Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Sungai Coyan Akan Dinormalisasi

262
×

Sungai Coyan Akan Dinormalisasi

Sebarkan artikel ini
IMG 20231205 WA0021

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan melakukan normalisasi Sungai Coyan, Koba untuk mengatasi pengendapan air yang sering terjadi di daerah tersebut.

Rencana ini diungkapkan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (5/12/2023).

Beberapa tahun terakhir, sungai ini mengalami masalah serius akibat pengendapan air yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat seperti pertanian, pasokan air bersih, dan drainase.

Algafry Rahman menggambarkan pentingnya normalisasi Sungai Coyan untuk mengatasi masalah pengendapan air yang sudah berlangsung begitu lama.

“Kita semua menyadari betapa krusialnya permasalahan ini bagi masyarakat di sekitar Sungai Doyan. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten siap melaksanakan normalisasi sungai ini untuk memastikan aliran air yang lancar dan mengatasi permasalahan pengendapan air,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, jika sungai tersebut sudah dibersihkan oleh masyarakat peduli lingkungan guna mempercantik sungai tersebut dan melihat apakah sungai tersebut memang mengendap karena aliran sungai yang tertutup.

“Kemaren masyarakat bersama pemerintah sudah membersihkan sungai tersebut dan sekarang sudah bersih. Tinggal kita lihat apakah memang mengendap atau tidak. Kalau iya, kami akan lakukan normalisasi, ” ujar Algafry.

Algafry juga mengatakan, Normalisasi sungai ini akan dilakukan dengan menghilangkan penghalang-penghalang alami di sungai dan melakukan pembersihan serta perbaikan terhadap saluran air yang ada. Selain itu juga akan direlokasi kembali alur air dan penampungan air agar aliran sungai tetap terjaga dan tidak terjadi pengendapan air.

Algafry juga menekankan pentingnya partisipasi dan dukungan masyarakat dalam melaksanakan normalisasi ini. Menurutnya, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai serta menjaga vegetasi di sekitar sungai sangatlah penting dalam menjaga keberlanjutan normalisasi sungai tersebut.

Baca Juga:  Sempat Duguyur Gerimis, Upacara HUT ke-78 RI di Bangka Tengah Berlangsung Khidmat

“Kami mengajak seluruh masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Doyan untuk ikut serta menjaga kebersihan sungai ini setelah normalisasi selesai dilaksanakan. Dengan begitu, kita dapat menjaga keberlanjutan dan kelancaran aliran air di sungai ini,” tambahnya.

Normalisasi Sungai Coyan ini diharapkan dapat membawa berbagai manfaat bagi masyarakat. Selain mengatasi masalah pengendapan air, normalisasi ini juga diharapkan dapat mengurangi risiko banjir, meningkatkan produktivitas pertanian, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar sungai.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas