Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Programmer Wajib Lihat, 7 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Programmer Pemula Maupun Profesional

1081
×

Programmer Wajib Lihat, 7 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Programmer Pemula Maupun Profesional

Sebarkan artikel ini
programmer

Laptop Terbaik untuk Progammer Pemula dan Profesional – Menjadi seorang programmer tentu harus memiliki gadget yang mendukung. Salah satunya laptop dalam melakukan coding dan aktivitas programming lainnya. Tentu laptop untuk programmer berbeda dengan laptop biasanya.

Sebab, diperlukan spek yang tinggi dan performa yang tangguh. Apa saja rekomendasinya yang bisa Anda pilih untuk mendukung kerja? Simak lebih lengkap dalam artikel kali ini dan pilih laptop sesuai dengan budget Anda.

Baca juga: Rekomendasi 6 Laptop untuk Desain Grafis dan Content Creator Terbaik 2023

Rekomendasi Laptop untuk Programmer

Ada beberapa rekomendasi laptop untuk programmer yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan penggunaan. Terutama dari berbagai brand ternama di dunia.

1. Dell Inspiron 15 3511

Rekomendasi yang pertama adalah Dell Inspiron 15 3511 yang diotaki oleh prosesor Intel Core i5. Kapasitas penyimpanannya adalah 256GB dengan RAM 8GB. Grafis laptop ini semakin memanjakan mata dan mendukung untuk programmer. Ini karena dukungan dari Intel Iris Xe Graphics.

Terlebih lagi dengan fitur touchscreen yang membuat fleksibilitas semakin tinggi, khususnya saat coding. Ukuran layarnya berada di kisaran 15.6 inci dan tidak memakan tempat saat dibawa ke mana saja dan bekerja dari mana saja. Di samping itu, yang membuatnya layak pilih adalah harganya yang ramah di kantong.

Harga Dell Inspiron 15 3511: Rp5.9 jutaan

2. MSI Thin GF 63

Laptop untuk programmer selanjutnya yakni MSI Thin GF63. Walaupun di sebagian kalangan laptop ini dikenal sebagai laptop gaming, namun kemampuannya juga mumpuni untuk coding dan aktivitas programmer. Ini berkat prosesor Intel Core i7-1165G7 yang dimilikinya. Apalagi menggunakan single core membuat performanya lebih cepat.

Dengan kipas pendingin, menjaga suhunya tetap sejuk dan mencegah overheat. Ukuran layar dari laptop ini adalah 15.6 inci. Kemudian, di sektor grafis didukung dengan Nvidia GeForce GTX. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya adalah 512GB dengan RAM sebesar 8GB membuatnya layak dipilih.

Harga MSI Thin GF 63: Rp9.9 jutaan

3. Lenovo IdeaPad Slim 3 15

Ketiga Anda bisa memilih Lenovo IdeaPad Slim 3 15 untuk kinerja programmer. Tak perlu khawatir menggunakannya dalam waktu lama. Sebab, sudah dilengkapi dengan satu buah kipas pendingin yang menjaga laptop tetap dalam suhu yang sejuk. Desainnya yang ramping dengan layar 15.6 inci membuatnya nyaman dibawa ke mana saja.

Prosesornya menggunakan AMD Ryzen 5 yang membuat performanya semakin ngebut. Ditambah lagi dengan adanya grafis dari AMD Radeon Graphics membuat tampilan semakin memanjakan mata pada layar 15.6 inci. Kapasitas penyimpanannya sebesar 512GB dan menggunakan RAM sebesar 8GB.

Harga Lenovo IdeaPad Slim 3 15: Rp7.9 jutaan

4. Laptop untuk Programmer – HP Pavilion X360 14 dy00065TU

Laptop HP pun tidak luput dari incaran para programmer karena performanya yang unggul. Salah satunya adalah HP Pavilion X360 14 dy00065TU. Kerennya lagi, Anda bisa menjadikannya sebagai tablet. Hal itu karena layarnya bisa ditekuk hingga 360°. Inilah yang membuatnya lebih fleksibel dan andal dibawa ke mana saja.

Dibekali dengan prosesor Intel Core i7-1165G7 membuatnya tahan sampai 13 jam. Selain itu, baterai juga mampu diisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit saja. Grafisnya menggunakan Intel Iris Xe Graphics pada layar 14 inci. Penyimpanannya cukup mumpuni dengan 512GB dan dukungan RAM 8GB.

Harga Intel Core i7-1165G7: Rp10.5 jutaan

5. Apple MacBook Pro M2 2022

Bagi para pecinta Apple, rekomendasi untuk programmer adalah Apple MacBook Pro M2 2022. Kerennya lagi, laptop ini adalah yang pertama diotaki oleh chipset pabrikan sendiri yakni Apple M2. Dimana prosesor ini didukung oleh CPU 8 core dan GPU berjumlah 10 core. Layar retinanya berukuran 13.3 inci dan memiliki lampu LED berteknologi IPS.

Kapasitas penyimpanannya sebear 256GB SSD dan bisa dikonfigurasikan hingga 512GB, ITB, bahkan 2TB. Sedangkan untuk RAM-nya sebesar 8GB dan bisa dikonfigurasikan hingga 16GB maupun 24GB. Tentu, kapasitas tersebut sangat mendukung kinerja programmer. Ditambah lagi dengan layar yang keren dan fitur lainnya.

Harga Apple MacBook Pro M2 2022: Rp24.9 jutaan

6. Acer Nitro 5 AN515

Acer Nitro 5 AN515 juga dikenal memiliki performa yang unggul. Tak heran banyak dipilih oleh para gamer. Bagi programmer, tak ada salahnya memilih laptop ini. Terdapat dua kipas dan lima buah heatpipe serta empat saluran pembuangan yang meminimalisir panas.

Layarnya pun cukup luas untuk coding dengan 15.6 inci. Prosesornya menggunakan Intel Core i9-12900H. Kualitas grafik dan gambarnya juga unggul dengan dukungan NVIDIA GeForce RTX 3060. Kapasitasnya sebesar 512GB NVMe dan dukungan RAM DDR5 16GB.

Harga Acer Nitro 5 AN515: Rp21 jutaan

7. Asus Vivobook S14

Rekomendasi laptop untuk programmer ketujuh adalah Asus Vivobook S14. Laptop ini adalah pembaruan dari model sebelumnya, namun banyak spesifikasinya yang lebih unggul. Kapasitas penyimpanannya sebesar 512GB dan RAM 8GB. Grafisnya semakin tajam berkat dukungan Intel Iris Xe yang cukup kencang.

Selain itu juga ada dukungan Nvidia GeForce MX350. Adanya Ergolift Hinge pada laptop semakin mudah untuk mengetik baris program. Sedangkan di bagian belakang sedikit terangkat, dengan begitu telapak tangan dan pergelangan tangan lebih nyaman saat berada di area palm rest.

Harga Asus Vivobook S14: Rp12.9 jutaan