Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Performa Unggul, Inilah 6 Laptop Masih Layak Dibeli di Akhir Tahun 2023

373
×

Performa Unggul, Inilah 6 Laptop Masih Layak Dibeli di Akhir Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
laptop

Laptop Masih Layak Dibeli di Akhir Tahun – Saat membeli laptop, beberapa mungkin mempertimbangkan keluaran terbaru. Namun, opsi ini mengharuskanmu mengeluarkan budget besar. Padahal ada  perangkat yang mungkin bukan new release, tapi masih cukup oke.

Nah, deretan laptop masih layak dibeli di akhir tahun 2023 ini pun bisa jadi pilihan. Dari spesifikasi mendapat review yang masih worth to buy meski sudah menjelang pergantian tahun.

Baca juga: Review Flash HP dengan Laptop untuk Kerja Perangkat yang Lebih Kuat 2023

Laptop masih layak dibeli di akhir tahun 2023

Sebelum mempertimbangkan laptop apa yang akan dibeli, tentukan dulu kebutuhan penggunaannya. Apakah untuk menjalankan kebutuhan administrasi atau digunakan buat mendesain dan editing berat?

Setelahnya, kamu dapat mempertimbangkan beberapa perangkat berikut yang bisa dipilih sesuai fungsinya. Beberapa perangkat mungkin masih dibanderol dengan harga cukup tinggi, tapi yang jelas masih patut dipertimbangkan untuk dibeli berkat kemampuannya.

1. MacBook Air M1 (2020)

Beberapa reviewer setuju bahwa MacBook Air 13 M1 yang rilis 2020 lalu masih jadi satu perangkat terbaik yang pernah ada. Pasalnya, perangkat ini merupakan yang pertama mendapatkan prosesor M1 dari Apple. Wired bahkan menyebutkan bahwa spesifikasinya dengan harga yang ada masih lebih menarik dari versi lebih baru.

Untuk kelebihannya, kamu akan mendapatkan perangkat dengan daya tahan baterai sangat baik, jarang mengalami gangguan kinerja, bodi ramping, hingga keyboard dan layar yang sudah ditingkatkan. Jika tidak berencana mengerjakan tugas berat, seperti edit video, maka ini adalah pilihan yang pas.

2. Acer Swift 3 (2022)

Acer Swift 3 merupakan salah satu perangkat terbaik jika kamu mencari laptop yang cukup berimbang untuk tugas harian. Kinerjanya mengandalkan Intel Core i7 dengan grafis Intel Iris Xe terintegrasi. Memorinya mencapai 16GB dengan penyimpanan SSD sampai 1TB.

Dari segi desain, laptop ini terbuat dari aluminium yang memberikan kesan premium, bersih, dan ringan. Layarnya berukuran 14 inci dengan resolusi Quad HD. Webcam-nya pun telah ditingkatkan menjadi 1080p. Kombinasi keyboard dan touchpad-nya juga sangat mendukung untuk pekerjaan.

3. Dell XPS 13 (2022)

Laptop masih layak dibeli di akhir tahun 2023 berikutnya cocok untuk kamu yang mencari day to day laptop bodi ramping. Dirancang sebagai laptop ultraportable, Dell XPS 13 ini mendukung untuk menjelajah web, streaming video, dan mengerjakan kebutuhan administrasi lainnya.

Meski bukan termasuk yang memiliki kemampuan baterai mumpuni, perangkat ini masih cocok untuk dimiliki. Apalagi ada beberapa pilihan warna yang membuat perangkat ini makin menarik saat digunakan.

4. Lenovo IdeaPad Flex 5

Lenovo IdeaPad Flex 5 disebut sebagai salah satu perangkat 2 in 1 yang mumpuni bahkan sampai akhir 2023 ini. Selain mendapat laptop, kamu juga akan memiliki tablet berkat engsel lengkung 360-nya. Chipset yang tersemat sebagai sumber tenaga adalah AMD Ryzen yang dinilai cukup mumpuni untuk aktivitas mobile sehari-hari.

Port yang tersedia pun bervariasi mulai USB-A, HDMI, SD card reader, USB-C, hingga jack headphone. RAM yang tersedia cukup luas yakni 16GB dengan SSD 512GB.

5. Infinix INBook X2 – Core i3

Infinix INBook X1 yang dirilis pada 2021 menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dengan harga yang murah, laptop tersebut mampu berikan laptop dengan penampilan mewah. Bodinya kokoh dan dibalut material aluminium di seluruh bagian.

Hal tersebut coba diteruskan oleh INBook X2 yang harganya juga terjangkau. Untuk varian prosesor Core i3 1115G4, harganya Rp5,8 jutaan saja. Laptop dengan bobot cuma 1,24 kg ini sudah mumpuni untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari.

Mulai dari mengolah dokumen, mengedit foto, mengedit video ringan, sampai main game. CS Go, Valorant, dan DOTA 2 bisa dijalankan dengan lancar oleh sang laptop. Untuk CS Go, Anda bisa dapatkan frame rate antara 90-120 fps pada setelan grafis low 720p.

Hal menarik selanjutnya yang dipunyai INBook X2 adalah layar IPS-nya sudah 100% sRGB sehingga cocok untuk edit foto dan video. Ia punya backlit keyboard dengan dua tingkat kecerahan, dan charger 45 W-nya sudah pakai port USB C yang kekinian.

6. Asus TUF Dash F15 (2022)

Asus TUF Dash F15 merupakan satu laptop yang masih layak dibeli di akhir tahun 2023 jika tujuannya untuk main gim. Dengan ketebalan desain kurang dari 1 inci, membuatnya cukup slim untuk dibawa ke mana pun.

Dari segi chipset, perangkat ini pun dibekali Intel Core i7 dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3060. Daya tahan baterainya termasuk unggul karena dapat bertahan hingga sembilan jam. Jika kamu meminang perangkat ini, kamu perlu menambahkan webcam eksternal karena tidak ada kamera bawaan.

Laptop masih layak dibeli di akhir tahun 2023 mungkin berbeda-beda tiap kebutuhan. Meski demikian, hal itu menunjukkan bahwa tidak selalu perlu perangkat terbaru untuk mendapatkan gawai yang oke.