Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Penyebab Tombol Volume HP Lepas, Ketahui Cara Mengatasinya

2400
×

2 Penyebab Tombol Volume HP Lepas, Ketahui Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
tombol volume hp lepas

Penyebab Tombol Volume HP Lepas – Tombol volume HP lepas bisa terjadi kapan saja. Ketika tombol volume pada HP lepas, jangan langsung panik. Anda bisa mengatasinya dengan tips HP mudah dan aman.

Smartphone saat ini sebagian besar memang sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Hal itu membuat keberadaan tombol fisik pada HP semakin berkurang.

Namun, penggunaan tombol fisik tidak hilang sepenuhnya. Smartphone masih memiliki tombol fisik pada bagian tombol volume dan juga power.

Baca Juga: Inilah 3 Dampak Baterai Laptop Overcharger Harus Kalian Ketahui serta Tips Merawatnya

Tombol volume pada HP seringkali mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah tombol yang lepas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Tombol Volume HP Lepas, Atasi dengan Cara Ini

Bagian HP yang memiliki peranan cukup penting adalah tombol volume. Sebagai tombol fisik, tentu saja bagian ini cukup rentan.

Tombol volume berada di bagian samping ponsel dan umumnya berdekatan dengan tombol power. Meski kebanyakan ponsel saat ini sudah menggunakan desain layar sentuh, tetapi nyatanya penggunaan tombol volume fisik masih menjadi pilihan yang terbaik.

Sayangnya memang tombol volume ini seringkali bermasalah. Dalam pemakaian yang lama, tombol volume seringkali lepas atau copot dari tempatnya.

Apabila ini terjadi, maka tentu saja tombol volume tidak dapat Anda gunakan dengan bebas. Itulah kenapa, Anda perlu memperbaiki tombol volume HP lepas.

Apa yang Menyebabkan Tombol Volume Lepas?

Mungkin Anda perlu mengetahui juga apa yang menyebabkan tombol volume dapat rusak atau lepas.

Sebenarnya tombol volume pada HP itu sudah terpasang dengan baik. Namun begitu, tombol volume ini bisa lepas kapan saja karena faktor pemakaian.

Baca Juga:  Review Flash HP dengan Laptop untuk Kerja Perangkat yang Lebih Kuat 2023

Salah satu faktor utama adalah masuknya debu. Ketika debu menumpuk di bagian dalam, maka sudah tombol volume tersebut akan terdorong keluar.

Jika Anda membiarkannya saja, maka tombol volume dapat lepas dari tempatnya. Selain itu, tombol volume HP lepas juga bisa terjadi karena benturan akibat jatuh.

Karat atau korosi pada tombol volume juga menjadi penyebab tombol dapat lepas secara tiba-tiba. Ketika terjadi karat, maka tombol tidak akan bisa terkoneksi dengan baik.

Selain itu, penyebab tombol volume lepas lainnya adalah karentoma lempengan pada plat yang bergeser atau tidak pada posisinya atau ada sambungan yang terputus.

Memasang Kembali Tombol Volume yang Lepas

Sebenarnya Anda bisa memasang kembali tombol volume yang lepas sendiri. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan obeng HP, lem, pinset, hingga cutter.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Padahal Sudah Dicas, Berikut Solusinya

Setelah alat-alat tersebut siap, buka casing HP terlebih dahulu. Beberapa ponsel ada yang tombol powernya hanya menempel dengan plat, maka Anda hanya perlu melepas baut casing saja.

Setelah bagian casing dan bautnya terbuka, buka lebih lebar dengan menggunakan cutter atau obeng tipis. Anda perlu membukanya dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lain di dalamnya.

Setelah itu, periksa lempengan plat untuk mendapatkan alasan kenapa tombol volume HP lepas. Jika terdapat karat atau korosi, gosok dengan ujung cutter secara perlahan agar karat menipis.

Jika sudah diperbaiki, segera pasang plat dan berikan sedikit lem pada tepi lempengan. Jangan lupa tutup kembali casing dan nyalakan ponsel.

Menggunakan Pengaturan dan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda sudah melakukan pengecekan dan ternyata kerusakan yang terjadi parah, maka sebaiknya jangan coba-coba memperbaikinya sendiri.

Baca Juga:  Begini 3 Cara Telegram Centang Biru, Bisa dengan Beli Telegram Premium

Untuk itu, Anda bisa menggunakan pengaturan untuk mengatur volume ketika tombol volume lepas dan tidak bisa digunakan.

Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan ponsel, kemudian pilih menu ‘Suara dan Getar’, setelah itu aturlah volume sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Laptop, Mudah dan Paling Akurat!

Selain itu, Anda juga bisa mengatur volume melalui bola navigasi yang sudah ada di kebanyakan smartphone saat ini. Bahkan jika HP Anda belum memiliki fitur tersebut, Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga secara langsung.

Pilihan lainnya adalah langsung menggunakan aplikasi atur volume pihak ketiga. Anda dapat mencarinya di Google Play Store atau App Store secara langsung, maka akan muncul berbagai aplikasi pengaturan volume yang terpercaya.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut hingga bisa membawanya ke tempat perbaikan agar tombol volume HP lepas bisa kembali seperti semula. Dengan begitu, kegiatan Anda di smartphone tidak akan terhambat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas