Rekomendasi 10 Wisata Alam Jawa Timur yang Indah Menarik Dikunjungi

Wisata alam jawa timur Taman nasional alas purwo

Jawa Timur ini adalah sebuah provinsi yang terletak di sebelah timur pulau Jawa yang memiliki ibukota di kota Surabaya. Provinsi dengan luas wilayah sekitar  47.922 km² ini memiliki banyak tempat wisata Jawa Timur yang menakjubkan berkat keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Wisata alam Jawa Timur memang menjadi primadona tersendiri di Indonesia. Jika Anda berminat untuk menghabiskan waktu dengan berlibur, kawasan Jawa Timur dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Jawa Timur dengan topografi serta kenampakan alamnya membuat banyak tempat menjadi menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya yakni wisata pantai, pulau, deretan pegunungan, hingga taman nasional yang memukau.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur Bagus dan Terkenal 2022

Bukan pemandangan alamnya saja yang eksotis, Jawa Timur juga memiliki deretan daya tarik sendiri. Di antaranya seperti kuliner hingga budaya masyarakatnya yang juga cukup berbeda dari yang lainnya.

Maka dari itu, kawasan wisata alam Jawa Timur rasanya tepat untuk dipilih bagi Anda bersama dengan orang-orang terdekat. Nah, lantas apa saja rekomendasi tempat wisata alam Jawa Timur tersebut?

Rekomendasi Wisata Alam Jawa Timur yang Menarik untuk Dikunjungi

1. Pantai Teluk Hijau

Selain Pantai Pulau Merah, tempat wisata alam jawa timur yang dapat dikunjungi berikutnya yakni Pantai Teluk Hijau. Pantai Teluk Hijau tersebut tak lain berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Seperti namanya, pantai yang satu ini memang memiliki air laut dengan warna eksotis. Lantaran masih asri dan ditumbuhi alga, warna airnya pun nampak seperti biru kehijau-hijauan.

Selain itu, ada daya tarik tersendiri dari Pantai Teluk Hijau. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan batu karang yang berjajar di bibir pantai dengan begitu menarik.

2. Taman Nasional Baluran

Selain Taman Nasional Alas Purwo, Anda juga dapat berkunjung ke salah satu wisata alam Jawa Timur yang lainnya. Tempat wisata yang sama halnya menyajikan keindahan alam Jawa Timur tersebut tak lain berupa Taman Nasional Baluran.

Yang berbeda, Taman Nasional Baluran merupakan habitat dari 26 jenis mamalia, 44 jenis flora, serta ratusan jenis burung. Saking cantiknya, Taman Nasional Baluran ini telah dikenal luas hingga ke mancanegara.

Maka dari itu, tak heran jika banyak pengunjung dari berbagai negara yang antusias untuk menikmati pemandangan dari Taman Nasional Baluran. Jika Anda tertarik, cukup kunjungi Taman Nasional Baluran yang berlokasi di kawasan Situbondo serta Banyuwangi.

3. Gunung Ijen

Tempat wisata alam Jawa Timur yang berikutnya yakni Gunung Ijen. Gunung Ijen merupakan destinasi wisata yang terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi.

Daya tarik wisata alam jawa timur yang satu ini yakni terletak di fenomena alamnya. Salah satunya yakni blue fire yang seringkali terjadi di seputaran kawasan Gunung Ijen.

Disebut-sebut, hal ini hanya terjadi di Gunung Ijen. Maka dari itu, banyak dari pengunjung yang merasa penasaran untuk melihat fenomena langka tersebut di kawasan Gunung Ijen dengan antusias.

4. Gili Labak

Rekomendasi wisata alam Jawa Timur yang pertama yakni Gili Labak. Gili Labak yang tepatnya berada di Sumenep ini merupakan tempat wisata alam berbasis pulau.

Sehingga, bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda dari lainnya, Gili Labak bisa dicoba untuk dikunjungi bersama dengan orang-orang tercinta. Bukan hanya indah, Gili Labak juga menyajikan pemandangan bawah laut yang eksotis berupa bebatuan dasar.

Anda tak akan mudah bosan di lokasi yang satu ini. Sebab, Gili Labak diketahui memiliki luas hingga 5 hektare untuk dijelajahi.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Selain keindahan pantai yang eksotis dan indah, kawasan Jawa Timur juga memiliki banyak tempat yang mendapatkan label sebagai taman nasional. Salah satunya yakni tempat wisata alam Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional Alas Purwo tepatnya berada di dua kecamatan yang berbeda yakni Tegaldlimo serta Purwoharjo, Banyuwangi. Destinasi alam yang satu ini dapat memanjakan mata para pengunjungnya dengan deretan hutan, savana, gua, hingga pantai yang cantik.

Selain itu, terdapat pula beragam keanekaragaman hayati yang jarang ditemui di tempat lain. Di antaranya yakni rusa, banteng, kijang, lutung, macan tutul, hingga beragam tanaman yang indah.

6. Taman Nasional Bromo Tengger

Destinasi wisata alam Jawa Timur yang tak kalah terkenalnya yakni Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru. Wisata alam yang ketujuh ini tak lain berlokasi di empat Kabupaten sekaligus yakni Pasuruan, Malang, Probolinggo, dan Lumajang.

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, kawasan yang satu ini memang tepat untuk dijadikan pilihan. Sebab, Taman Nasional Bromo Tengger memiliki deretan pegunungan yang dapat dikunjungi yakni Semeru, Batok, Bromo, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada daya tarik lain di kawasan yang satu ini. Di beberapa gunung tersebut, Anda dapat menemukan beberapa jenis flora yang dilindungi seperti bunga Edelweiss.

7. Gunung Semeru

Selain itu, tempat wisata alam Jawa Timur yang tak kalah indah dan menarik adalah Gunung Semeru. Letaknya yakni berada di kawasan administratif Lumajang serta Malang.

Daya tariknya tak lain adalah ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.600 mdpl. Hal ini membuat Gunung Semeru diklaim sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Bukan hanya pemandangan gunungnya saja yang indah, para pengunjung pun juga dapat menikmati keasrian dan kesejukan danau Ranu Kumbolo. Tak heran, banyak wisatawan yang antusias untuk mendaki gunung cantik yang satu ini.

8. Gunung Welirang

Satu lagi tempat wisata alam Jawa Timur yang dapat memanjakan mata. Tempat tersebut tak lain yakni Gunung Welirang.

Gunung Welirang sendiri berlokasi di Kabupaten Mojokerto dan Malang. Daya tariknya yakni munculnya kandungan belerang yang melimpah. Tak heran jika nama tempat wisata ini memiliki arti belerang dalam bahasa Jawa.

9. Pantai Pulau Merah

Selain wisata pulau, kawasan Jawa Timur juga memiliki deretan wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satu destinasi wisata alam Jawa Timur yang berikutnya ini tak lain adalah Pantai Pulau Merah.

Di tempat ini, Anda dapat memanjakan mata dengan menyaksikan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah bibir pantai. Tingginya bahkan mencapai 200 meter.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah, letaknya yakni berada di Desa Sumberagung, Banyuwangi. Selain menikmati keindahannya, Anda dapat mengabadikan momen dengan berswafoto.

10. Pantai Banyu Tibo

Rekomendasi wisata alam Jawa Timur yang keempat yaitu Pantai Banyu Tibo. Nama dari pantai yang satu ini tak lain terinspirasi dari pemandangan alam di lokasi itu sendiri.

Di pantai eksotis ini, terdapat air terjun cantik yang langsung mengalir ke arah pantai di bagian selatan. Lantaran memiliki air terjun, Pantai Banyu Tibo pun juga mempunyai pemandangan berupa dua buah tebing yang menarik untuk dinikmati.

Untuk berkunjung ke Pantai Banyu Tibo, pengunjung dapat langsung bergegas ke Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Setiap pengunjung dibebaskan untuk mandi atau sekadar bermain air di beberapa tempat yang aman di lokasi tersebut.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas