Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

LPA Babel Minta Pelaku Pembunuhan Anak di Bangka Barat Tes Psikologi

186
×

LPA Babel Minta Pelaku Pembunuhan Anak di Bangka Barat Tes Psikologi

Sebarkan artikel ini
IMG 20230316 WA0011
Foto: Ketua LPA Babel, Nurmala Dewi. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Bangka Belitung meminta pelaku pembunuhan Ha (8) di Bangka Barat beberapa waktu lalu untuk diperiksa kejiwaannya atau tes psikologi.

Ketua LPA Babel, Nurmala Dewi mengatakan pembunuhan yang dilakukan oleh AC (17) itu diluar batas kewajaran anak.

“Untuk level anak-anak kalau sudah membunuh itu harus diperiksa kejiwaannya. Karena bagaimana dia (pelaku) bisa berfikiran membunuh,” ungkapnya, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi aksi keji tersebut diantaranya faktor media sosial yang sering menampilkan kekerasan.

“Pertama itu faktor mental yang tidak sedang baik-baik saja, dia merasa tidak nyaman. Kemudian faktor internet dan media sosial, mungkin saja pelaku ini pernah nonton video kekerasan, sehingga mempengaruhi dirinya untuk melakukan tindak kekerasan,” terang Nurmala.

Selain itu, ia juga mengatakan faktor lainnya yang bisa mempengaruhi tingkah anak yakni adanya pengaruh lingkungan, baik dilingkup keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Bisa juga berkepribadian ganda. Misalnya kalau lagi marah suka banting barang, dan itu sudah dilakukan sejak kecil. Jadi riwayat atau track record anak harus diteliti oleh psikolog,” katanya.

“Jadi ke depan, orang tua juga jangan melakukan tindakan kekerasan terhadap anak, karena anak bakal memiliki sikap pendendam dan dendam ini bingung mau dilampiaskan kepada siapa,” tambahnya.(red)