5 Cara Mengganti Oli Mobil yang Mudah dan Cepat, Kalian Wajib Tahu!

Oli

Oli merupakan komponen penting mobil yang membutuhkan penggantian rutin biar performa mesinnya tetap terjaga dengan baik.

Oli setidaknya perlu diganti ketika sudah memasuki penggunaan bulan ketiga atau sudah mencapai sekitar 5 ribu km. Namun kebanyakan orang merasa takut untuk mengganti oli padahal cara mengganti oli mobil mudah banget.

Baca juga: Bahan Bakar Pertalite Bakal Mahal, Kenali 6 Ciri Mobil Boros Bahan Bakar

Cara Mengganti Oli Mobil

oli

Kira-kira langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengganti oli mobil? Biar nggak penasaran kamu bisa memperhatikan penjelasannya di bawah ini:

  • Dinginkan mobil terlebih dahulu

Jika kamu baru saja menggunakan mobil untuk jalan-jalan lebih baik kamu mendinginkannya terlebih dahulu. Oli dan mesin yang panas berbahaya untuk langsung dipegang apalagi ketika terkena kulit. Nggak cuma itu karena kaitan baut pada kuncian tempat oli ketika masih panas ternyata memuai sehingga sulit untuk dibuka.

  • Posisikan mobil biar lebih tinggi

Jika di bengkel biasanya untuk bisa lebih mudah mengganti oli bakalan didongkrak sehingga posisi dari mobilnya bakalan lebih tinggi. Dongkrak atau tinggikan bagian mobil bagian depannya untuk mempermudah proses pengeluaran atau pengurasan dari oli bekas yang ada di dalam wadahnya.

Selanjutnya kamu bisa langsung membuka bagian penutupnya. Namun sebelum itu jangan lupa untuk memberikan wadah di bawahnya, tujuannya adalah untuk menampung semua oli bekas biar nggak tercecer sehingga kamu nggak perlu repot.

  • Buka oli filter

Selanjutnya jika sudah siap maka langkah berikutnya adalah kamu perlu membuka oli filter untuk mempermudah pengurasannya. Jika sudah yakin bersih dan nggak ada yang tersisa langkah selanjutnya adalah menutup bagian baut penguras.

  • Masukkan oli baru

Langlah keempat yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan oli baru ke dalam tangki yang tersedia. Namun jangan lupa untuk mengecek kondisi bautnya biar benar-benar sudah erat dan nggak bakalan bocor saat pengisian.

  • Selesai

Langkah terakhir adalah kamu perlu menutup tangki oli dengan erat jangan sampai terbuka. Kemudian bersihkan sisa-sisa oli yang ada di sekitarnya begitu juga dengan oli bekas jangan sampai dibuang sembarangan. Selanjutnya kamu bisa memanasi mobil dan mencoba kinerja dari mesinnya.

Rekomendasi Oli Mobil

Oli
Hands of mechanic pouring a bottle of oil in car engine

Tertarik untuk membeli oli mobil yang baru? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasinya di bawah ini:

  • Unil Opal Opaljet Long Life 3 Dexos 2 5W-30

Rekomendasi produk pertama yang bisa kamu beli adalah Unil Opal Opaljet Long Life 3 Dexos 2 5W-30. Oli ini bakalan cocok banget untuk meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik. Pembuatannya sudah memenuhi persyaratan ketat mesin kendaraan modern yang digunakan dalam semua kondisi.

Nggak heran kalau bagus banget digunakan untuk perlindungan mesin yang sangat baik dan memperpanjang umur mesin yang paling kuat, bensin, diesel atau turbo diesel, sistem multi-katup. Bakalan cocok banget ketika digunakan pada untuk mobil dengan DPF (Diesel Particle Filter), (standar ACEA C2) dan Dexos 2 homologated.

Diproduksi dengan bahan terbaik dan kemasan yang menjamin kualitas oli sampai ke tangan pembeli. Kamu yang tertarik bisa langsung mendapatkannya dengan harga sekitar Rp180 ribuan.

  • Shell Helix HX7 5W-40 Oli Mobil

Rekomendasi produk kedua yang nggak kalah bagus untukmu adalah Shell Helix HX7 5W-40 Oli Mobil. Oli ini bagus banget digunakan untuk melindungi performa mesin biar tetap bagus dan maksimal lajuannya. Dibekali dengan penggunaan flexi molecule technology sehingga mampu memberikan perlindungan dari karat dan juga gangguan lainnya.

Dikemas dalam ukuran 1 literan sehingga lebih praktis untuk disimpan dalam jangka panjang. Oli ini juga aman banget digunakan untuk mesin turbocharged. Nggak heran kalau banyak mobil bakalan cocok dengan oli yang satu ini. Jika kamu penasaran dengan performa dari olinya kamu bisa langsung mendapatkannya seharga Rp79 ribuan.

  • Mobil 1 0W-40 Oli Pelumas

Produk ketiga yang bisa kamu pertimbangkan pembeliannya adalah Mobil 1 0W-40 Oli Pelumas. Olinya memang keren dan premium banget sehingga bisa digunakan untuk semua jenis mesin seperti mesin turbo-charger, mesin diesel direct injection, dan hybrid. Oli yang diformulasikan khusus untuk menjaga mesin biar tetap bagus dan maksimal.

Nggak heran kalau oli ini mampu memberikan daya pembersih yang luar biasa dan perlindungan pada kinerja mesin secara keseluruhan. Selain itu, olinya juga bagus digunakan untuk mengurangi keausan mesin dan deposit lumpur atau kotoran bahkan dalam kondisi mengemudi yang paling ekstrim. Isian lebih banyak sekitar 4 literan jadi lebih awet.

Untukmu yang penasaran bisa langsung mendapatkannya dengan harga sekitar Rp898 ribuan.

  • Daihatsu Gear SAE 90 API GL-5 Oil Pelumas for Mobil

Rekomendasi oli keempat yang bisa kamu beli adalah Daihatsu Gear SAE 90 API GL-5 Oil Pelumas for Mobil. Oli ini keren banget karena menggunakan differential gear dari deposit sehingga perlindungan yang diberikan bakalan maksimal banget. Cocok banget untuk mendukung semua kendaraan daihatsu berpenggerak roda belakang.

Diformulasikan dengan bahan terbaik dan dikemas dalam ukuran 1 literan untuk membuatnya lebih praktis dibawa sesuai kebutuhan. Mesin mobilmu bakalan lebih terjaga dari korosi dan juga kerusakan lain yang mungkin terjadi. Kamu yang tertarik untuk mendapatkan oli ini juga bisa mendapatkannya sekitar Rp67 ribuan.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas