, penggunanya juga bisa berbagi ke banyak orang sekaligus.

Cara Mengaktifkan Quick Share

Setelah mengenalnya secara lebih mendalam dan ingin tahu bagaimana cara menggunakan Quick Share di HP, bisa cermati uraian berikut. Pengguna bisa tahu bagaimana cara mengaktifkannya.

1. Buka Panel Notifikasi

Langkah pertama yang bisa pengguna lakukan ialah membuka panel notifikasi. Setelah itu, geserlah ke bawah sampai menemukan Berbagi Cepat. Jika sudah, aktifkan fitur tersebut hingga ikonnya berubah jadi warna biru.

2. Buka File

Langkah selanjutnya, bukalah file yang hendak pengguna bagikan ke orang lain. Misalnya file foto yang ada di Galeri.

3. Tekan Quick Share

Ketika sudah menemukan file, tekan lama hingga muncul sejumlah opsi. Pilih saja ikon Bagikan. Dari sini bisa klik Berbagi Cepat.

Nantinya fitur ini akan melakukan pemindaian secara otomatis. Pemindaian Quick Share di HP ini bertujuan untuk bisa menemukan perangkat terdekat.

Apabila sudah menemukan perangkatnya, pilih dan klik Kirim File. Minta teman untuk menerima permintaan transfer file tersebut. Transfer file pun akan berlangsung. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Cara Menonaktifkan Quick Share

Kemudian untuk pengguna yang ingin mematikan fitur tersebut, bisa coba ikuti langkah-langkah di bawah ini. Caranya tak kalah mudah.

  1. Pertama-tama, pengguna hanya perlu menggeser panel notifikasi ke bawah.
  2. Cari ikon Berbagi Cepat.
  3. Saat sudah menemukan ikon tersebut, klik untuk mematikannya.

Selain lewat panel notifikasi, sebenarnya masih ada cara lainnya yang bisa pengguna lakukan untuk menonaktifkan fitur Quick Share di HP ini. Caranya tak lain lewat Pengaturan. Berikut tutorialnya.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di ponsel.
  2. Pilihlah menu Perangkat Terhubung.
  3. Setelah itu, klik Berbagi Cepat.
  4. Jika sudah, pilih Siapa yang Dapat Berbagi Dengan Anda.
  5. Dari sini pengguna tinggal memilih Tidak Ada Siapapun.

Tips Sukses Menggunakan Quick Share

Terlihat jelas bahwa fitur ini mampu membantu penggunanya dalam mengirim berbagai jenis file secara cepat dan tepat. Proses pengirimannya juga mudah sehingga pemula tak perlu ragu mencobanya.

Kendati demikian, masih ada saja pengguna yang gagal melakukannya. Supaya tidak salah melakukannya, bisa cermati berbagai tips memanfaatkan Quick Share di HP.

Salah satu tipsnya yakni pastikan perangkatnya berbasis Android. Hal ini karena fitur tersebut memang mendukung pengiriman file antar perangkat Android. Dalam hal ini, bukan hanya sebatas smartphone saja, melainkan juga perangkat Android lainnya.

Dengan menggunakan perangkat yang tepat, maka tak ada alasan pengiriman file akan gagal. Jika masih gagal, bisa coba tips lainnya.

Tips ini tak lain ialah dengan mendekatkan perangkatnya. Semakin dekat jarak antar perangkatnya, maka kian cepat proses transfer file lewat Quick Share di HP.

Maka dari itu, pertimbangkan lokasi atau letak perangkat. Jangan terlalu jauh karena akan menyulitkan dalam pemindaian perangkat nantinya.

Fitur ini sebenarnya mudah pengguna temukan di ponsel Samsung. Meski begitu, seiring berjalannya waktu, sudah ada ponsel Android lainnya yang juga memiliki fitur ini.

Bahkan ponsel Xiaomi juga memilikinya. Pada umumnya, fitur ini ada di ponsel dengan sistem operasi versi 13 atau lebih baru lainnya.

Setelah cek uraian di atas, pengguna bisa tahu apa itu Quick Share. Sesudah memahaminya, bisa coba mengaktifkan dan memanfaatkan Quick Share di HP sebagaimana mestinya. Apabila sudah selesai memanfaatkannya, bisa nonaktifkan lagi sesuai dengan cara di atas.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas