Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur Bagus dan Terkenal 2022

1660569705006

Setelah Surabaya dan Malang, Kediri yang terkenal sebagai wilayah pusat perdagangan rokok dan gula termasuk salah satu kota terbesar di provinsi Jawa Timur. Dalam bidang pariwisata, Kota Kediri sendiri juga memiliki sederet tempat wisata di jawa timur yang sangat bagus dan tak kalah menarik dibanding di Jatim mulai dari sejarah, kuliner religi sampai pantai.

Beberapa objek wisata yang terkenal di kota Kediri seperti air terjun Dolo, kampung inggris Pare, Monumen Simpang Lima Gumul.

Selain itu masih ada beberapa objek wisata alam lainnya yang juga menawarkan panorama yang sangat menakjubkan sebagai berikut ini.

Tempat Wisata di Jawa Timur Yang Indah

1. Pantai Peh Pulo

Daftar tempat wisata di jawa timur pertama yang sangat bagus dan juga terkenal dekat dengan Kediri adalah Pantai Peh Pulo berada di daerah Blitar sebelah selatan Tulungagung.  Yang menawarkan pemandangan sangat indah dan juga cukup eksotis membuat objek wisata satu ini sangat oke bila dijadikan tempat hunting foto keren.

Bahkan dengan pemandangan yang begitu memukai tak heran kalau banyak orang menjuluki Peh Pulo sebagai Raja Ampat kota Blitar.

2. Pantai Jolosutro

Bila pemandangan Peh Pulo terkenal sebagai Raja Ampat Blitar, berbeda dengan tempat wisata di jawa timur Jolosutro yang cukup populer karena memiliki pasir hitam yang bersih. Pasirnya yang berwarna hitam membuat panorama Jolosutro semakin eksotis juga elegan, apalagi kalau terkena sinar matahari maka kilatannya akan begitu sangat indah.

Untuk lokasi Jolosutro letaknya tidak jauh dari pusat kota, hanya saja untuk menuju tempat tersebut sedikit sulit karena berada di area perbukitan.

3. Tambakrejo

Objek wisata pantai di jawa timur berikutnya yang dikenal dengan nama Pantai Tambakrejo yang menjadi salah satu destinasi liburan paling banyak peminatnya baik dari dalam maupun luar kota.

Tambakrejo terkenal memiliki dua sisi dengan skala ombak berbeda dan menghasilkan cipratan air gelombang besar menjadi pemandangan yang sangat indah bila diabadikan. Tak hanya sekedar menikmati nuansa alami, kawasan Tambakrejo ini sendiri juga menjadi spot paling bagus untuk mendapatkan foto dengan background yang sangat bagus.

Disamping itu, Tambakrejo juga terkenal sebagai salah satu tempat pelelangan dan penjualan ikan-ikan yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan.

4. Air terjun Madakaripura

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun di Probolinggo ini, ada harga yang harus dibayar. Harga tersebut muncul dalam rupa trek sepanjang 2 kilometer, sehingga tempat ini mungkin sudah kehilangan pesonanya bagi mereka yang tidak senang ketika mereka harus berjalan jauh.

Akan tetapi, mereka yang telah membayar harga tersebut dapat menikmati pemandangan yang diberikan oleh air terjun setinggi 200 meter ini. Air terjun ini konon katanya merupakan tempat Patih Gajah Mada bermeditasi, sehingga air terjun ini memiliki nilai historis juga.

Jika kalian memutuskan untuk menyusuri tempat ini, jangan lupa untuk berhati-hati karena jalur trekking yang harus dilalui cukup licin. Bawalah sandal atau sepatu yang anti licin dan usahakan jangan melakukan trekking ini sendirian.

5. Pantai Klayar

Jika kalian sedang berada di daerah Pacitan dan kalian ingin berjalan-jalan di pantai, maka pantai Klayar bisa jadi tempat wisata pantai di jawa timur yang bagus untuk kalian. Sebagai salah satu tempat di Pacitan yang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi, pantai pasir putih ini tentunya memiliki daya tariknya tersendiri bagi pecinta pantai.

Berbeda dengan pantai-pantai terkenal lainnya, air laut di Pantai Klayar termasuk amatlah jernih dan aman jika kalian ingin berenang. Pantai ini juga memiliki seruling lautnya sendiri dalam rupa karang besar yang terdapat di ujung pantai. Ketika ombak mengenai karang besar ini, seruling laut tersebut akan menghasilkan bunyi unik yang tidak dapat kalian temukan dimana-mana.

6. Gunung Bromo

Menyebut tempat wisata di Jawa Timur tidak akan pernah lengkap kalau tidak menyebut Gunung Bromo. Gunung ini adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur paling populer, dan jadi favorit banyak orang karena pemandangannya yang indah dan akses yang cukup baik.

Gak seperti naik gunung pada umumnya, kamu gak perlu trekking hingga berjam-jam untuk sampai ke Kawah Bromo karena Anda bisa naik mobil jeep ke sana, lalu baru jalan menanjak sedikit ke puncak.

Bahkan masyarakat lokal juga menyewakan kuda yang bisa digunakan wisatawan yang ingin ke puncak namun tidak cukup kuat untuk trekking ke atas.

Pastikan Anda melihat sunrise yang indah di Bromo, setidaknya sekali seumur hidup!

7. Taman Nasional Baluran

Satu lagi alasan mengapa Banyuwangi menjadi begitu terkenal dalam beberapa tahun terakhir adalah Taman Nasional Baluran. Bersama Kawah Ijen, Baluran menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi.

Meski berada di Kabupaten Situbondo, Baluran kini lebih dikenal sebagai destinasi wisata Banyuwangi karena letaknya yang hanya sekitar 1,5 jam perjalanan darat dengan mobil dari kota tersebut.

Di Taman Nasional Baluran, Anda akan menemukan lanskap alam yang bener-bener beda dari yang biasa Anda lihat di bagian Indonesia lainnya: alih-alih hutan tropis yang lebat dengan barisan pepohonan, Taman Nasional Baluran punya padang sabana yang bakal mengingatkan Anda pada lanskap Afrika.

8. Air Terjun Tumpak Sewu

Memandangi air terjun adalah salah satu pengalaman yang akan membuat hati tenang, dan Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu tempat wisata air terjun terbaik yang bisa kamu temukan di Jawa Timur!

Agak berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu cukup unik karena berbentuk lebar seperti tirai, karena aliran air Sungai Glidik yang melebar. Gak heran kalau banyak orang kemudian menyebut Air Terjun Tumpak Sewu seperti Niagara di Amerika Utara.