Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review 7 Fungsi Kampas Ganda, Dukung Sistem Pengereman Motor

593
×

Review 7 Fungsi Kampas Ganda, Dukung Sistem Pengereman Motor

Sebarkan artikel ini
Fungsi Kampas Ganda

Fungsi Kampas Ganda Dukung Sistem Pengereman Motor – Fungsi kampas ganda sangat penting pada sepeda motor. Kampas ganda sendiri berupa kampas kopling basah yang biasanya memiliki fungsi utama dalam pengereman. Untuk mengenal komponen motor tersebut secara lebih dekat, Anda bisa cermati uraian berikut.

Baca juga: Penting! Ketahui 7 Tips Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet dan Pakem

Fungsi Kampas Ganda pada Motor

Sepeda motor berbekal sistem pengereman untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan lajunya. Adapun salah satu komponen yang mendukung sistem pengereman pada sepeda motor ini ialah kampas ganda.

Sesuai dengan namanya, kampas ganda memiliki dua mekanisme di sepeda motor. Komponen ini bisa Anda temukan di bagian CVT (Continuously Variable Transmission).

Sama halnya komponen motor yang lainnya, kampas ganda juga memiliki fungsi penting tersendiri. Lantas apa saja kegunaannya?

1. Mengatur Putaran Mesin Saat RPM Rendah

Salah satu fungsinya yaitu memutus putaran mesin saat RPM berada dalam kondisi rendah. Kemudian saat RPM ada dalam posisi tinggi, komponen ini yang berperan penting dalam menghubungkan putaran mesin.

Dengan adanya fungsi tersebut, maka laju sepeda motor bisa tetap stabil. Pengguna bisa mengendalikan motor saat kecepatan tinggi, sedang, maupun rendah.

2. Memutus Putaran Mesin Saat Ganti Gigi

Fungsi lainnya dari kampas ganda pada sepeda motor ialah memutus putaran mesin saat penggunanya ingin melakukan perpindahan gigi. Dengan fungsi tersebut, maka Anda tidak akan merasakan hentakan saat gigi transmisi berpindah.

Laju kendaraan pun bisa terasa mulus meski melakukan perpindahan gigi. Hal inilah yang turut jadi salah satu alasan betapa pentingnya komponen motor ini.

3. Mendukung Pengereman

Sudah bukan rahasia lagi jika sistem kopling ini berperan penting dalam mendukung sistem pengereman pada sepeda motor. Perlu untuk Anda ketahui bahwa kampas ganda bisa menghasilkan gesekan yang kuat bersama cakram rem ketika penggunanya menekan tuas rem.

Baca Juga:  Ingin Dapat Centang Hijau di WA Bisnis? Ikuti 3 Cara Mudah dan Cepat Berikut Ini

Hal tersebut bisa mengubah energi kinetik jadi panas. Alhasil, kecepatan motor bisa berkurang. Dengan kampas ganda, sistem pengereman pada sepeda motor terasa lebih efisien.

Dengan fungsi di atas, keberadaan kampas ganda memang bisa memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengendalikan laju sepeda motor. Terlebih lagi ketika lewati lalu lintas dengan situasi berisiko.

4. Cara Kerja Kampas Ganda

Kinerja kampas ganda bisa Anda ketahui ketika menarik gas sepeda motor. Hal tersebut membuat gaya sentrifugal di kopling primer muncul.

Kampas kopling pun merenggang dan tersambung dengan clutch housing. Kemudian putaran mesin jadi tersalur ke kampas kopling primer dan sekunder sehingga terjadi putaran di roda.

Cara kerjanya juga terlihat ketika mesin motor mati. Pada umumnya, kampas kopling primer ada di clutch housing. Sementara kopling sekunder justru tersambung.

Kemudian untuk motor yang mesinnya nyala atau dalam kondisi stasioner, kampas ganda bekerja dengan menerapkan gaya sentrifugal. Dengan cara kerja ini, kampas kopling bisa membantu setiap pengendara sepeda motor.

5. Efek dan Ciri-ciri Kampas Ganda Habis

Selain mengetahui fungsi dan cara kerjanya, pastikan Anda juga memahami apa saja efek atau bahaya apabila kampas ganda habis. Pada dasarnya, kondisi ini bisa menurunkan tenaga mesin sepeda motor.

Karena performanya menurun, sepeda motor jadi tidak lagi prima untuk Anda gunakan dalam menempuh perjalanan. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda memperhatikan kondisinya sebaik mungkin.

Masalah ini sendiri biasanya juga menimbulkan ciri tertentu. Mulai dari tarikan motor terasa berat, kopling sering terselip, RPM mendadak tinggi, gas brebet, kick starter loss, dan tenaga mesin yang terbebani.

6. Perawatan Kampas Ganda

Supaya tidak mudah habis atau mengalami kerusakan, Anda perlu merawat kampas ganda sebaik mungkin. Untuk merawatnya, Anda hanya perlu cek kondisinya secara berkala.

Baca Juga:  5 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Setelah itu, Anda juga harus membiasakan untuk melakukan pengereman secara tepat. Hindari pengereman secara asal-asalan karena bisa membuat komponen cepat aus.

7. Jenis Kampas Ganda

Tak kalah penting pula untuk Anda ketahui bahwa kampas ganda ini hadir dalam berbagai jenis. Sebut saja kampas ganda organik dan semi metalik.

Dari uraian di atas, Anda bisa mengenal lebih dekat apa saja fungsi kampas ganda yang ada pada sepeda motor. Komponen dalam sistem kopling pengereman motor ini memang sangat penting.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas