Scroll untuk baca artikel
PeristiwaBangka

Tiga Dusun di Belinyu Terendam Banjir

215
×

Tiga Dusun di Belinyu Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
IMG 20230131 WA0016
Foto: Kondisi rumah warga yang terdampak banjir. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Hujan yang mengguyur Kabupaten Bangka selama dua hari terakhir mengakibatkan tiga dusun di Desa Lumut, Kecamatan Belinyu mengalami banjir, Selasa (31/1/2023).

Tiga dusun tersebut yakni Dusun Gedong, Dusun Parit Kelapa dan Dusun KD Belinyu. Bahkan setidaknya ada 50 rumah yang terdampak.

Kepala Desa Lumut Frenky Rickyanto Liong saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selularnya mengatakan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

“Kami sudah monitoring ke tiga Dusun, tinggi air mulai dari mata kaki hingga batas lutut orang dewasa,” ungkapnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan sudah bisa diatasi dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian dan kecamatan.

Camat Belinyu, Lingga Pranata mengatakan, penyebab banjir ini adalah kondisi curah hujan yang tinggi sehingga membuat volume air menjadi naik serta ditambah kondisi pasangnya air laut.

“Tadi kami lakukan peninjauan ke kampung Gedong terkait laporan dari Kades bahwa ada peningkatan volume air di sana. Bersasarkan komunikasi dan diskusi dengan Kades dan masyarakat Allhamdulillah banjir ini diakibatkan karena volume air hujan cukup tinggi,” kata Lingga.

Ia menegaskan saluran air di Desa Lumut sendiri tidak ada kendala namun kondisi air laut pasang sehingga air tidak langsung ke laut.

“Kalau kami melihat dari buangannya, ataupun aluran pembuangan ini tidak ada permasalahan lagi. Jadi bisa dipastikan banjir di Dusun Gedong dan sekitarnya ini diakibatkan tingginya volume hujan dan pasangnya air laut,” jelasnya.(red)