Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android, Lakukan Ini Dijamin Ampuh!

318
×

2 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android, Lakukan Ini Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
aplikasi terhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android – Penyebab aplikasi terhenti bisa karena berbagai faktor. Aplikasi terhenti penyebabnya tidak hanya satu. Akan tetapi, ada banyak faktor yang mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Meski demikian Anda harus tenang, sebab saat ini sudah banyak tips Android yang mampu membantu mengatasi terjadinya masalah tersebut. Gunakan cara yang tepat agar aplikasi Android dapat berjalan dan berfungsi dengan benar.

Penyebab Aplikasi Terhenti dan Cara Mengatasinya

Saat ini untuk platform Android dan iOS sudah tersedia banyak aplikasi yang dapat membantu untuk kegiatan sehari-hari. Dengan alasan inilah berbagai aplikasi tersedia dengan berbagai fungsi berbeda.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Watermark Capcut Tanpa Aplikasi Tambahan, Dijamin Berhasil!

Karena perannya yang cukup penting, membuat pengguna smartphone mendownload dan menggunakan aplikasi.

Sayangnya hal ini tidak selamanya baik-baik saja. Terkadang ada juga aplikasi yang tiba-tiba terhenti. Untuk bisa mengatasinya Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa aplikasi bisa berhenti begitu saja.

Memori Penuh

Salah satu penyebab aplikasi terhenti karena memori ruang penyimpanan penuh atau tidak cukup. Jika aplikasi terhenti akibat memori penuh, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya:

  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan: Coba tutup aplikasi yang tidak digunakan saat ini. Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat mengonsumsi banyak memori dan menyebabkan masalah pada aplikasi lain.
  • Hapus data cache aplikasi: Cobalah untuk menghapus data cache aplikasi dari pengaturan aplikasi. Hal ini dapat membantu membersihkan data sementara yang mungkin menjadi penyebab masalah.
  • Hapus file yang tidak perlu: Pastikan Anda menghapus file yang tidak diperlukan dari perangkat Anda, seperti file download atau file yang disimpan di penyimpanan internal. Hal ini dapat membantu mengosongkan ruang penyimpanan dan memperbaiki masalah pada aplikasi.
  • Restart perangkat: Jika masalah masih terjadi, coba untuk merestart perangkat Anda. Hal ini dapat membantu membersihkan memori dan memperbaiki masalah sementara pada aplikasi.
  • Gunakan aplikasi pengelola memori: Ada beberapa aplikasi pengelola memori yang tersedia di toko aplikasi, seperti Clean Master atau CCleaner. Aplikasi ini dapat membantu mengoptimalkan memori perangkat Anda dan memperbaiki masalah pada aplikasi.
  • Tingkatkan kapasitas memori: Jika masalah terus terjadi, pertimbangkan untuk meningkatkan kapasitas memori perangkat Anda, seperti dengan menambahkan kartu SD atau memperbarui ke perangkat dengan memori yang lebih besar.
Baca Juga:  Inilah 2 Cara Mengganti Device ID Android dengan Aplikasi, Dijamin Berhasil!

Penyebab Aplikasi Terhenti karena Koneksi Internet Buruk

Jika penyebab aplikasi terhenti karena koneksi internet yang buruk, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya:

Baca Juga: 8 Aplikasi Portable Windows untuk Menunjang Kreativitas, Bikin Konten Kreator Makin Mantap

  • Periksa koneksi internet: Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cukup cepat untuk menjalankan aplikasi. Cobalah untuk memeriksa koneksi internet Anda dengan membuka situs web atau aplikasi lain.
  • Restart router atau modem: Jika koneksi internet Anda terganggu, coba restart router atau modem Anda. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah jaringan sementara.
  • Periksa pengaturan jaringan: Pastikan pengaturan jaringan di perangkat Anda sudah benar. Pastikan bahwa mode pesawat atau koneksi data seluler tidak aktif jika Anda menggunakan Wi-Fi.
  • Tutup dan buka kembali aplikasi: Jika masalah terjadi pada satu aplikasi, coba tutup dan buka kembali aplikasi. Ini dapat membantu memperbaiki masalah sementara pada aplikasi.
  • Perbarui aplikasi: Pastikan aplikasi yang digunakan diperbarui ke versi terbaru. Versi terbaru mungkin telah diperbarui dengan perbaikan bug dan peningkatan performa yang dapat membantu mengatasi masalah jaringan.
  • Gunakan VPN: Jika masalah koneksi terjadi pada satu aplikasi atau di satu jaringan saja, coba gunakan VPN untuk mengubah lokasi server atau mengamankan koneksi internet Anda.

Masalah pada Sistem Operasi

Saat ini pembaruan smartphone terus berkembang dengan sangat cepat. Seiring berjalannya waktu, tentu sistem operasi Android juga mengalami update. Sehingga untuk ponsel edisi lama tentu tidak akan cocok dengan sistem operasi baru tersebut.

Baca Juga: 3 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis, Lagi Trend Sekarang!

Misalnya saja saat Anda menggunakan smartphone Android 4.4 KitKat. Sedangkan aplikasi minimal membutuhkan Android 5.0 Lollipop. Karena inilah secara otomatis aplikasi akan terhenti dan tidak dapat berfungsi.

Baca Juga:  Inilah 4 Cara Merekam Layar di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Masih banyak penyebab yang dapat terjadi ketika aplikasi tiba-tiba tidak berjalan. Termasuk file cache penuh yang sering terjadi. Karena alasan inilah sebaiknya Anda dapat mengatasinya dengan mengetahui penyebab aplikasi terhenti.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas